Komunitas Ruang Inovasi Sains dan Karya Ilmiah (RISKI) Bersinergi Bersama Universitas Gunung Rinjani Lombok Timur Sukseskan Acara Lombok Essay Competition (LEC) 2 Tahun 2023

Ariyati Astini
Minggu, September 24, 2023 | 15.18 WIB Last Updated 2023-09-24T07:46:02Z

 



Peserta LEC












MANDALIKAPOST.com- Lombok Essay Competition (LEC) 2 Tahun 2023 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Ruang Inovasi Sains dan Karya Ilmiah (RISKI) yang bekerjasama dengan UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI (UGR), yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 September 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di UGR-Lombok Timur, dengan tema “ Peran Inovator Muda Guna Menyongsong Indonesia Emas ” Adapun 9 bidang/subtema yang diangkat, yaitu pertanian, kesehatan, pendidikan, lingkungan, pangan, teknologi, hukum dan ekonomi, pariwisata, dan sosial budaya.

 Lomba dalam bentuk Essay presentation yang setiap karya essay finalis dipresentasikan menggunakan media berupa Power Point (PPT). Dalam pembukaan acara, Rektor UGR yaitu Dr. H. Moh. Ali Bin Dahlan, SH., MM. menyampaikan dalam sambutan “ Kami dari kampus Universitas Gunung Rinjani mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Lombok Essay Competition 2 di kampus kami tercinta, Universitas Gunung Rinjani, Lombok Timur. Acara ini salah satu kegiatan untuk meningkatkan literasi. Karena dalam menyusun sebuah tulisan, memerlukan membaca dan referensi yang banyak.  Itulah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap literasi di Indonesia. Karena betapa pentingnya literasi untuk kemajuan bangsa di masa mendatang. Dengan banyaknya literasi atau membaca kita bisa membuka jendela dunia” sambutnya.  Peserta LEC 2 tahun 2023 berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan harapan acara ini bisa menjadi wadah silaturahmi antar Mahasiswa Nasional sebagai agen of change yang akan membawa perubahan untuk mewujudkan Indonesia lebih baik. Selain itu, diharapkan para peserta dapat membuat inovasi dan kreativitas yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga memberikan kebermanfaatan untuk Indonesia.

Setiap team mempresentasikan karya essay secara langsung di Ruangan Universitas Gunung Rinjani Lombok, serta para finalis harus mengikuti seluruh rangkaian acara dari perlombaan hingga fieldtrip.


Acara LEC 2 tahun 2023 ini digelar di beberapa tempat yaitu; pembukaan dan pembagian hadiah bagi pemenang dilaksanakan di Aula Universitas Gunung Rinjani. Presentasi essay dilaksanakan di beberapa kelas fakultas pertanian.


Adapun hasil pengkualifikasian penghargaan kejuaraan Lombok Essay Competition (LEC) 2 tahun 2023 yaitu JUARA 1 diraih oleh team dari Universitas Airlangga yang diketuai oleh Meilisa Dwi Ervinda. JUARA 2 diraih oleh Natasya Islami Kamega sebagai ketua team dari Universitas Sriwijaya. JUARA 3 diraih oleh Lintang Auliya Kurdiati dan team dari Universitas Sriwijaya. JUARA HARAPAN 1 diraih oleh Al Hafiz Ariouso dari Universitas Mataram. JUARA HARAPAN 2 diraih oleh Nur Cahaya dan team dari Universitas Jambi. JUARA HARAPAN 3 diraih oleh team dari Universitas Palangka Raya yang diketuai oleh Hartanto Nainggolan.


Juara Umum LEC




Lombok Essay Competition (LEC) 2 tahun 2023 terselenggara dengan baik dengan memberikan banyak kategori penghargaan kepada para pemenang seperti; Juara 1 sampai dengan harapan 3, Gold, Silver dan Bronze medal, Best Poster, Best paper, Best Presentation, Favorit Poster masing-masing bidang atau subtema, Best Video, Favorit Video, Favorit Paper, The Most Favorit Poster, dan Juara Umum. Bukan hanya itu, hadiah yang diberikan juga bervariasi, dari uang pembinaan, piala, medali, piagam, dan e-setifikat sebagai penghargaan.

 

Penghargaan Best Poster diraih oleh Lintang Aulya Kurdiati dan team dari Universitas Sriwijaya. Best paper diraih oleh Putri Antika Yusniasari dan team dari Universitas Airlangga. Best Presentation diraih oleh M. Khoirul Fahmi dan team dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Best Video diraih oleh Mohammad Fazril Haqim dan team dari Institut Teknologi Sepuluh November. 

Favorite Paper diraih oleh Rizky Sahputra Ginting dan team dari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Penghargaan Favorit Video dimenangkan oleh Luh Luna Aryani dan team berasal dari SMPN 1 Seririt. Juara Umum Lombok Essay Competition (LEC) 2 tahun 2023 diraih oleh Universitas Sriwijaya sebagai instansi dengan total poin tertinggi.




Seluruh finalis mengikuti kegiatan fieldtrip ke berbagai berbagai macam tempat wisata yang sangat terkenal di Lombok terutama Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK)




Setelah berlomba, seluruh finalis mengikuti kegiatan fieldtrip ke berbagai berbagai macam tempat wisata yang sangat terkenal di Lombok terutama Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Lombok yang merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Lombok. Bukan hanya melihat Pantai dan perbukitan saja, melainkan beberapa tempat yang dikunjungi yaitu Sirkuit Lombok, Bukit Merese’, Pantai Tangjung Aan, dan Islamic Center sebagai tempat berakhirnya kegiatan filedtrip. 


Selain itu, finalis juga diajak memasuki toko oleh-oleh yang terkenal di Lombok untuk mendapatkan produk khas Lombok seperti makanan khas daerah, pakaian dan berbagai macam produk dari kain tenun khas Lombok.

 

Acara Lombok Essay Competition (LEC) 2 tahun 2023 tentunya tidak bisa terlaksana dengan baik, tanpa adanya bantuan dari seluruh pihak terkait, terutama pihak kerjasama Universitas Gunung Rinjani (UGR) Lombok Timur. 


Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak kerjasama yang telah menerima dan membantu dalam banyak hal untuk mensukseskan acara. Selain itu, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh panitia yang bertugas, dan seluruh peserta LEC 2 tahun 2023 yang telah berpartisipasi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komunitas Ruang Inovasi Sains dan Karya Ilmiah (RISKI) Bersinergi Bersama Universitas Gunung Rinjani Lombok Timur Sukseskan Acara Lombok Essay Competition (LEC) 2 Tahun 2023

Trending Now