Inovasi Pompanisasi TNI AD di NTB: Langkah Maju Menuju Ketahanan Pangan

Ariyati Astini
Senin, Mei 13, 2024 | Mei 13, 2024 WIB Last Updated 2024-05-13T06:47:21Z


Brigjen TNI Harfuddin Daing, melakukan kunjungan ke beberapa titik pompanisasi yang merupakan bagian dari program Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD)





MANDALIKAPOST.com- Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan, Inspektorat Komando Daerah Militer (Irdam) IX/Udayana, Brigjen TNI Harfuddin Daing, melakukan kunjungan ke beberapa titik pompanisasi yang merupakan bagian dari program Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Kunjungan ini mencakup wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram, dimana program ini telah memberikan dampak positif dalam mengatasi kesulitan air bersih yang dihadapi oleh masyarakat setempat.


"Program pompanisasi ini, yang telah memasuki tahap kelima, menandai komitmen TNI AD dalam membantu masyarakat mengatasi tantangan yang ada. Dengan pemasangan pompa hidram, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih dan mendukung program-program pertanian yang akan datang. Selain itu, program ini juga berkontribusi pada upaya penurunan angka stunting dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap tanggap bencana," Tutur Brigjen TNI Harfuddin Daing, Irdam IX/Udayana usai meninjau Popaniasi di Wilayah Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada, Kodim 1606/Mataram, Senin (13/5/2024).


Selama kunjungan, Irdam IX/Udayana yang didampingi Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, menekankan pentingnya menjaga lingkungan dan ketahanan pangan. "Program ini adalah program unggulan dari KSAD dalam membantu masyarakat yang kesulitan air. Dengan pompanisasi ini dapat meringankan masyarakat dikarenakan pompa ini tidak menggunakan listrik maupun tenaga manusia, namun menggunakan sistem pompa hydram," tutur Dandim 1606/Mataram, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han.


Komitmen ini direspon positif oleh masyarakat dan stakeholder terkait, yang menyambut baik bantuan dan dukungan dari Kodam IX/Udayana. 


Kepala Desa Peresak, Bahri, S.I.P., mengungkapkan, "Diharapkan, dengan partisipasi aktif dari semua pihak, program pompanisasi ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat di Nusa Tenggara Barat," harapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Pompanisasi TNI AD di NTB: Langkah Maju Menuju Ketahanan Pangan

Trending Now