Eksotisme Samota, Venue Marathon Bank NTB Syariah 10K yang Sayang Dilewatkan

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 02, 2023 | 18.09 WIB
Jembatan Samota, Sumbawa.

MANDALIKAPOST.com - Marathon Bank NTB Syariah 10K Samota bakal digelar di kawasan Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 18 Juni 2023 mendatang. Lebih dari 2.500 runner ditargetkan ambil bagian dalam event sport tourism rangkaian MXGP Samota dan MXGP Lombok tahun ini.


Marathon 10K Samota tahun ini adalah tahun kedua, sebagai dukungan Bank NTB Syariah mempromosikan potensi pariwisata di kawasan.


Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Baiq Ika Wahyu Wardhani mengatakan, ada banyak spot menarik di sepanjang lintasan Samota 10K yang bisa dinikmati para runners. Kawasan segitiga potensial ini, juga memiliki potensi dan pesona wisata yang komplit dan beragam.


"Yang jelas runners akan bisa menikmati panorama keindahan teluk Saleh dan juga megahnya gunung Tambora. Keindahan alam yang jarang ditemui di perkotaan," kata Baiq Ika.


BACA JUGA : Berhadiah Ratusan Juta, Bank NTB Syariah 10K Samota Targetkan 2.500 Peserta


Samota merupakan akronim Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Tiga objek wisata yang menjadi ikon NTB, selain Mandalika di Lombok.


Air terjun Mata Jitu di Pulau Moyo, Sumbawa.

Potensi Samota dikembangkan sebagai destinasi sport tourism menurut, Baiq Ika, sangat punya peluang besar. Tak hanya di daratan, potensi baharinya juga sangat besar.


Pulau Moyo misalnya. Pulau eskotik yang pernah dikunjungi Lady Diana ini, sudah melegenda dan punya branding di dunia internasional.


"Sunsetnya juga keren dan kekayaan bahari sangat cocok untuk snorkeling atau pun diving," ujarnya.


Di jalur Rajasua kawasan Samota, tepatnya di areal Tanjung Menangis, situs kapal jepang juga bisa dinikmati saat diving.


"Ada Japan Wreck, bangkai kapal Jepang yang dulu karam di jalur Rajasua, ini juga menjadi objek yang menarik," katanya.


Kawasan Samota ibarat paket komplit untuk beragam jenis wisata minat khusus. Yang gemar mendaki bisa menjajal menaklukan Gunung Tambora. Pulau Moyo dan air terjun Mata Jitu cocok untuk liburan keluarga, kekayaan baharinya juga bisa memanjakan pewisata snorkeling atau diving.


Perairan Teluk Saleh di pulau Sumbawa.

Sementara itu, Corporate Communication Bank NTB Syariah, M Arif Sanjani mengatakan, Bank NTB Syariah 10K Samota memang ditujukan untuk lebih mempromosikan kawasan Samota. Tak hanya potensi pariwisata, kawasan Samota juga potensial untuk investasi dengan beragam potensi yang ada.


Dimulai start dari Jembatan Samota yang menjadi ikon di kawasan, para runner akan dimanjakan panorama alam sepanjang lintasan marathon.


"Kawasan Samota sangat potensial. Ada pariwisata, ada juga potensi pertanian, peternakan dan juga perikanan. Kawasan Saleh, Moyo dan Tambora ini potensinya sangat besar," katanya.


BACA JUGA : BPPD Optimis MXGP 2023 Geliatkan Pariwisata NTB


Menurut Arif, saat ini animo peserta yang mendaftar sebagai peserta Samota 10K terus meningkat. 


Ia optimistis, event kedua ini akan mengulang dan lebih sukses dari event pertama di tahun 2022 lalu.


"Target kita tahun ini 2.500 peserta, dan InshaAllah bisa sukses terlaksana dan memperkuat branding sport tourism di kawasan Samota," katanya.


Beragam Pesona Samota Sumbawa


Samota adalah akronim untuk nama tiga kawasan wisata di Sumbawa yakni Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Panorama di kawasan Samota sangat potensial mendatangkan wisatawan, baik itu nusantara maupun mancanegara.


Ketiga lokasi itu merupakan favorit karena mencakup pegunungan hingga dunia bawah laut. Samota layaknya 'surga' bagi para wisatawan.


Gunung Tambora.

Kawasan ini juga menjadi lokasi penggembalaan sapi, kerbau, hingga kuda. Masih di kawasan Tambora, terdapat Doro Bente yang merupakan kaldera yang tidak aktif lagi. Doro Bente memiliki ketinggian 80 mdpl dan berbatasan langsung dengan laut.


Sedangkan Teluk Saleh memiliki kedalaman mencapai 200 meter ini memiliki daya tarik sendiri. Kawasan ini familiar sebagai akuarium raksasa karena memiliki biota laut yang sangat lengkap. Beragam jenis spesies terumbu karang dan ikan ada di sana. Yang menjadi idola adalah manta atau pari paka.


Perairan Moyo dikenal memiliki pusaran arus yang dikenal sebagai fenomena pembersihan air. Meski demikian, pusaran arus tersebut tidak berbahaya.


Pulau Moyo, merupakan lokasi yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke NTB. Kawasan ini memiliki pesona berupa Air Terjun Mata Jitu yang memiliki ketinggian 15 meter dengan 12 kolam bertingkat. Area ini eksotis karena menjadi oase di tengah savana Pulau Moyo.


Wisatawan juga bisa menjumpai Burung Maleo beserta sarangnya yang unik. Pulau Moyo juga memiliki 16 site atau point diving. Kawasan ini terkenal dengan angel reef dan sea fan. Idola para diver yang berkunjung kesini adalah hiu sirip hitam dan hiu sirip putih.


Selain itu, perairan ini juga memiliki spot unik, yaitu SS Sumbawa yang berupa kapal tenggelam dengan kedalaman 19 meter. Ukuran kapal tersebut yakni 20x10x5 meter dengan kondisi masih utuh dan lengkap dengan terumbu karangnya.


Untuk mengunjungi Pulau Moyo wisatawan dapat melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Sumbawa menuju Pelabuhan Aji Pulau Moyo menggunakan boat dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam.


Harga sewanya kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp1,7 juta dengan kapasitas 20 orang. Kalau mau sedikit santai, bisa menumpang public boat dengan tiket Rp25 ribu bagi para wisnus, lalu wisman dibanderol Rp50 ribu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Eksotisme Samota, Venue Marathon Bank NTB Syariah 10K yang Sayang Dilewatkan

Trending Now