Iklan Yamaha

Jejak Prestasi Kombes Pol Noviar Selama Menjabat Dirlantas Polda NTB

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 11 | 19.23 WIB
PENULIS : H Zulkipli, SE, MM (Ketua Masyakat Peduli Keselamatan Berkendara/MPKB NTB).

"Dengan berakhirnya masa tugas sebagai Dirlantas Polda NTB, kami sekeluarga dengan segala kerendahan hati, mohon diri. Dan Mohon doa restu semoga amanah dalam melaksanakan tugas ditempat baru sebagai Kakorwa Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri. 

Tiada gading yang tak retak" ,sebagai manusia biasa dengan banyak keterbatasan, kami tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Dari hati yang paling dalam,Kami secara pribadi dan keluarga  mohon dibukakan pintu maaf atas ucap dan tingkah laku selama bertugas selama ini. 

Tak lupa Kami menyampaikan rasa hormat  dan terimakasih yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin selama bertugas di Polda NTB.

Semoga Tuhan YME senantiasa memberikan petunjuk,rahmat dan hidayahNya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Amiin.," 

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Demikian pesan yang saya terima di WhatApps saya. Tentu saya terkejut, Sejak di lantik 24 Juni 2020, kami banyak berdiskusi terkait banyak hal, khususnya tentang ide – ide beliau tentang bagaimana merubah budaya masyarakat menjadi masyarakat yang taat aturan berlalu lintas dengan penerapan Pola Pemolisian Pro aktif  pada tugas-tugas Polisi lalulintas. 


Sejak mendapatkan amanah sebagai Direktur Lalu Lintas Polda NTB, Kombes Pol Noviar harus dihadapkan dengan memimpin anak buahnya di masa pandemi Covid 19. Fungsli lalu lintas lebih banyak diarahkan bersama aparatur pemerintahan lainnya  untuk mencegah penyebaran Covid 19 ini.


Walaupun begitu, ide – ide briliannya terus digulirkan, mulai dari diadakannya berbagai bentuk  lomba keselamatan berlalu lintas dengan protokol kesehatan Covid 19. Satu bulan setelah menjabat, diadakan Lomba “Zebra Kampung Sehat Movies Competition “, sebuah lomba yang meggabungkan antara upaya Direktorat Lalu Lintas Polda NTB mengajak masyarakat taat aturan berlalu lintas sekaligus Protokol Kesehatan Covid 19 serta Program Kampung Sehat yang digagas Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal. 


Hal – hal kecil yang menjadi laporan masyarakat termasuk yang diperhatikan oleh Kombes Pol Noviar, seperti laporan masyarakat terkait gangguan karena permainan layang – layang, Kombes Pol Noviar langsung memerintahkan untuk patroli agar masyarakat nyaman berkendara tanpa juga harus menghentikan permainan layang – layang, tetapi dengan meminta mereka bermain – main layang – layang di tempat yang tidak mengganggu perjalanan orang lain.


Pelanggaran berupa tidak menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor dan mobil terbuka untuk mengangkut manusia menjadi bahan kampanye dalam sebar 5000 spanduk himbauan kepada masyarakat. Pembagian bantuan sosial juga rutin dilakukan untuk mengantisipasi dampak ekonomi dari Covid 19. Patroli cegah Covid 19 rutn dilaksanakan khususnya di tempat – tempat keramaian yang berpotensi menjadi titik penyebaran Covid 19.


Kombes Pol Noviar. 

Dalam kesempatan kami bertemu, Kombes Pol Noviar menjelaskan tentang prinsipnya mengenai Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar (Mengajak Kebaikan dan Mencegah Keburukan) dalam tugasnya sebagai Direktur Lalu Lintas Polda NTB. 


“Mengajak masyarakat untuk selalu menaati aturan berlalu lintas dan Protokol Kesehatan Covid 19 merupakan bentuk amar ma’ruf (mengajak kepada kebaikan) dan mencegah terjadinya kecelakaan dengan memperketat masyarakat pengguna kendaraan adalah bagian dari bentuk mencegah keburukan (Nahi Munkar). Ini adalah ibadah, insyaAllah bernilai pahala di sisi Allah SWT," jelasnya.


Untuk menyerap aspirasi masyarakat, Kombes Pol Noviar juga sering melaksanakan pertemuan dengan masyarakat maupun perwakilan masyarakat. Salah satunya dengan mengisi undangan – undangan dilalog dari berbagai unsur masyarakat atau lembaga. Salah satunya pada 28 Agustus 2020, KBP Noviar mengisi acara “NGOPI/ngobrol Pintar” bertemakan Budaya Tertib Lalu Lintas saat Pandemi Covid 1.


Dalam menyambut Hari Bhayangkara tahun 2020, KBR Noviar memberikan arahan kepada semua Kasatlantas se jajaran Polda NTB untuk menggelar berbagai kegiatan positif dengan tetap mempertimbangkan Prokes. Satlantas Lombok TImur mengadakan lomba komik keselamatan, Satlantas Lombok Barat mengadakan Lomba Video Parody, Satlantas Kota Mataram mengadakan Lombok Stand Up Comedy, Satlantas Lombok Tengah lomba desain, dan Satlantas lainnya juga mengadakan berbagai lomba.


Di tengah Pandemi Covid 19, upaya kampanye keselamatan berlalu lintas tidak dikendorkan kegiatannya, dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat serta dengan menggunakan daring. Seperti pada Kamis, 17 September 2020 diadakan kegiatan Webinar dengan tema “ Berlalu lintas aman di masa pandemic “ bersama 50 Siswa dari perwakilan sekolah se NTB.


Berbagai kegiatan dilaksanakan saat hari Bhayangkara, mulai dari pemberian SIM Gratis untuk masyarakat yang tanggal lahirnya sama dengan tanggal kelahiran Polri, pemberian bantuan sosial, pembagian paket Prokes, dan berbagai kegiatan lainnya. Puncaknya adalah dengan diadakannya acara peringkatan Hari Bhayangkara di lapangan tenis Mapolda NTB. 


Saat puncak acara tersebut, dilangsungkan meriah dengan  tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid 19. Saat puncak acara inilah, diluncurkan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan oleh Ditlantas Polda NTB seperti Go SIM, Samsat Apps, dan pemberian hadiah bagi para peserta berbagai lomba yang diadakan oleh Ditlantas Polda NTB.


Sebagai bentuk sinergi TNI Polri, Ditlantas Polda NTB memberikan SIM Gratis (dibiayai sponsor) untuk anggota TNI terpilih, bekerjsama dengan PT Jasa Raharja, memberikan beasiswa kepada putri putri TNI yang berprestasi dengan terlebih dahulu diadakan Webinar yang diikuti oleh seluruh penerima beasiswa pada tanggal 7 Oktober 2020.


Sebagai pelayan masyarakat, salah satunya bagi yang mengurus SIM, STNK, dan BPKB. Ditlantas Polda NTB secara rutin memberikan informasi kepada masyarakat untuk tetap menerapkan prokes ketika mengurus keperluan tersebut. Salah satu bentuk sosialisasinya adalah dengan mengadakan Talk Show tentang Protokol Kesehatan pada SAMSAT dan SIM Kelilingyang disiarkan secara langsung oleh Media Polda NTB pada 13 Otkober 2021.


Dengan ramainya penggunaan flatform media sosial Tik Tok, membuat KBP Noviar memberikan arahan untuk mengadakan Lomba Tik Tok Challenge Zebra Rinjani 2020. Lomba yang diadakan sekaligus untuk memeriahkan Operas Zebra Rinjani 2020.


Pada 26 Oktober 2020, Dirlantas Polda NTB kembali mengumpulkan para tokoh agama dan pemuda untuk berdiskusi dalam forum Ngopi Bareng. KBP Noviar menyerap berbagai usulan maupun kritikan dari para tokoh agama dan para pemuda. 


Dalam Operasi Keselamatan Rinjani 2021 tersebut, KBP Noviar membuat gebrakan pertama di Indonesia yaitu Operasi Keselamatan berhadiah Sepeda motor. Bekerjasama dengan harian Lombok Post dan Honda, masyarakat yang mempunya kendaraan bermotor diinformaskan untuk mengumpulkan kupon yang ada di Koran Lombok Post kemudian dimasukan di kotak undian yang telah disipakan di ujung Jalan tepat pilot project kanalisasi jalur dua di Jalan Langko Kota Mataram.


Untuk menanamkan pemahaman tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dari kalangan pelajar dan santri, Kombes Pol Noviar juga mengadakan Lomba Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia dengan mengambil tema “ Keselamatan Berlau Lintas era Covid 19 “, kegiatan ini dilaksanakan dengan teknis, masing – masing peserta lomba yang berasal dari berbagai sekolah dan madrasah se NTB mengirimkan video pidatonya. Peserta yang lulus seleksi tingkat Kabupaten/Polres kemudian mengikuti Final untuk memperebutkan juara satu. Pada 20 April 2021 diadakan penilaian dengan melibatkan unsur dari Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, dan Tokoh masyarakat serta tokoh agama.


Saat Ramadhan tahun 2021, KBP Noviar menerbiatkan buku dengan judul Fiqih Lalu Lintas, sebuah tulisan yang memuat berbagai hal terkait ilmu fiqh dengan mengambil sudut pandang khusus bidang lalu lintas. Diawali dengan Halaqoh (pertemuan ilmiah) para Tuan Guru di Masjid Polda NTB pada tanggal 26 April 2021.


Mulai saat berdinas di NTB perhatian akan keindahan dan estetika pengembangan ruangan dan Kantor juga tidak ditinggalkan , Kombes Pol Noviar melakukan penataan dan membangun pagar dan taman di Kantor Ditlantas Polda NTB , pembenahan berbagai infrastruktur kantor seperti ruangan Direktur, instalasi listrik, ruang barang bukti ranmor, dan garasi motor. Termasuk menjelang diakhir dinasnya sedang berupaya menyegerakan melakukan pengembangan dan pembangunan ruangan RTMC dan juga CCTV untuk program Prioritas Kapolri yaitu ETLE.


Banyak hal yang telah dilakukan oleh Kombes Pol Noviar selama mendapatkan amanah sebagai Direktur Lalu Lintas Polda NTB. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya.Kombes Pol Noviar telah menaruh jejak kebaikannya di Bumi Nusa Tenggara Barat. Selamat bertugas di STIK Lemdiklat Polri sebagai Kakorwa Waketbidminwas.


Dimanapun tempat bertugas, disanalah tempat beramar ma’ruf Nahi Munkar. Sukses dan Barokah selalu Komandan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jejak Prestasi Kombes Pol Noviar Selama Menjabat Dirlantas Polda NTB

Trending Now

Iklan