Iklan BNS

Nyaman Berlayar Bersama KMP Dharma Ferry IX, ada Pramugari hingga Biduan Cantik

MandalikaPost.com
Jumat, Oktober 22, 2021 | 15.42 WIB
Penampilan biduan cantik di acara hiburan dalam perjalanan bersama KMP Dharma Ferry IX rute Lembar - Ketapang.

MANDALIKAPOST.com - Melayani rute di dua lokasi yang menjadi destinasi wisata nasional, KMP Dharma Ferry IX terus meningkatkan standar pelayanannya. Hospitality dan kenyamanan yang disajikan selama 12 jam perjalanan Lombok - Banyuwangi, membuat penumpang bisa merasakan seperti menginap di hotel berbintang.


Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Ferry IX milik PT Dharma Lautan Utama (DLU), dilengkapi segala fasilitas yang memanjakan penumpang.


Kapal rute Lembar, Lombok Barat - Ketapang, Banyuwangi itu dilengkapi berbagai fasilitas yang nyaman bagi para penumpangnya.


Kapal tersebut dilengkapi pramugari khusus, yang akan memandu penumpang menghadapi situasi darurat selama pelayaran. Tak berbeda dengan pesawat, pramugari akan memperagakan cara menyelematkan diri saat kondisi emergency.


"Kapal kami dilengkapi pramugari. Tapi memang pramugari tidak ikut selama berlayar," kata Nakhoda Dharma Ferry IX, Kapten Suryo D. Pamilih, Kamis 21 Oktober 2021.


Pramugari juga melayani penumpang melakukan pengecekan suhu tubuh. Karena kapal tersebut sesuai dengan standar protokol kesehatan.


Pramugari KMP Dharma Ferry IX memeriksa suhu tubuh penumpang dan memberikan handsanitizer.

Pelayanan kapal milik DLU tersebut juga terkenal dengan keramahan para kru. Para penumpang yang datang dan pergi selalu mendapat pelayanan yang baik. Bahkan saat turun dari kapal, para kru kapal memberikan penghormatan kepada penumpang.


"Itu sudah menjadi tradisi kami di DLU. Menghormati para penumpang saat turun," kata Kapten Suryo.


Layanan Ramah Anak dan Ibu


KMP Dharma Ferry IX dilengkapi ruang khusus ibu menyusui. Ruang tersebut disediakan, akan ibu yang sedang menyusui dapat leluasa memberi asupan ASI pada anaknya.


Ruang tersebut dilengkapi temperatur udara yang stabil. Tidak panas dan tidak juga dingin.


Selain itu, di geladak atas kapal dilengkapi fasilitas bermain anak-anak.  Berbagai jenis perosotan dapat ditemui di sana, untuk menghibur anak. Sehingga anak-anak dapat mengobati stres berlayar dengan bermain gembira.


Bahkan, di sana terdapat lokasi berjemur yang memanjakan para penumpang. Penumpang dapat menikmati matahari pagi dengan kursi berjemur khusus.


Menu Murah Hingga Layanan Antar


KMP Dharma Ferry IX memiliki keunikan tersendiri. Kapal tersebut mematok standar harga menu makanan dan minuman yang tidak berbeda jauh dari makanan pada toko umumnya.


"Di sini makanan dan minuman cukup murah. Perbedaan hanya sedikit dengan di darat," katanya.


Kapal tersebut memiliki dua kantin atau pujasera (pusat jajanan serba ada). Kantin dalam dan luar. Kantin dalam khusus makanan ringan, sementara kantin luar khusus aneka kuliner masakan, mulai dari bakso, rawon, nasi kuning dan masakan lainnya.


Kapten Suryo menyapa para penumpang sambil melakukan survey kepuasan pelanggan di KMP Dharma Ferry IX.

Pada kapal tersebut memiliki standar menu makanan yang dijual dengan dilengkapi harga. Sehingga penumpang tidak terkecoh harga menu, yang sering tidak dipasang di kapal pada umumnya.


"Kapal kami dilengkapi menu dan harga. Jadi harga tidak boleh beda dengan yang ada di menu," katanya.


Selain itu, kapal tersebut memiliki layanan antar makanan untuk penumpang. Penumpang secara gratis mendapatkan makanan, dan langsung diantar oleh awak kapal di masing-masing tempat penumpang.


"Jadi penumpang tidak perlu datang. Kita akan berkeliling mengantar makanan untuk penumpang," ujarnya.


Uniknya, setiap bulan menu makanan gratis di kapal selalu berubah tergantung permintaan penumpang.


Para penumpang akan disurvei terlebih dahulu menu favorit mereka.


"Dari hasil survei tersebut, kita akan mengganti menu setiap bulan sesuai permintaan penumpang," ujarnya.


Hiburan Biduan


Untuk mengatasi kepenatan di atas kapal, KMP Dharma Ferry IX menyediakan hiburan live music. Para penyanyi cantik akan menemani penumpang saat berlayar.


Waktu hiburan digelar malam hari dengan terlebih dahulu diberitakan melalui informasi kepada penumpang.


Deretan penyanyi akan menghibur penumpang dengan nyanyi dan joget bersama.


Lokasi hiburan memiliki ruang khusus di geladak utama kapal dengan ruang tertutup, sehingga suara musik tidak akan mengganggu penumpang lain.


Layanan Informasi


Kapal tersebut memiliki layanan informasi. Jika pengumuman ingin bertanya seputar perjalanan mereka, dapat mengunjungi layanan informasi di atas kapal.


Pusat informasi di KMP Dharma Ferry IX.

Ke depannya, layanan informasi di atas kapal akan dilengkapi informasi destinasi wisata tujuan penumpang. Sehingga penumpang yang berencana berlibur ke Lombok, dapat mengetahui destinasi menarik.


Tidak hanya layanan informasi. Di atas kapal juga memiliki ruang medis yang akan membantu merawat penumpang yang sakit dalam perjalanan. Ruang medis tersebut dilengkapi seorang tenaga kesehatan.


Penghargaan Tahunan


PT DLU setiap tahun akan memberikan anugerah terhadap penumpang setia mereka. Para penumpang akan digratiskan tiket menuju lokasi acara dan penginapan hotel.


Puncak Malam Anugerah Mitra tersebut akan memberikan penghargaan terhadap penumpang setia mereka, dan dilengkapi doorprize.


"Penumpang setia kami akan diberikan doorprize," ujarnya.


Hal yang sama juga berlaku untuk karyawan. Mereka akan mendapatkan penghargaan melalui Malam Anugerah Prestasi. Penghargaan diberikan sesuai prestasi mereka.


"Misalnya leader, akan diberikan penghargaan berdasarkan prestasi kebersihan kapal, minim insiden pada kapal, kekompakan kru dan lain-lain," kata kapten yang sangat humble ini.


Kenyamanan berlayar bersama KMP Dharma Ferry IX.

PT DLU memiliki sekitar 47 kapal. Dalam kapal tersebut enam orang di bagian dapur termasuk satu kordinator dan enam bagian kebersihan, termasuk satu kordinator.


Layaknya sebuah hotel, setiap saat petugas kebersihan akan membersihkan tempat-tempat di kapal usai digunakan penumpang.


Fasilitas penunjang lainnya pada kapal tersebut, memiliki kamar mandi khusus supir yang menjadi penumpang mereka. Kamar mandi dilengkapi air panas.


Siap Sukseskan WSBK Mandalika


Secara terpisah, Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Lembar, Listiyono mengatakan, Dharma Lautan Utama Cabang Lembar siap untuk turut mensukseskan gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika.


"Kami terus berbenah dalam hal persiapan menghadapi Event International World Superbike Mandalika," katanya.


Sejumlah hal dimaksimalkan DLU antara lain layanan berupa Kapasitas Muat yang terpasang dengan jadwal yang tepat waktu, memastikan dan menjamin keselamatan dan keamanan selama pelayaran, layanan kenyamanan mulai dari sebelum keberangkatan kapal, pada saat kapal dalam pelayaran dan saat kapal tiba di tujuan.


"Tujuannya agar seluruh pelanggan betul-betul menikmati perjalanannya dan menjadikannya sebagian transportasi pilihan terbaik," kata Listiyono.


Ia mengatakan, DLU juga berkomitmen menjadikan sektor perhubungan unggul di NTB, serta mendorong pengembangan kepariwisataan di daerah ini.


"Karena itu kami selalu konsistensi dalam hal pelayanan dan pengoperasian armada, serta selalu mengedepankan keselamatan dan kemanan yang dapat menumbuhkan dan membangkitkan kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan transportasi penyeberangan," katanya.


Dalam setiap kapal penyeberangannya, DLU juga memberikan tambahan layanan yang menampilkan budaya lokal serta promosi destinasi wisata yang ditayangkan pada Televisi diatas kapal dapat mendukung program kepariwisataan.


Untuk memaksimalkan semua itu, Listiyono berharap agar pemerintah memperhatikan dan menjaga keseimbangan antara Supplay and Demand dalam suatu Lintasan.


"Sehingga usaha penyeberangan yang memiliki nilai investasi yang sangat tinggi dapat tetap terjaga eksistensinya dan dapat terus melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nyaman Berlayar Bersama KMP Dharma Ferry IX, ada Pramugari hingga Biduan Cantik

Trending Now

Iklan