Lombok Barat Perbanyak Event Menarik untuk Pemulihan Sektor Pariwisata

MandalikaPost.com
Sabtu, Maret 20, 2021 | 21.03 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saepul Ahkham. 

LOMBOK BARAT - Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saepul Ahkham mengatakan, untuk mendorong pemulihan sektor pariwisata di masa pandemi, Lombok Barat berupaya memperbanyak event pariwisata di berbagai destinasi yang ada.


"Jadi di samping tentang protokol kesehatan yakni kesiapan kita dengan vaksinasi, kita juga menyiapkan aneka event. Event ini kita gelar setiap bulan, untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Lombok Barat memang dari aspek kepariwisataan itu tetap berupaya dan berikhtiar untuk menjadi bagian dari program nasional untuk pemulihan ekonomi secara nasional," kata Ahkham, di sela kegiatan vaksinasi pelaku wisata, Sabtu (20/3) di Hotel Kila Senggigi, Lombok Barat.


Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sebelumnya sudah meluncurkan Calendar of Event (CoE) Lombok Barat tahun 2021. CoE ini menjadi bagian stimulus merangsang kembali kunjungan wisatawan ke Lombok Barat.


“Event-event itu tersebar di semua destinasi untuk kita perkenalkan kepada masyarakat luar, bahwa Lombok Barat tidak hanya Senggigi, tidak hanya Sekotong, tidak hanya Narmada namun juga kita memiliki desa-desa unggulan untuk kepariwisataan,” jelas Akhkam.


Akhkam berharap, agenda promosi pariwisata ini mampu memberikan suntikan semangat bagi para pelaku pariwisata dalam menjalan usaha mereka dan berujung pada pemulihan dan pendorong pemulihan ekonomi di Lombok Barat dan nasional.


Ia mengatakan, karena masih dalam kondisi pandemi global Covid-19, dalam penyelenggaraannya, CoE 2021 ini berusaha untuk diselenggarakan dengan konsep kenormalan baru. 


Menurutnya, pandemi Covid-19 tak seharusnya menjadi penghalang untuk terus berkreasi dan bergerak.


Setidaknya, dalam CoE tahun ini ada 16 event yang akan dilaksanakan. Salah satunya yakni event “Harmoni Lombok Barat” yang akan digelar di penghujung Maret ini.


Kepala Seksi Promosi dan Atraksi Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Lombok Barat, Cecillia Umi Kuswandani mengatakan, Harmoni Lombok Barat akan dimulai dengan Parade Tarian Daerah yang akan menampilkan 63 pemain musik tradisional.


"Parade terdiri dari pemain gendang beleq beserta pengiringnya dan 63 penari gandrung. Angka 63 sengaja kami pilih sebagai simbol menyambut HUT Kabupaten Lombok Barat ke-63 tahun ini,” kata Umi.


Parade tarian daerah ini akan dilaksanakan di Taman Narmada pada tanggal 27 Maret mendatang. Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan pameran foto dari para peserta Lomba Phonegraphy yang saat ini masih berjalan.


Harmoni Lombok Barat kemudian akan dilanjutkan di kawasan Senggigi. Dalam penyelenggaraannya dilaksanakan bersama beberapa pihak hotel yang ada di Senggigi.


“Untuk tanggal 3 April kita akan menampilkan mini orkestra, musik akustik, dan musik tradisional. Itu kita laksanakan di Hotel Montana Premier. Sedangkan di tanggal 10 April itu kita laksanakan di Hotel Jayakarta. Kita rencananya akan menampilkan aneka permainan tradisional seperti tari batek baris, tari barong tengkok, fire dance, dan lainnya,” pungkas Umi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lombok Barat Perbanyak Event Menarik untuk Pemulihan Sektor Pariwisata

Trending Now