Suarakan Nasionalisme, Lombok Mercusuar Segera Digelar

MandalikaPost.com
Kamis, Desember 31, 2020 | 12.47 WIB

DEKLARASI: Masyarakat dan tokoh adat, budaya dan tokoh agama mengecam segala bentuk kekerasan terorisme. 


MATARAM – Silaturrahim tokoh adat, budaya dan tokoh agama, Rabu (30/12) berlangsung hangat di Taman Budaya NTB. Para tokoh dan masyarakat NTB sepakat untuk mengecam segala bentuk tindak kekerasan terorisme. 


Deklarasi mengecam segala bentuk tindak kekerasan (terorisme) ini diikuti semua peserta silaturrohim yang membaha di ruang tertutup Teater Taman Budaya. Deklarasi ini diinisiasi oleh Laskar Sasak yang mengundang semua tokoh di Lombok. 


Kepala BIN Daerah NTB, Ir Wahyudi mengatakan,  selama setahun bertugas dan diajak memahami lontar-lontar Sasak, barangkali bisa menjadi solusi yang dihadapi persoalan bangsa ini. ‘


"Selama bertugas setahun saya ingat kata Mamiq Putria, Adat akan melahirkan hubungan, pertama, antara manusia dengan sang pencipta. Kedua manusia dengan sesama manusia dan ketiga manusia dengan alam lingkungan hidup," katanya.


Kabinda juga menyinggung rasa nasionalisme yang dimiliki oleh masyarakat adat begitu kental. Untuk mengentalkan rasa nasionalisme ini digagas kegiatan Lombok Mercusuar yang direncanakan digelar di Sembalun Kabupaten Lombok Timur. 


‘’Kegiatan ini akan diikuti oleh tokoh adat, tokoh budaya dan tokoh agama se Indonesia,’’ jelasnya.


Mamiq Putria dari Kedatuan Siladendeng mengatakan tatanan adat dan kebudayaan harus diperkuat. Sehingga NKRI akan kokoh dan tidak tergeser oleh hambatan dan tantangan ke depan. 


Mamiq Abdurrohim SPd MPd menegaskan agar tokoh adat, budaya dan agama tetap bersatu padu menguatkan barisan.


Datu Artadi dari KLU meminta agar Laskar Sasak merawat dan menjaga adat dan budaya Sasak. Jangan sampai ke depan Indonesia lemah dari adat dan budaya. 


Raden Haji Rais melihat dari perspektif religius antara agama dan adat yang saling menopang. Wakil Ketua Umum FKSN,  Miq Wangsyah menyatakan siap mendukung dan bekerjasama menggelar Lombok Mercusuar yang akan diadakan tahun 2021 mendatang. 


KH Dr A Rahman Sembahulun menyatakan kesiapannya jadi tuan rumah pertemuan nasional Lombok Mercusuar Segara Muncar bila diselenggarakan di Sembalun. 


Sementara motivator Laskar Sasak, TGH Sanusi juga tak kalah menggebu-gebu memotivasi agar Lombok Mercusuar ini menjadi ajang silaturrohim yang bermanfaat untuk bangsa, agama dan negara.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Suarakan Nasionalisme, Lombok Mercusuar Segera Digelar

Trending Now