SDN 1 Sembalun Lawang Gelar Perpisahan Kelas VI

Rosyidin
Rabu, Mei 31, 2023 | 20.39 WIB

Siswa/Siswa SDN 01 Sembalun Lawang, foto bareng dengan Kanit UPT Dikbud SEmbalun dan para guru SDN 01 Sembalun Lawang. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com - Sekolah Dasar Negeri 01 Sembalun Lawang melepas 27 siswa kelas VI. berlangsung di ruang kelas SDN 01 Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Rabu (31/5).

 

Acara pelepasan dirangkaikan dengan sosialisasi program sekolah tersebut, dihadiri Kepala UPT Dikbud Kecamatan Sembalun H. rumelan S.Pd, Ketua Komite bersama anggotanya, Kepala Wilayah Baret Desa dan Lebak Lauk, tokoh masyarakat, orangtua murid dan para guru SDN 01 Sembalun Lawang.

 

Kepala SDN 01 Sembalun Lawang, Sahidi S.Pd mengharapkan para siswa/siswi kelas VI setelah meninggalkan SDN 01, akan menjadi anak yang berakhlak mulia serta berguna bagi nusa dan bangsa.


"Kami harapkan kepada anak-anak kami, untuk menjaga akhlaknya diamana pun kalian berda. Jangan samapi mencoreng nama baik sekolah, terutama orang tua kalian. Jadilah anak yang berguna bagi bangsa ini,” pesannya.

 

“Kami yakin anak-anak kita tahu, batasan dengan orangtua, teman maupun saudara-saudranya. Sehingga membatasi dirinya dengan hal-hal yang baik," imbuhnya.

 

Menurutnya, siswa/siswi sekoah tersebut bukan hanya berprestasi akademik. Tetapi juga memiliki akhlak yang baik, agar anak-anak bisa mandiri dan mengangkat nama sekolah dan orang tuanya.

 

“Sehingga pendidikan di Sembalun akan terlihat kualitasnya,” ujar Sahidi.

 

Diakuinya bahwa keberhasilan SDN 01 Sembalun Lawang dalam mendidik siswa/siswinya merupakan kerjasama semua komponen sekolah dan arahan Kanit

UPT Dikbud Sembalun serta pengawas.

 

Selain itu juga, lanjutnya ada program unggulan di SDN 01 Sembalun Lawang yakni anak-anak mengikuti Tahfidz juz 30, literasi, penglolaan sampah dengan system ekobrik dan composer, pembelajaran berbasis IT dan kepemimpinan melalui upacara bendera.

 

“Selain itu, pembelajaran Out Door (luar ruangan). Progam ekstakulikuler sekolah kita adalah, sepak bola, pramuka dan paskiberaka. Perlu diketahui, kami biasakan siswa/siswi shalat duha sebelum mereka masuk kelas,” jelas Sahidi.

 

Menurutnya, sekolah itu harus berimbang prestasi akademik dengan karakter moral anak-anak. “Jadi sekolah kita ini, juga sering dapat juara umum di bidang akademik maupun non akademik setiap mengikuti lomba di tingkat Kecamatan,” sambungnya.  

 

Sementara itu, Kanit UPT Dikbud Kecamatan Sembalun, H Rumelan S.Pd mengatakan sanagat mengapreasasi kegiatan tersebut. Karena perpisahan merupakan kesuksesan bersama menuju gerbang yang gemilang.

 

Selain itu, sebagai contoh bagi sekolah lain jika akan mengadakan kegitan perpisahan untuk kelas VI tidak usah pelesir ke tempat destinasi-destinasi wisata. Cukup lakukan di sekolah, tentunya dikonsep semeriahnya.

 

“Sangat luar biasa, ide yang berlian dari para guru SDN 01 ini. Dari pada ngadakan perpisahan di luar sekolah mengajak anak-anak pelesir, lebih baik acaranya seperti ini. Kan tidak membebani anak-anak, selain itu hemat lagi,” katanya.

  

Menurutnya, lewat acara ini jadi momen bagi para guru mensosialisasikan program-program unggulan sekolahnya. Dan sebagai ajang silaturuhmi antar guru, wali murid, komite sekolah, Kanit UPT, pengawas sekolah, Kades, kadus dan tokoh masyarakat.

 

“Dengan acara seperti ini, komite dan wali murid serta tamu undangan lainnya tahu kondisi, keadaan sekolah kita. Terutama yang paling penting itu apa saja program-program sekolah kita,” ujar Rumelan.

 

Terlebih sekolah ini, sambungnya menjalankan program ungulan yang digaungkan itu salah satunya, program Tahfidz Alquran.

 

“Saya sangat bangga dan salut kepada sekolah ini, dan saya menginginkan agar sekolah semua SD di Sembalun mempunyai program unggulan Tahfidz Al-Quran 30 juz,” ujarnya.

 

“Harapan saya, agar anak-anak dapat menyimpan kenangan baik dan berharga, sehingga anak-anak saat lulus membawa kesan yang baik-baik. Pesan saya kepada anak-anak, bersungguh-sungguh lah menuntut ilmu dimana pun kalian sekolah. Karena ilmu adalah jendela masa depan,” ucap Rumelan, dengan raut wajah sedih.

 

Kemudian acara pelepasan diisi penampilan siswa kelas VI melantunkan ayat suci Alquran, Tahfidz juz 30, pembacaan puisi dan penampilan tarian SDN 01 Sembalun Lawang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SDN 1 Sembalun Lawang Gelar Perpisahan Kelas VI

Trending Now