Poltekpar Lombok Gelar Seminar Hasil Penelitian, Pengembangan Pasar Wisata Halal NTB Cukup Menjanjikan

MandalikaPost.com
Minggu, Desember 15, 2019 | 17.12 WIB
HALAL TOURISM. Poltekpar Lombok menggelar seminar hasil penelitian institusi terkait pengembangan Halal Tourism, di Hotel Santika Mataram.

MATARAM - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menggelar seminar hasil penelitian institusi, Sabtu (14/12) di Hotel Santika, Mataram.

Hasil penelitian yang diseminarkan merupakan dua penelitian yang telah dilakukan oleh kelompok peneliti Poltekpar Lombok.

"Dua penelitian ini berfokus dengan pengembangan pariwisata halal di NTB," kata Direktur Poltekpar Lombok Dr. Hamsu Hanafi, MM.

Dijelaskan,  sepanjang tahun 2019 ini Poltekpar Lombok telah melakukan 14 penelitian. Penelitian tersebut terdiri dari 2 penelitian institusi, 4 penelitian kelompok, dan 8 penelitian mandiri.

Menurutnya, penelitian yang dihasilkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah. Terutama bagi Provinsi NTB yang tengah mendorong Pariwisata Halal atau Halal Tourism.

"Ada sekitar 1,8 M wisatawan muslim dunia dan ini adalah pasar potensial yang dapat direbut oleh Lombok," kata Hamsu.

Bagi Instutusi, hasil penelitian ini juga mendapatkan output dan outcome yang diharapkan.

Hamsu memaparkan, penelitian yang pertama mengangkat soal “Strategi Promosi Pariwisata Halal Indonesia”.

Penelitian ini membahas tentang strategi promosi pariwisata halal dengan kajian komparasi di beberapa daerah di Indonesia dan Singapura.

"Penelitian ini menghasilkan strategi pemasaran pariwisata halal di Lombok," jelasnya.

Sedangkan penelitian ke dua dengan judul “Ekspektasi dan Pengalaman Berwisata Dalam Menilai Kepuasan Wisatawan Muslim Pada Destinasi Pariwisata Halal Lombok”.

Penelitian ini membahas tentang bagaimana kepuasan wisatawan asing dan nusantara terhadap pariwisata halal di Lombok.

"Penelitian ini mengambil sampel 712 wisatawan asing dan nusantara sehingga beberapa rekomendasi yang dihasilkan untuk meningkatkan apa saja yang menjadi temuan dalam penelitian," ujarnya.

Hamsu menambahkan, temuan dari ke dua penelitian yang telah dipaparkan mendapat tanggapan dari revewer bahwa penelitian ini ke depan harus disempurnakan lagi sehingga hasil yang dicapai dapat menjadi sebuah literatur akademik.

"Diharapkan penelitian ini juga dapat menjadi sebuah acuan bagi pariwisata halal dengan melakukan sebuah consensus bagi stekeholder terkait," tukasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Poltekpar Lombok Gelar Seminar Hasil Penelitian, Pengembangan Pasar Wisata Halal NTB Cukup Menjanjikan

Trending Now