Aliansi Pemuda Hindu Lombok deklarasi Pemilu Damai, cipta kondisi Pemilu yang berintegritas lintas agama

Ariyati Astini
Kamis, Februari 01, 2024 | 12.19 WIB

 

Aliaansi Pemuda Hindu Lombok Deklarasi Pemilu Damai






MANDALIKAPOST.com - Gaung Pemilu Damai berdatangan dari berbagai wilayah, sebagai wujud kepedulian terhadap sistem demokrasi bangsa yang bersih dan berintegritas. Tak hanya dari unsur pemerintah dan golongan, para kaum muda lintas agama juga turut serta berdeklarasi, menyuarakan komitmen mewujudkan Pemilu Damai tahun 2024. Seperti yang dilakukan oleh Aliansi Pemuda Hindu Lombok pada Rabu (31/1). Sebagaimana yang disampaikan dalam deklarasi, bahwa umat Hindu merupakan bagian penentu arah masa depan bangsa.



"Dan posisi umat Hindu jangan hanya menjadi penonton dalam konstestasi politik ini, namun harus ikut serta dalam segala proses tahapan Pemilu hingga puncaknya pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, ," ujar Made Krisna Yuda Prasetya, Pengurus Aliansi Pemuda Hindu Lombok.



Melalui deklarasi ini, Krisna Yuda bersama puluhan anggota dalam organisasinya berkomitmen untuk menjaga kondusifitas Pemilu yang damai dan berintegritas. "Kami menyatakan dan berkomitmen untuk menjaga kondusifitas Pemilu yang damai dan demokrasi bersama dengan seluruh pimpinan organisasi umat Hindu lainnya, agar pelaksanaan Pemilu berjalan damai dan sukses," ungkapnya.



Sejalan dengan gelaran acara ini, ia juga menyatakan komitmen pihaknya terhadap toleransi beragama yang kuat dalam menyongsong tahun politik 2024. Tentunya sentimen kecil atas hal tersebut akan mudah untuk menyulut konflik dan memecah persaudaraan antar umat beragama di NTB.



"Pada bulan Maret mendatang kita umat Hindu dan umat Muslim akan menyambut hari raya Nyepi Tahun Caka 1946 dimana sehari sebelumnya akan melaksanakan parade Ogoh-ogoh dan di saat bersamaan Umat Muslim memasuki bulan suci Ramadhan melaksanakan Sholat Terawih perdana dan Berbuka Puasa. Pada tanggal 10 dan 11 Maret 2024 mendatang. Ini adalah momentum yang jarang kita temui dari tahun - tahun sebelumnya. Semoga momentum yang bersamaan ini umat Hindu dan Muslim bisa saling menjaga untuk keamanaan dan kedamaian pada saat hari raya tersebut," harapnya.



Harapan dari gambaran dan ancaman potensi kisruhnya demokrasi akibat beda pendapat serta arah dukungan politik ini, juga disampaikan oleh I Nyoman Loji Sagita, perwakilan Pemuda Hindu Kota Mataram. Ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat menyikapi kondisi yang terjadi saat ini dengan bijak. Terlebih lagi dengan berkembangnya isu - isu liar di media sosial.



"Menghimbau seluruh umat beragama khususnya umat Hindu Lombok agar cerdas menyikapi pesta demokrasi ini, jangan sampai ada narasi narasi liar yang terjadi melalui media sehingga kita harus bisa menakar hoax atau berita bohong. Kami dari tokoh kepemudaan mengharapkan itu bisa disikapi dengan cerdas. Dengan tujuan pesta demokrasi berjalan damai, kondusif dan lancar," ujarnya.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aliansi Pemuda Hindu Lombok deklarasi Pemilu Damai, cipta kondisi Pemilu yang berintegritas lintas agama

Trending Now