Iklan Yamaha

Presiden Jokowi Minta NTB Benahi Destinasi Wisata, Percepat Pembangunan Mandalika

MandalikaPost.com
Selasa, Maret 17, 2020 | 21:13 WIB Last Updated 2020-03-17T14:13:45Z
TELECONFERENCE. Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas melalui teleonference bersama Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan jajaran Pemprov NTB.

LOMBOK TENGAH - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan kebijakan membatasi aktivitas termasuk di destinasi wisata.

Presiden Joko Widodo meminta agar momen pembatasan aktivitas hingga 30 Maret mendatang digunakan pemerintah daerah, termasuk di NTB, untuk merecovery dan membenahi destinasi wisata.

"Penyebaran Covid-19 membuat sejumlah kebijakan pemerintah untuk menghentikan penularan, misalnya sebagian besar aktivitas masyarakat sebaiknya dilakukan di dalam rumah dalam jangka waktu 14 hari. Daerah, khususnya NTB agar memanfaatkan momen ini untuk melakukan recovery destinasi wisata yang ada," kata Presiden Jokowi, Selasa (17/3) dalam teleconference bersama Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah.

Rapat terbatas (Ratas) melalui teleconference di kantor ITDC, dihadiri Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, bersama Bupati Lombok Tengah, Danrem 162/WB dan Kepala Pelaksana BPBD NTB. Sementara di istana Jakarta, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin, bersama para Menteri Kabinet.

Dalam Ratas tersebut, Presiden Jokowi meminta agar pembangunan seluruh infrastruktur pendukung kawasan Mandalika bisa dipercepat, untuk mendukung event MotoGP 2021 tahun depan.

Jokowi mengintruksikan empat hal dalam langkah percepatan, antara lain agar Pemprov NTB dan ITDC segera melakukan penyelesaian permasalahan lahan di lokasi Sirkuit MotoGP Mandalika.

"Hal ini perlu mendapatkan perhatian agar segera dituntaskan. Selain itu percepatan pembangunan jalan by pass Airport (BIL) juga harus segera diselesaikan dan harus tuntas sebelum perhelatan MotoGP 2021," katanya.

Kedua, terkait peningkatan infrastruktur laut, Pelabuhan Gili Mas agar benar-benar diperhatikan fasilitas yang menghadirkan kenyamanan bagi wisatawan yang melalui jalur laut.

Ketiga, untuk infrastruktur energi, Presiden meminta agar ada penambahan kapasitas gardu listrik di Kawasan Mandalika. Hal untuk memastikan pasokan energi benar-benar terpenuhi dengan baik di Kawasan Mandalika.

Keempat, yang menjadi perhatian Presiden terkait pembangunan Rumah Sakit Internasional Mandalika. Ini juga harus segera diselesaikan pembangunannya untuk menyambut MotoGP 2021.

"Akses konektivitas juga harus menjadi perhatian, dengan peningkatan aktivitas penerbangan dan fasilitas pendukung di Bandara," katanya.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bersama Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani dan Kalaksa BPBD NTB H Ahsanul Khalik menyimak arahan Presiden Jokowi dalam Ratas melalui teleconference di Kantor ITDC, Mandalika, Lombok Tengah. 

Menanggapi arahan Presiden Jokowi, Gubernur Zulkieflimansyah menjelaskan, saat ini masalah lahan Sirkuit MotoGP Mandalika masih dalam tahap  penyelesaian.

"Pemkab Lombok Tengah bersama ITDC juga terus membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat pemilik lahan," katanya.

Gubernur Zul mengatakan, Pemkab Lombok Tengah telah menyiapkan lahan untuk tukar guling, dan proses ini telah selesai.

Terkait pembatasan aktivitas destinasi wisata, Gubernur Zul menjelaskan, Pemprov NTB dan jajaran juga akan berupaya memanfaatkan waktu yang ada untuk membenahi destinasi.

Selama 14 hari hingga 30 Maret mendatang, NTB menutup akses langsung menggunakan fastboat dari Bali menuju Gili Trawangan. Namun wisatawan tetap bisa berkunjung ke Gili Trawangan melalui pelabuhan Bangsal, Lombok Utara. Sebab Bandara Internasional Lombok (BIL) dan pelabuhan Lembar, Lombok Barat masih beroperasi normal.

"Di Gili juga akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Hal ini dilakukan untuk pencegahan Covid-19, sekaligus memastikan bahwa destinasi kita di NTB aman dan nyaman," kata Gubernur Zul. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Presiden Jokowi Minta NTB Benahi Destinasi Wisata, Percepat Pembangunan Mandalika

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online