Iklan Yamaha

Kisah Mistis Gunung Rinjani yang Populer di Kalangan Pendaki

MandalikaPost.com
Sabtu, November 28 | 21.25 WIB
Eksotisme Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di balik kemegahan dan keindahan Gunung Rinjani, ada beragam kisah mistis yang ternyata menjadi konsumsi bagi mereka para pendaki. 


Ada berbagai spot yang konon menjadi tempat suci hingga makhluk halus yang ditakuti.


Oleh karena itu, untuk sebagian masyarakat setempat, Gunung Rinjani juga dianggap sebagai tempat yang sakral. Penasaran dengan kisah mistis yang terjadi di salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini, yuk simak penjelasannya.



Gunung Rinjani, Tempat Tinggal Dewi Anjani


Diakui atau tidak, nama Rinjani adalah salah satu nama yang indah untuk sebuah gunung besar dan perkasa ini. Namun, perlu diketahui nih kalau nama Rinjani sendiri juga berkaitan dengan sosok yang tidak kelihatan dengan kasat mata.


Masyarakat Lombok setempat percaya bahwa Gunung Rinjani adalah tempat di mana ada sosok yang tidak kasat mata bersemayam. Ratu Jin Penguasa, Dewi Anjani, adalah sosok yang diyakini masyarakat setempat sebagai penguasa gunung dan Lombok sekitarnya.


Tidak jauh dari Gunung Rinjani, terdapat sebuah kawah bernama Segara Muncar, yang diyakini juga oleh para masyarakat setempat sebagai istana sang ratu. Istana ini konon katanya bisa terlihat dengan mata telanjang pada saat-saat tertentu.



Mitos Umur di Danau Segara Anak


Mitos yang satu ini juga sudah terkenal dan cukup populer di kalangan para petualang. Gunung Rinjani adalah salah satu gunung paling lengkap keindahan alamnya. Hal tersebut terlihat dari danau atau segara yang berasal dari kawahnya yang menjadi salah satu objek petualangan yang indah.


Kawah, atau danau yang ada di Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak. Belum jelas mengapa diberi nama seperti itu, yang jelas keindahan alam yang ada di Danau Segara Anak ini benar-benar luar biasa. Danau ini juga memiliki gunung berapi kecil. Gunung tersebut bernama Gunung Baru Jari.


Danau Segara Anak mempunyai mitos umur. Bagi para pendaki atau petualang,  atau siapapun yang datang ke sana dan melihat Danau Segara Anak adalah danau yang luas maka dipercaya umur orang yang melihat tersebut akan panjang.


Sebaliknya, jika orang tersebut melihat Danau Segara Anak di Gunung Rinjani ini sempit, maka dipercaya umurnya sudah dekat dengan sebuah akhir.



Misteri kawasan Mata Air Aik Kalak


Sebenarnya mata air aik kalak adalah tempat yang cocok untuk merilekskan tubuh dari perjalanan mendaki Gunung Rinjani. Di sini terdapat mata air panas yang sering digunakan untuk berendam para pendaki.


Di balik kehangatannya, mata air panas ini sebenarnya adalah mata air yang dikeramatkan masyarakat setempat. Dahulu tempat ini digunakan untuk menjajal pusakanya di mana air di sana dianggap bisa menyembuhkan penyakit.


Namun banyak kasus kematian wisatawan di sumber mata air ini. Salah satunya adalah kasus meninggalnya pendaki di tahun 2016 di mana salah satu yang selamat mengaku merasa diseret makhluk halus ketika mandi di sana.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kisah Mistis Gunung Rinjani yang Populer di Kalangan Pendaki

Trending Now

Iklan