Iklan Yamaha

NTB Dorong Produk Moringa Lebih Mengglobal !!

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 16, 2019 | 17:12 WIB Last Updated 2019-06-16T10:12:13Z
Ilustrasi Herbal Kelor.


MATARAM - Pemprov NTB tengah mendorong bertumbuhnya industrialisasi produk lokal NTB mulai dari berskala kecil, sedang, hingga besar.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan menangkap peluang-peluang pemasaran produk yang lebih luas hingga ekspor.

Salah satu produk yang kini tengah dikembangkan adalah produk Moringa yang berbahan baku tanaman Kelor.

BACA JUGA : Nasrin H Mukhtar Mengubah Kelor Menjadi Produk Herbal Berkualitas Eksport !!

Produk Moringa merupakan salah satu produk lokal yang dibina bersama oleh Dinas Kesehatan (Dikes) NTB dan BPOM untuk maju ke skala yang lebih besar lagi.

"Tahun ini kosmetik Moringa (masker) juga menjadi salah satu dari pada 20 produk kosmetik lokal yang dalam pengembangan dan bimbingan Dikes dan BPOM," ungkap Kadikes NTB, Nurhandini Eka Dewi.

Menurutnya, saat ini pembinaan produk masih berfokus kualitas produksi.

"Bila secara kwalitas sudah baik, maka kita bisa emanfaatkan SE Gubernur yang sudah ada untuk pemanfaatan produk lokal NTB sebagai ujung tombak pemasaran di NTB . Salah satunya adalah produk Hepatika yang saat ini sedang berproses di LKPP untuk masuk dalam e-katalog. Insyaallah bisa memperluas pemasaran tidak hanya di lokal NTB tetapi juga secara nasional," katanya.

"Produk Moringa sudah menjadi atensi Menkes RI Ibu Nila Moeloek saat kunjungannya ke NTB," tambah Direktur RSU Provinsi NTB, dr. Lalu Fikri.

Sementara untuk penyediaan bahan baku, sudah ada kerjasama antara Nasrin H Mukhtar sebagai produsen dengan KPH di wilayah Dompu.

Polanya, menurut Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup NTB, Madani Mukharom adalah pengembangan tumpangsari tanaman Kelor di kawasan hutan.

Penjabat Sekda NTB, Ir.H.Iswandi, M.Si, dalam diskusi group Whatsapp Kepala OPD NTB Gemilang, Minggu (16/6) meminta agat pembinaan dan pendampingan produk tidak hanya pada aspek produksi.

BACA JUGA : Nikmati Teh Celup Moringa KIDOM, Teh Kelor Pertama dan Satu-Satunya di NTB !!

Tapi harus terus dilakukan sampai pada proses marketing, sehingga produk ini bisa  tumbuh menjadi entitas bisnis yang dapat menyerap tenaga kerja yang besar.

"Penting Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait berperan dan memfasilitasi hal-hal yang diperlukan," tukasnya.

Bahkan Sekda juga menugaskan Kepala Biro Umum, Fathul Gani, M.Si untuk mulai menyiapkan minuman tamu pemprov NTB dengan jenis teh produksi dalam daerah, seperti produk Moringa yang berbahan baku kelor produk asli Dompu NTB. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NTB Dorong Produk Moringa Lebih Mengglobal !!

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online