Iklan

Calon Wawali Kota Mataram, Ratu Ganefi Bagikan Bibit Anggur untuk Masyarakat

MandalikaPost.com
Kamis, Oktober 08, 2020 | 22:50 WIB Last Updated 2020-10-09T03:03:54Z
Calon Wakil Walikota Mataram, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi menyerahkan bibit anggur kepada masyarakat di Sintung, Ampenan, Kota Mataram. 

MATARAM - Calon Wakil Walikota Mataram, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi membagikan puluhan bibit anggur import jenis Jupiter dan Harold, kepada masyarakat, Kamis (8/10) di Lingkungan Sintung, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.


Ratu Ganefi juga memberikan dua buah Pergola atau Kanopi tanam anggur dari bahan besi ringan, sebagai media rambat tanaman anggur nantinya.


"Kami berikan bantuan bibit anggur import untuk masyarakat Sintung, karena kita lihat di sini potensi tanaman anggur cukup bagus. Sehingga diharapkan masyarakat bisa panen di usia delapan bulan setelah tanam," kata Ratu Ganefi.




Menurutnya, anggur dipilih karena selain manfaat ekonomis yang bisa didapatkan masyarakat dari menanam anggur ini, tumbuhan merambat ini juga bisa bermanfaat sebagai sebagai pergola atau kanopi yang meneduhkan kawasan sekitar.


"Disamping cepat berbuah, daun-daun anggur yang merambat di pergola besi ini bisa menjadi kanopi yang menyejukan dan meneduhkan di siang hari. Hari ini juga kita salurkan dua buah pergola sebagai media rambat anggur nantinya," katanya.


Ratu Ganefi menjelaskan, bantuan bibit anggur diberikan sekaligus mengajak dan memberi motivasi kepada masyarakat Sintung untuk bisa memanfaatkan lahan pekarangan atau kawasan lingkungan dengan lebih produktif dengan menanam tumbuhan buah-buahan. Termasuk salah satunya anggur.



Apalagi di kawasan dataran rendah dan pesisir, tanaman anggur ini sangat cocok dibudidayakan. Anggur merupakan tanaman buah yang mampu bertahan hidup di lahan kering, dengan kebutuhan air yang relatif sedikit. Sehingga perawatannya pun tidak terlampau sulit.


"Nilai ekonomisnya juga bagus, sehingga bisa menambah ekonomi masyarakat. Jika bisa dibudidaya dalam jumlah banyak, anggur ini juga akan menjadi kanopi-kanopi alami yang meneduhkan lingkungan kita," katanya.


Ratu Ganefi mengatakan, selain di lingkungan Sintung, sejumlah lingkungan lain yang berpotensi ditanami anggur juga akan diberikan bibit anggur import ini beserta pergolanya.




Baiq Diyah Ratu Ganefi merupakan mantan senator DPD RI dua periode dari NTB. Kiprah dan pengalamannya menyerap aspirasi masyarakat serta kedekatannya dengan masyarakat NTB termasuk di Kota Mataram cukup teruji.


Ratu Ganefi yang juga Ketua DPD IWAPI NTB ini juga sangat concern dengan peningkatan perekonomian di sektor UMKM dan juga pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan.


Bersama Calon Walikota H Baihaqi, Ratu Ganefi dalam pasangan BARU mendorong Kota Mataram ke depan bertumbuh sebagai Kota Enterpreneur, kotanya para wirausahawan muda.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Calon Wawali Kota Mataram, Ratu Ganefi Bagikan Bibit Anggur untuk Masyarakat

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online