Jumat Salam RSJ Mutiara Sukma di Sembalun Lepas Pasung ODGJ

Ariyati Astini
Sabtu, Februari 03, 2024 | 16.54 WIB

 





Jumat Salam Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma di Desa Sembalun Bumbung yang berhasil melepas pasung satu penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 




MANDALIKAPOST.com- Pelaksanaan Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) setiap hari Jumat berpengaruh besar terhadap pelaksanaan program di lapangan. 

Salah satunya Jumat Salam Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma di Desa Sembalun Bumbung yang berhasil melepas pasung satu penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Direktur RSJ Mutiara Sukma dr. Hj. Wiwin Nurhasida, mengaku besarnya dampak giat Jumat Salam terhadap ODGJ yang dipasung. 

"Tadi kami sudah lepas pasung seorang wanita berusia 21 tahun di Desa Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur. Wanita yang dipasung ini dibatasi ruang geraknya oleh keluarga, yakni tidak boleh keluar rumah. Kondisi keseharian, dia boleh berada di ruang kamar, ruang keluarga, namun tidak boleh keluar rumah," ungkapnya saat dikonfirmasi di Sembalun, Jumat 2 Februari 2024.

Meski demikian, pihaknya memberikan apresiasi pada pihak keluarga, karena mendukung lepas pasung yang dilakukan. Keluarga, siap mendukung upaya penyembuhan dari anggota keluarganya yang dipasung. 

"Jadi keluarga sangat support, sangat komunikatif dan respons terhadap pasien berusia 21 tahun ini.  Kita juga memberikan edukasi kepada pihak keluarga, jika konsep pasung adalah membatasi ruang gerak. Nah, kita memberikan edukasi agar keluarga bisa memperluas ruang geraknya. Memang ada kekhawatiran dari pihak keluarga, jika pasien yang notabene berkelamin wanita terjadi apa apa jika keluar," ujarnya.

Pihaknya memahami jika pihak keluarga tidak mengizinkan keluar rumah, karena setelah kembali yang bersangkutan jadi gelisah, sehingga itu alasan dibatasi ruang geraknya. 

"Tapi dengan edukasi kami tadi, keluarga pasien bersedia memperluas ruang gerak," tambahnya. 

Diakuinya, selama melakukan lepas pasung saat Jumat Salam, ada yang dipasung di dalam ruangan dan ada juga yang dipasung kayu. 

Terhadap korban yang dipasung ini, tambahnya , akan diawasi oleh tim kesehatan Puskesmas Sembalun. Mereka yang akan melanjutkan edukasi yang sebelumnya dilakukan oleh RSJ, karena edukasi tidak hanya 1 kali, tapi berkelanjutan.  (R) 

LEPAS PASUNG - Tim RSJ Mutiara Sukma dan tim kesehatan Puskesmas Sembalun saat melakukan lepas pasung di Desa Sembalun Bumbung, Jumat (2/2/2024)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jumat Salam RSJ Mutiara Sukma di Sembalun Lepas Pasung ODGJ

Trending Now