Iklan BNS

Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Sembalun Diikuti 82 Peserta

Rosyidin
Minggu, September 5 | 22.13 WIB

Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - Dalam rangka mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX Lombok Timur, Kecamatan Sembalun menggelar lomba MTQ tingkat Kecamatan diikuti oleh 82 orang peserta dari berbagai kalangan.

 

Acara tesebut dibuka langsung oleh Camat Sembalun, berlangsung di halaman kantor Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Sabtu (4/9). Kegiatan dihadiri oleh ketua LPTQ Kabupaten Lombok Timur, Forkopimca Sembalun, Kepala UPTD Sembalun beserta para Kepsek Sembalun, Kepala KUA Sembalun dan tokoh masyarakat setempat.  


Camat Sembalun, Mertawi S.Pd menjelaskan,  Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Sembalun sudah terbentuk, kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan LPTQ di masing-masing desa. 


Dengan adanya lembaga tersebut, akan memudahkan untuk melakukan program-program pemerintah atau pun non pemerintah supaya bisa diarahkan dalam kegiatan peningkatan baca Alquran itu sendiri di tengah-tengah masyarakat.


“Sama halnya dengan apa yang kita gelar saat ini, menjadi motivasi bagi anak-anak kita dan para pemuda di Sembalun. untuk meningkatkan bacaan Alquran maupun hapalannya, dan sebagai bentuk penghargaan kita kepada mereka,” jelas Mertawi, dalam sambutannya. 


Menurutnya, pelaksanaan MTQ sekarang ini, betul-betul dengan semangat etos kerja dan gotong royong yang tinggi. Dimana panitia maupun yang terlibat langsung dalam pelaksanaan acara tersebut tidak memiliki sumber dana yang pasti.


“Tetapi ketika kita bentuk LPTQ Kecamatan, dan langsung mengintruksikan semua jajarannya pada tahun ini kita mulai adakan MTQ tingkat kecamatan. Insya Allah dengan niat dan kemauan tinggi, dengan pertolongan yang Maha Kuasa semuanya bisa kita laksanakan,” kata Mertawi.


“Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu hingga saat ini. Kami tidak menjumpai halangan maupun hambatan yang  berarti, termasuk ketika teman-teman belusukan mencari dana untuk pembiayayan acara kita ini,” imbuhnya.


Dengan semangat gotong royong dan sumbangsih dari para dermawan yang ada di Sembalun, kedepannya kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dengan lebih meriah.

 

“Seperti kata orang bijak, yang pertama menentukan langkah selanjutnya. Semoga langkah pertama ini menjadi pondasi pengembangan MTQ kita di tahun-tahun berikutnya,” ujar Mertawi.


Mantan Sekdispar Lotim ini, mengatakan lebih lanjut, pada tahun 2022, Kecamatan Sembalun didaulat menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi NTB. Sehingga momen ini lah dijadikan untuk berbenah diri dari segala sektor, termasuk daya dukung lainnya harus dipersiapkan.


“Terutama SDM masyarakat kita harus dipersiapkan, dan kami juga mengintruksikan ke semua Kades melalui MUSdes dalam penyusunan APBDesnya mengalokasikan penganggaran penyelengaraan MTQ tingkat Desa,” kata Mertawi.


Ia berharap dan meminta  kepada Kadis Dikbud agar di sekolah-sekolah juga diselengarakan. Mulai dari tingkat SD hingga SMA dalam ekterakulikulernya tetap dilaksanakan kegiatan tahfiz Alquran di sekolahnya. 


“Kalau ini bisa dilaksanakan, insya Allah Alquran yang menjadi pedoman hidup kita. Supaya tidak asing bagi kita terutama bagi anak-anak kita, kita tidak pungkiri pada zaman sekarang ini sudah terkontaminasi dengan gadget dan game online,” pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Sembalun Diikuti 82 Peserta

Trending Now

Iklan