Jelang WSBK, Kapolda NTB Berharap Masyarakat Jaga Keramahan

MandalikaPost.com
Senin, November 15, 2021 | 14.22 WIB
Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal.

MANDALIKAPOST.com - Event balap internasional World Superbike (WSBK) yang bakal dihelat di Sirkuit Mandalika 19-21 November 2021, dinilai menjadi momentum untuk kebangkitan perekonomian di NTB lebih maju lagi.


"Tidak hanya event WSBK dan MotorGP yang bisa menghasilkan peningkatan perekonomian di NTB. Tetapi dengan adanya Sirkuit Mandalika bisa membuka peluang pengembangan industri sektor energi baru dan terbarukan di NTB. Ini momentum membangkitkan perekonomian di NTB," kata Kepala Dinas PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah, saat mewakili Gubernur NTB memberikan sambutan dalam diskusi publik bertema "WSBK di Depan Mata, NTB dapat Apa?", yang  diselenggarakan Pojok NTB bersama Himpunan Mahasiswa Nahdlathul Wathan (Himmah NW), Senin 15 November 2021, di Aston Inn Hotel, Kota Mataram.


Kegiatan yang dirangkai dengan peringatan Hari Pahlawan tersebut dihadiri Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal, Kabinda NTB, Wahyudi Adi Siswanto, Kadis PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah, serta perwakilan para pihak terkait, tokoh masyarakat, tokoh adat, kelompok pemuda mahasiswa, aktivis, dan pegiat media massa.


Kadis PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah.

Ridwan Syah mengatakan, diresmikannya Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo menjadi momentum membangkitkan perekonomian di NTB.


Ada cukup banyak benefit yang bisa dirasakan NTB dari keberadaan Sirkuit Mandalika dan event-eventsport tourism yang digelar disana.


Menurutnya, di sektor pariwisata, keuntungan langsung event WSBK dan MotoGP adalah melimpahnya kunjungan wisatawan yang ramai berdatangan ke Lombok untuk menonton. Namun di sisi lain, banyak juga peluang industri yang bisa juga dikembangkan nantinya.


"Akan ada juga peluang industri otomotif seperti pembuatan Suku Cadang, Asesoris dan Motor Listrik," katanya.


Ia mengatakan, Pemprov NTB sangat optimistis Sirkuit Mandalika bisa menjdi trigger pembangunan daerah ini semakin maju ke depan.


Sementara itu, Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, terpilihnya Mandalika sebagai lokasi event WSBK Mandalika yang sudah di depan mata, dan MotoGP 2022 mendatang harus menjadi kebanggaan yang dijaga bersama, termasuk oleh seluruh masyarakat NTB.


"Sebab untuk terpilih menjadi lokasi, dan menjadi tuan rumah untuk WSBK dan MotoGP ini tidak mudah, tetapi kita bersyukur dunia memilih NTB," katanya. 


Irjen Iqbal berharap, masyarakat bisa tetap menjaga keamanan dan ketertiban, kondusivitas daerah, juga menebarkan keramahan sebagai tuan rumah yang baik.


Menurutnya, dari sisi ekonomi keberadaan sirkuit Mandalika dan event-event dunia yang digelar disana, akan membawa dampak sangat baik bagi NTB.


Menjelang WSBK Mandalika saja, data okupansi hotel di Lombok mengalami trend meningkat.


"Saat ini terlihat sudah 70 persen (okupansi hotel) terisi. Belum lagi masuk tanggal 19 sampai 21 November dipastikan semuanya full ditempati para pengunjung dan penonton WSBK. Artinya peningkatan perekonomian NTB sudah mulai terlihat," katanya.


Berkaitan dengan Hari Pahlawan, Kabinda NTB, Wahyudi Adi Siswanto mengatakan, peresmian Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo turut mempromosikan nilai-nilai Pancasila ke dunia internasional.


"Ke dalam (daerah) ada aspek keadilan sosial, sementara ke dunia internasional, kita bisa tunjukan bahwa kita bisa menyelesaikan masalah-masalah di kawasan Mandalika dengan cepat dan tuntas," katanya.


Sementara itu, Direktur Pojok NTB, M Fihiruddin mengatakan, diskusi publik tersebut digelar dalam rangka memperingati hari Pahlawan Nasional.


Tema WSBK diangkat karena saat ini Sirkuit Mandalika sedang ramai dibicarakan publik dunia.


Ia mengapresiasi Pemprov NTB, Polda NTB, Korem 162 WB, dan semua pihak yang sudah mempersiapakan Sirkuit Mandalika dan event WSBK ini. Terutama dari sisi kegiatan persebaran vaksinasi yang sudah sangat masif dan berhasil, serta dari sisi keamanan.


"Kami mengapresiasi Pemda NTB, TNI dan Polri sudah sama-sama berjuang menjemput event WSBK di Mandalika Lombok," katanya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang WSBK, Kapolda NTB Berharap Masyarakat Jaga Keramahan

Trending Now