Target Hadirkan 50 Ribu Penonton, MXGP Bakal Geliatkan Pariwisata NTB

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 09, 2023 | 18.20 WIB Last Updated 2023-06-10T09:01:34Z
Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bersama Dirut Bank NTB Syariah, H Kukuh Rahardjo, Dirut PT ESG Taufan Rahmadi, Direktur Carsten Group Indonesia Abdul Gani Kusuma dalam jumpa pers persiapan Bank NTB Syariah 10K Samota dan MXGP 2023 di Hotel Santika Mataram.

MANDALIKAPOST.com - Direktur Utama PT Enduro Samota Gemilang (ESG), Taufan Rahmadi menyatakan optimistis gelaran dua seri MXGP di NTB tahun ini akan berdampak pada geliat sektor pariwisata daerah.


"MXGP akan jadi tonggak sejarah dan jadi catatan bagaimana NTB bisa hadirkan kejuaran motocross internasional. Tahun lalu MXGP Samota sukses, dan tahun ini MXGP Samota dan MXGP Lombok akan lebih sukses dan bisa membuat pariwisata menggeliat, untuk kemaslahatan Pariwisata NTB," kata Taufan Rahmadi, dalam jumpa pers, Jumat 9 Juni 2023 di Hotel Santika Mataram.





PT ESG merupakan pemegang lisensi MXGP Indonesia dari Infront Moto Sport. Tahun ini ESG menggandeng Carsten Group Indonesia dalam penyelenggaraan MXGP Indonesia untuk Seri Samota dan Lombok.


MXGP Samota akan digelar pada akhir Juni 2023 di sirkuit Samota Sumbawa, dan MXGP Lombok akan digelar awal Juli di Bank NTB Syariah Internasional Motocross Circuit Selaparang, eks Bandara Selaparang Mataram.


"Sejauh ini semua persiapan semakin matang. Komunikasi dengan pihak Infront juga terus kami lakukan. Kami optimistis dua seri MXGP Indonesia di NTB bakal sukses" katanya.


Optimisme juga disampaikan Direktur Carsten Group Indonesia, Abdul Gani Kusuma.





Carsten menargetkan bisa menarik 50 ribu penonton, baik untuk gelaran MXGP Samota di Sumbawa, maupun gelaran MXGP Lombok.


"Penjualan tiket masih terus berjalan, dan kita targetkan 50 ribu penonton, baik Samota maupun Lombok," kata Gani Kusuma.


Dirut Bank NTB Syariah, H Kukuh Rahardjo mengatakan, berkaca dari event MXGP Samota 2022, multiplier effect dari event internasional ini juga akan dirasakan masyarakat, pelaku UMKM.


Salah satu indikatornya, menurut Kukuh, adalah terjadinya kenaikan porto folio kinerja perbankan di Sumbawa. Dimana Bank NTB Syariah mengalami kenaikan kinerja Year on Year (YoY) berkisar 15 persen.


"MXGP tahun ini tentu akan lebih berdampak, karena ada dua seri di Samota Sumbawa, dan Lombok," katanya.


Sementara Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, MXGP di Sumbawa dan Lombok bukan hanya sekadar kegiatan olahraga motocross internasional, tetapi juga mendorong perekonomian dan iklim investasi di kawasan.


Kawasan Samota termasuk dalam kawasan ekonomi strategis nasional. Namun pengembangannya selama ini terkendala minimnya infrastruktur dan investasi. MGXP Samota perdana tahun 2022 lalu, mulai membuka kawasan untuk berkembang.


"Kalau datang dan melihat Samota tahun lalu dan Samota tahun ini jauh berbeda. Dulu Samota sepi nggak ada kegiatan, tapi sekarang rame sekali. Ada pertumbuhan disana pasca Samota 10 K dan MXGP tahun lalu," kata Gubernur Zulkieflimansyah.


Pertumbuhan investasi juga nampak saat ini di kawasan Samota Bisa dilhat dari pembangunan perumahan di sisi kanan dan kiri kawasan.


"Perumahan dibangun selalu habis terjual. Investasi mulai tumbuh. Hal ini terjadi karena ada kepastian investasi," katanya.


Gubernur Zul mengatakan, MXGP Lombok yang akan digelar di Bank NTB Syariah Internasional Motocross Circuit di eks Bandara Selaparang, juga akan membenahi wajah kawasan.


Bekas bandara yang tadinya terkesan tak terurus dan kumuh, kini mulai nampak berubah.


"Kita lihat sekarang banyak pedagang sektor UMKM itu estetik di sekitar circuit, semangat mereka menyambut MXGP Lombok luar biasa," katanya.


Penambahan infrastruktur penerangan dari PLN juga membuat kawasan seluas 6.8 hektar di bekas bandara itu.


"Bayangkan kawasan eks bandara yang tadinya terkesan gelap dan kumuh, akan terang benderang dan tertata setelah ada MXGP Lombok. Tentu harapannya kawasan bisa menjadi destinasi baru," katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Target Hadirkan 50 Ribu Penonton, MXGP Bakal Geliatkan Pariwisata NTB

Trending Now