Iklan BNS

Buka Giat GEULIS, Bunda Niken Optimis Literasi di NTB Lebih Masif

MandalikaPost.com
Kamis, September 30 | 18.12 WIB
Ketua TP PKK NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah saat membuka kegiatan GEULIS di Hotel Jakarta Senggigi, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Ketua TP PKK NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengaku optimistis bahwa gerakan literasi di NTB akan semakin masif dengan munculnya partisipasi masyarakat dan berbagai pihak.


Banyaknya para pegiat literasi NTB yang bergerak mandiri, dinilainya menjadi modal membangkitkan kesadaran publik. 


"Karena ternyata para pegiat ini bukan mereka yang hadir dengan embel embel lembaga atau organisasi tapi mereka yang benar benar tergerak melihat lingkungan sekitar", ujar Bunda Niken membuka kegiatan Gerakan Untuk Literasi Semesta (GEULIS) di Hotel Jayakarta, Kamis (30/09). 


Bunda Niken menyebut Konsorsium NTB Membaca (KNTBM) yang  terdiri dari 96 kelompok pegiat literasi sebagai salah satu sumberdaya gerakan literasi dari kelompok pegiat lainnya di desa desa. 


Oleh sebab itu, sebagai Bunda Literasi yang juga Ketua TP PKK NTB, ia mencoba mengkolaborasi strategi literasi dengan program PKK yang juga melakukan literasi selain program unggulan Revitalisasi Posyandu yang kini memperluas fungsi dan layanannya sebagai pusat edukasi selain kesehatan. 


Baik sebagai kader PKK maupun pendamping literasi layanan Posyandu Keluarga. Selain gerakan menemani anak membaca 30 menit setiap hari, Bunda Literasi juga memberdayakan kelompok literasi di desa desa melalui kerjasama kampus dalam program KKN Merdeka seperti di Universitas Teknologi Sumbawa. 


Mewakili Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Fakhrul Arrazi mengatakan, gerakan literasi nasional yang mengampu literasi keluarga, sekolah dan masyarakat diramu dalam ekosistem bernama GEULIS. 


"NTB dipilih sebagai miniatur project besar ini agar nantinya menjadi barometer literasi nasional", jelas Fahrul. 


Dalam kegiatan kelompok diskusi terpumpun (focus group discussion) itu disepakati 21 rekomendasi dalam membangun gerakan literasi semesta.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Giat GEULIS, Bunda Niken Optimis Literasi di NTB Lebih Masif

Trending Now

Iklan