Iklan BNS

Beraksi di WSBK Mandalika, Komplotan Copet Jakarta Dibekuk Polisi, Tiga Diantaranya Wanita

MandalikaPost.com
Selasa, November 23 | 17.00 WIB
Empat kawan pencopet asal Jakarta yang dibekuk polisi usai beraksi di kawasan Mandalika, Lombok, NTB.

MANDALIKAPOST.com - Banyaknya pengunjung dalam perhelatan balap internasional World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021, dimanfaatkan komplotan pencopet dari Jakarta untuk melakukan aksi kejahatannya.


Tim Puma Polda NTB dan Polres Lombok Tengah dan Polres Lombok Barat berhasil meringkus empat kawanan pencopet ini. Tiga di antaranya adalah wanita, ibu rumah tangga.


Empat pelaku itu antara lain pria berinisial DC (45), wanita berinisial DA (24), wanita berinisial L (41) dan wanita berinisial AW (34). Dari identitas para pelaku diketahui keempatnya merupakan warga Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. 


Selama beraksi mereka berhasil mencopet sejumlah hanphone dan dompet milik pengunjung WSBK di kawasan Mandalika.


"Komplotan ini beraksi saat perhelatan WSBK Mandalika 19 - 21 November. Tim Puma berhasil meringkus pada Minggu 21 November. Dari identitas mereka, semuanya warga Jakarta," kata Dirreskrimum Polda NTB, Kombes Pol Hari Brata, Selasa 23 November 2021 di Mataram.


Hari Brata menjelaskan, kasus ini terungkap setelah pihak kepolisian menerima laporan kehilangan handphone dari dua orang pengunjung WSBK Mandalika, I Wayan Manik Kurniati warga Mataram, dan Budiono warga Surabaya.


Para korban kehilangan handphone saat mengantri membeli makanan di stand kuliner WSBK Mandalika.


"Antriannya berdesakan, dan setelah keluar stand makanan itu korban menyadari handphone miliknya hilang," ujar Hari Brata.


Berdasarkan laporan itu, Tim Puma Polda NTB dan Polres Lombok Tengah kemudian melakukan penyelidikan. Tak butuh waktu lama, Minggu sore 21 November tim berhasil meringkus DC yang masih berada di kawasan Mandalika.


Selanjutnya tim melakukan pengembangan terhadap barang-barang hasil kejahatan yang sudah dilakukan di area sirkuit Mandalika dan diperoleh BB Handphone milik para korban. 


Setelah diperiksa, DC pun buka mulut. Dia tidak sendirian dalam aksinya. Polisi kemudian memburu rekan DC lainnya yang ternyata tiga wanita.


"Tiga pelaku wanita berhasil ditangkap di sekitar Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, saat hendak menyeberang ke Bali," katanya.


Dari tangan para pelaku, polisi berhasil menyita sebuah HP Iphone 11 Pro max Gold, sebuah Hp samsung M51, sebuah Hp samsung S10, sebuah HP realmi C17, dan sebuah dompet hasil kejahatan para pelaku..


Saat ini empat pelaku copet ini sudah diamankan di Polda NTB untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.


Hari Brata mengatakan, pihak kepolisian masih mengembangkan kasus ini untuk menelusuri kemungkinan adanya jaringan pelaku yang lainnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beraksi di WSBK Mandalika, Komplotan Copet Jakarta Dibekuk Polisi, Tiga Diantaranya Wanita

Trending Now

Iklan