PLN Siap Bangun Transmisi Baru, Dukung Pengembangan Kawasan Sekotong

MandalikaPost.com
Jumat, Maret 26, 2021 | 18.18 WIB
Pembangunan jalur transmisi baru PLN di wilayah Lombok Barat. (Foto: Humas PLN NTB) 

MATARAM - PLN terus berupaya menyediakan kebutuhan kelistrikan, termasuk di sejumlah kawasan yang tengah dikembangkan sebagai destinasi pariwisata di Lombok, NTB. Pembangunan transmisi baru saat ini dilaksanakan untuk mendukung pengembangan kawasan Sekotong, Lombok Barat.


Guna menambah kehandalan pasokan listrik, PLN siap membangun jalur transmisi baru, yakni Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV Jeranjang – Sekotong dengan panjang 45 kms (kilometer sirkuit), dimulai dari Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung,  menuju Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong. Transmisi baru ini direncanakan berjumlah 75 tapak tower dan melintas di 9 desa dan 3 kecamatan yang terletak di Lombok Barat. 


Manager Pertanahan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Bondan Gustaman menjelaskan, progres pekerjaan pembangunan saat ini memasuki tahap prakonstruksi, yaitu masih pada tahap pembebasan lahan untuk tapak – tapak tower. Proses ini sudah dimulai sejak tahun lalu, dan direncanakan siap konstruksi pada tahun ini. 


“Progress pembebasan lahan saat ini sudah mencapai 95% dari keseluruhan tapak tower yang harus kami bebaskan, dan segala proses kegiatan yang kami lakukan, menggunakan pendekatan sesuai aturan yang berlaku, terutama undang – undang pengadaan tanah untuk kepentingan umum,” kata Bondan. 


Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Jeranjang – Sekotong di rencanakan akan dimanfaatkan untuk mengevakuasi daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berlokasi di Jeranjang, desa Taman Ayu, Lombok Barat. 


“Ke depan target kami adalah untuk menciptakan suplai energi listrik yang handal, energi listrik yang bersumber dari PLTU Jeranjang dengan kapasitas 3 x 25 MW, dapat kami evakuasi dengan baik ke wilayah Sekotong, dan ini penting untuk mendukung pengembangan pembangunan di wilayah tersebut,” ujarnya.


Manager Bagian Teknik, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Lombok, Lutfi Mustaqim menyampaikan, saat ini tidak hanya rencana pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi, PLN juga sedang menyelesaikan pembangunan Gardu Induk baru, yang juga berlokasi di Sekotong, Lombok Barat. Gardu Induk ini direncanakan akan menjadi terminal penyaluran energi listrik untuk wilayah Sekotong dan sekitarnya.


“Pembangunan gardu induk sekotong berdiri diatas lahan seluas 2,6 Ha, progress pembangunannya saat ini sudah mencapai 41,57%, sehingga kami siap mendukung pengembangan pariwisata di wilayah sekotong, dan NTB pada umumnya,” jelas Lutfi. 


Diharapkan dengan pembangunan infrastruktur ini, sistem kelistrikan di Lombok dapat semakin andal dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PLN Siap Bangun Transmisi Baru, Dukung Pengembangan Kawasan Sekotong

Trending Now