Rayakan Ulang Tahun di CFD, GenBI NTB Ajak Masyarakat Olah Sampah Produktif

Redaksi
Minggu, Desember 02, 2018 | Desember 02, 2018 WIB Last Updated 2018-12-02T15:07:00Z
HUT GENBI. Mahasiswa peraih beasiswa Bank Indonesia yang tergabung dalam GenBI NTB, merayakan HUT GenBI dengan melakukan sosialisasi pengelolaan sampah, Minggu (2/12) di area Car Free Day, Mataram.(MP/Humas Bank Indonesia)

MATARAM - Kebersihan menjadi persoalan penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan untuk mewujudkan Indonesia bersih dan bebas dari sampah harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Mengingat pentingnya kebersihan, seluruh Generasi Baru Indonesia (GenBI), mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia, secara nasional memiliki Program Bersih Indonesia.

GenBI NTB dalam implementasi program tersebut mengajak masyarakat peduli lingkungan. Bertepatan dengan momen HUT GenBI ke-7, Minggu (2/12), GenBI NTB mengajak masyarakat mengumpulkan dan mengelola sampah dengan benar, di area Car Free Day di Taman Udayana, Kota Mataram.

Acara  diawali dengan senam  bersama masyarakat yang mengikuti  CFD, kemudian dilanjutkan dengan pembagian voucher makanan dan voucher doorprize.

Hal menarik dari pembagian voucher kali ini adalah untuk memperoleh voucher , masyarakat harus menukarkan dengan botol yang berisikan sampah, terutama sampah plastik.

Hal ini secara tidak langsung mengajak masyarakat sadar dan peduli terhadap sampah di lingkungan sekitar.

Kemudian acara berlanjut dengan sosialisasi mengenai "sampah produktif" oleh Aisyah Odist selaku Ketua Bank Sampah NTB Mandiri.
Dalam sosialisasi ini ditekankan mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan karena di era ini sampah pun dapat diuangkan dengan cara menabung sampah.

Menabung sampah dapat dilakukan dengan membuat ecobrick yakni sampah dimasukkan kedalam botol bekas sampai penuh dan padat kemudian diserahkan ke Bank Sampah untuk ditabung dan diuangkan kemudian.

Jenis sampah yang diutamakan adalah sampah-sampah yang tidak  dapat terurai secara biologis: plastik, busa, dan pembungkus. Selain itu, ecobrick ini juga dapat di buat menjadi berbagai macam barang yang bermanfaat seperti kursi, meja, bangku dan barang lainnya sesuai kreatifitas.

Di Bank Sampah NTB Mandiri telah banyak barang-barang yang dibuat dari sampah daur ulang seperti tas, tikar, aksesoris, dompet dan lainnya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan bukan? Untuk mengenal Ecobrick lebih jauh, pada kesempatan kali ini dibagikan pula panduan terkait Ecobrick.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Achris Sarwani mengucapkan selamat Ulang Tahun GenBI yang ke-7, dan mengharapkan GenBI menjadi tempat aktualisasi diri yang positif bagi mahasiswa.

Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Tri Budiprayitno, dan Kepala Biro Ekonomi Provinsi NTB, Ahmad Nur Aulia.

Untuk lebih mengenalkan GenBI kepada masyarakat, dalam acara tersebut Koordinator Wilayah GenBI NTB bersama Ketua Komisariat GenBI Universitas Mataram dan Universitas Islam Negeri Mataram menjelaskan terkait komunitas GenBI sebagai mahasiwa penerima beasiswa Bank Indonesia dan prasyarat mahasiswa yang dapat mengikuti seleksi sebagai calon mahasiswa penerima beasiswa Bank Indinesia.

Berbagai hiburan-pun juga digelar dalam acara tersebut, seperti tari Kembang Sembah dari anggota GenBI, live music, dan pembagian doorprize menarik seperti rice cooker, dispenser, kompor gas, lemari es dan sepeda sebagai hadiah utama.

Acara kemudian ditutup dengan pemotongan rumpeng dan pelepasan merpati sebagai simbol perayaan Ulang Tahun GenBI ke-7. MP02
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rayakan Ulang Tahun di CFD, GenBI NTB Ajak Masyarakat Olah Sampah Produktif

Trending Now

Iklan