12 Pemuda Desa Penyangga The Mandalika Selesaikan Pelatihan Mekanik Sepeda Motor

Ariyati Astini
Minggu, Oktober 03, 2021 | 17.58 WIB
Enam Pemuda Yang Mengikuti Pelatihan Langsung Diterima Magang di Astra Honda Authorized Service (AHASS)



LOMBOK TENGAH – 12 pemuda terpilih dari desa penyangga The Mandalika, kawasan pariwisata di Lombok NTB yang dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, baru-baru ini menyelesaikan pelatihan mekanik sepeda motor yang diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB. 

Tahapan pelatihan terakhir yang diselesaikan adalah program magang di lima dealer resmi AHASS di Lombok Tengah yang diikuti oleh keduabelas pemuda tersebut sejak awal Juli 2021. Pelatihan mekanik sepeda motor yang masuk ke dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ITDC ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai, bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor.

Berakhirnya program magang ditandai dengan seremoni penutupan pelatihan pada 2 Oktober 2021, bertempat di Kantor ITDC di The Mandalika, yang dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Kemasyarakatan Wirajaya Kusuma, Widyaiswara Dinas Koperasi dan UMKM Prov. NTB Lindrawaty Angkawijaya, Technical Instructor Astra Motor NTB Alan Vikhta, Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, serta disaksikan secara virtual oleh VP Corporate Secretary ITDC I Made A. Dwiatmika dan perangkat desa penyangga.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB dan AHASS yang telah bersinergi bersama ITDC dalam menyelenggarakan pelatihan yang penting ini. Melalui pelatihan ini kami harapkan tercipta sumber daya manusia sekitar kawasan yang berkualitas dan siap menjadi tenaga terampil mekanik sepeda motor sejalan dengan pengembangan The Mandalika yang akan menyajikan perhelatan event balap motor kelas dunia. Kami juga ucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan tekun dan penuh semangat serta menyelesaikan program magang dengan hasil yang baik.”

Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Kemasyarakatan Wirajaya Kusuma mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kerjasama ITDC dengan Dinas Koperasi dan UMKM Prov. NTB dan AHASS dalam memberikan pelatihan mekanik sepeda motor bagi pemuda terpilih di The Mandalika. Kami harapkan

para pemuda yang telah mengikuti pelatihan dapat menjadi tenaga terampil dan professional di bidang ini, membuka lapangan kerja, serta mentransfer ilmu yang didapat kepada anak-anak muda lainnya.

Jangan cepat berpuas diri dengan ilmu yang dimiliki saat ini, terus kembangkan diri dengan menangkap Peserta magang asal Desa Kuta Edi menyampaikan, “Kami berterima kasih kepada ITDC dan seluruh instansi yang terlibat atas terselenggaranya pelatihan mekanik dan magang selama tiga bulan di dealer resmi AHASS. Melalui pelatihan ini kami telah belajar banyak hal baru, mulai dari praktek di bengkel, manajemen waktu, serta kedisiplinan yang sangat penting untuk diterapkan di tempat bekerja nanti.”

Sebanyak 6 peserta telah mendapatkan pekerjaan pasca magang sebagai tenaga mekanik di dealer resmi AHASS. Tawaran pekerjaan ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap kinerja peserta selama mengikuti magang dan hasil tes yang dilakukan pada akhir magang.

Salah satu peserta pelatihan yang diterima bekerja di salah satu dealer resmi AHASS, Muhammad Rizki asal Desa Sukadana menyampaikan, “Saya berterima kasih kepada ITDC yang tidak saja telah memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan melalui pelatihan ini tapi juga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Alhamdullilah saya mendapat pengalaman yang sangat bermanfaat, bahkan dapat langsung mempraktekkannya sebagai salah satu mekanik di dealer resmi AHASS.”.peluang melalui teknologi yang ada.”.pungkasnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 12 Pemuda Desa Penyangga The Mandalika Selesaikan Pelatihan Mekanik Sepeda Motor

Trending Now