Iklan Yamaha

Empat Desa Wisata di Lombok Barat Gelar Bersih-Bersih Peringati HPSN

MandalikaPost.com
Minggu, Februari 21, 2021 | 16:05 WIB Last Updated 2021-02-21T09:05:17Z
HPSN 2021. Masyarakat Desa Lembar Selatan membersihkan sampah di Pantai Cemare, Lombok Barat, Minggu (21/2) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

LOMBOK BARAT - Ratusan masyarakat di empat Desa Wisata di Lombok Barat menggelar kegiatan bersih-bersih, Minggu (21/2) untuk memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021.


“Di Lombok Barat sendiri ada empat lokasi yaitu di Desa Sekotong Selatan tepatnya di Dermaga Tawun, kemudian di Sekotong Tengah berlokasi di Mangrove Tanjung Batu, dan di Desa Lembar Selatan di wilayah Pantai Cemare, dan ada satu desa juga yang ikut serta yaitu Desa Gili Gede indah,” kata Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Ekraf Pariwisata Dinas Pariwisata Lombok Barat, Erwin Rachman, di sela  kegiatan di Pantai Cemare, Desa Lembar Selatan, Lombok Barat.


Erwin menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi jajaran kepariwisataan Lombok Barat dalam peringatan HPSN 2021 yang secara nasional diperingati seriap tanggal 21 Februari.


Menurutnya, di tingkat Provinsi, Dinas Pariwisata NTB juga melakukan kegiatan serupa, serentak di 50 Desa Wisata yang ada di Provinsi NTB.


Sementara itu, Kepala Desa Lembar Selatan, H Beny Basuki mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir ini sampah yang ada di Pantai Cemare lebih banyak berasal dari sampah kiriman. Apalagi dengan intensitas curah hujan yang masih cukup tinggi saat ini mengakibatkan banjir di wilayah sekitar.


“Akibatnya kawasan pantai cemare akan penuh dengan sampah-sampah kiriman seperti kayu, dedaunan, dan sampah plastik. Justru sampah yang dari pengunjung tidak terlalu banyak,” ujar Beny.


Di kawasan Pantai Cemare sendiri ada ratusan warga ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih-bersih kali ini, mulai dari jajaran Dinas Pariwisata Lombok Barat, perangkat desa, Lembaga Desa/BPBD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pokdarwis, tokoh masyarakat, pelaku usaha wisata, mahasiswa, pedagang, dan masyarakat setempat.


Beny berharap agar para pengunjung agar menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pengelola.


“Kalau bisa supaya kita juga bisa ikut dibantu dalam kegiatan bersih-bersih pantai demi kenyamanan kita semua. Kebetulan kita juga sudah mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana kebersihan dari Dinas Pariwisata Lombok Barat dan itu sangat membantu kami  untuk menjaga kebersihan di kawasan ini,” ungkapnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Empat Desa Wisata di Lombok Barat Gelar Bersih-Bersih Peringati HPSN

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online