RS Mandalika Menuju Akreditasi Paripurna, Fasilitas dan Layanan Makin Prima

MandalikaPost.com
Rabu, Juni 07, 2023 | 13.48 WIB Last Updated 2023-06-07T05:48:06Z

 

RS Mandalika.

MANDALIKAPOST.com - Rumah Sakit Mandalika di Sengkol, Kecamatan Pujut Lombok Tengah, terus berupaya melengkapi fasilitas dan meningkatkan mutu pelayanannya. RSU milik Pemprov NTB ini juga tengah berikhtiar meraih Akreditasi Paripurna.


"Awal Juni 2023 ini RS Mandalika menjalin PKS dengan BPJS Kesehatan dan InsyaAllah per 1 Juli setelah Bridging sistem selesai, kita akan mulai menerima pasien BPJS. Dan InsyaAllah dalam 3 bulan ke depan kita bisa meraih Akreditasi Paripurna untuk RS Mandalika," kata Direktur RS Mandalika dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, Sp.EM., Rabu 7 Juni 2023.


Direktur RS Mandalika dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, Sp.EM., bersama Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi usai penandatanganan dokumen PKS dengan BPJS Kesehatan.


Oxy menjelaskan, saat ini Tenaga Kesehatan dan Staf di RS Mandalika sudah  mencapai 170  orang setelah penerimaan P3K. Di RS Mandalika ada12 dokter Spesialis yang siap memberikan pelayanan terbaik dengan pelayanan penunjang yang cukup lengkap seperti Pelayanan Farmasi, Laboratorium dan Radiologi.


"Tentu saja kami juga tetap berupaya untuk mengembangkan RS Mandalika, baik dari aspek sarana prasarana, alat kesehatan serta SDM nya," katanya.


Oxy mengatakan, buat seluruh masyarakat NTB khususnya di Lombok tengah bahwa RS Mandalika adalah RS milik pemerintah yang tugas utamanya adalah upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.


"Melalui pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu dengan meningkatkan akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di RS Mandalika ini," ujarnya.


Selain itu, tambahnya, keberadaan RS Mandalika di kawasan lingkar penyangga DPSP Mandalika, maka RS Mandalika juga menjadi fasilitas pendukung utama dalam sektor pelayanan kesehatan bagi wisatawan maupun backup kebutuhan layanan kesehatan pada event-event nasional maupun internasional yang diadakan di DPSP Mandalika.


"Animo masyarakat sendiri Alhamdulillah semakin meningkat dari waktu ke waktu dan progresnya sangat bagus. Semakin banyak masyarakat serta wisatawan yg datang berobat. Kami juga bekerjasama dengan MGPA untuk backup kesehatan untuk berbagai event yang diselenggarakan oleh MGPA," jelasnya.


Saat ini RS Mandalika juga memiliki Sarana Transportasi Rujukan sebanyak 2 unit Ambulance dengan standar Advance yang merupakan bantuan dari PT. Jasa Raharja dan dari DBHCHT.


"InsyaAllah, kami juga berkomitmen untuk penambahan sarana  transportasi rujukan baik yang basic maupun yang advance dan juga kereta jenazah," katanya.


Fakses Pendukung Destinasi Wisata Mandalika


RS Mandalika merupakan fasilitas kesehatan milik Pemprov NTB yang disediakan untuk menunjang kawasan destinasi wisata The Mandalika. RS Mandalika mulai aktif pada Juni 2021 silam.


"Juni 2021, kami mulai menempati RS ini bersama 9 orang struktural dan sekitar 40 orang Nakes yg kami rekrut bersama BKD Provinsi NTB, kemudian Agustus 2021  keluar ijin operasional RS dan penetapan sebagai RS Kelas C. Pelayanan sudah dimulai dengan kegiatan Vaksinasi dan berbagai bhakti sosial pelayanan kesehatan," kenang dr Oxy.


Di awal Tahun 2022, RS Mandalika memulai Pelayanan IGD dan Poliklinik Spesialis Dasar seperti KIA, KB, penyakit Dalam, Bedah,  Jantung, dan Paru. Dan pertengahan 2022, RS Mandalika mulai pelayanan Rawat Inap.


Di akhir 2022, RS Mandalika memulai operasional kamar operasi dengan tindakan-tindakan ringan dan bhakti sosial operasi Katarak. Dan di awal 2023, RS Mandalika ditetapkan sebagai RS BLUD.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RS Mandalika Menuju Akreditasi Paripurna, Fasilitas dan Layanan Makin Prima

Trending Now