Iklan BNS

Kawal Pemulihan Pasca Bencana, Polres Lombok Barat Siagakan Puluhan Personil

Abdul Rahim
Jumat, Desember 10 | 19.37 WIB
Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK. 

MANDALIKAPOST.com - Polres Lombok Barat menyiagakan sekitar 70 personil di lokasi terdampak bencana banjir di wilayah Gunungsari dan Batulayar. Selain itu, dapur umum juga terus disiagakan di beberapa lokasi untuk memastikan kebutuhan warga terdampak bisa terpenuhi.


Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK menjelaskan, setidaknya 70 personil Polres Lombok Barat disiagakan, dan tersebar di beberapa titik.


"Anggota kita siaga di Posko Pengungsian 70 orang, terbagi di beberapa titik salah satunya di lokasi pengungsian, membantu proses pembersihan dan di bagian bawah membantu mengatur lalu lintas," kata Kapolres Wirasto, Jumat 10 Desember 2021, saat meninjau lokasi pengungsian di Batulayar, Lombok Barat.


Wirasto mengatakan, pada prinsipnya Polres Lombok Barat siap membantu Pemda dalam pemulihan atau recovery pasca bencana banjir dan longsor tersebut.


"Kita akan kawal proses pemulihan atau recovery pasca bencana ini sampai kondisi bisa pulih dan masyarakat bisa kembali ke rumah dan beraktivitas. Kita kawal sampai selesai," katanya.


Ia mengatakan, untuk keperluan warga terdampak, dapur umum juga didirikan. Masing-masing dari Polres Lombok Barat yang menyediakan 200 bungkus makanan dan dari Brimob yang juga menyediakan 200 bungkus makanan siap saji.


Ia mengatakan, untuk penyerahan bantuan dari pihak yang peduli ke warga terdampak, juga dilakukan antisipasi agar tak terjadi kerumunan.


"Karena situasi masih pandemi, sehingga bantuan dan sumbangan dari masyarakat yang sangat peduli dengan kondisi di Batulayar ini kita tetap antisipasi agar tidak terjadi kerumunan," katanya.


Aparat kepolisian berkoordinasi dengan Kepala Dusun dan Desa setempat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.


"Sehingga terkait bantuan bantuan ini kita bungkus, kemudian kita bagikan kepada masyarakat sehingga harapannya masyarakat itu tidak datang sambil berkerumun. Agar tidak menimbulkan nanti cluster terbaru Covid-19," ujarnya.


Aparat gabungan TNI-Polri membantu membersihkan sisa banjir di Batulayar, Lombok Barat.

Seperti diketahui, anggota Polres Lombok Barat bersama TNI dan stakeholders terkait lainnya juga membantu warga yang mengungsi, serta yang terdampak dan melakukan kegiatan Baksos berupa pembersihan lokasi yang terdampak banjir longsor.


Dalam kegiatan pembersihan ini, Kapolres Lombok Barat Polda NTB, AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK turun langsung di lapangan bersama Personel dan masyarakat setempat, pada Kamis 9 Desember 2021.


Kapolres mengatakan pembersihan dilakukan terhadap rumah-rumah warga, masjid, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya.


"Melakukan pembersihan sisa luapan banjir yang terjadi, dimana dari dampak banjir ini, menyisakan material lumpur, ranting dan pohon," ungkapnya.


Sehingga sejumlah personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat diterjunkan, melakukan pembersihan bersama Masyarakat, hingga menurunkan alat berat.


Adapun personel gabungan yang diterjunkan antara lain sebanyak 104 Personel Polres Lombok Barat, Gabungan Sat Pol PP Lobar, Dinas Perhubungan Lobar, Dinas kebakaran sebanyak 65 orang.


Selain itu, dari personel Sat Brimob Polda NTB diterjunkan sebanyak 50 orang, gabungan Dit Samapta dan Dit Polair Polda NTB sebanyak 53 personel, dan personel TNI sebanyak 50 orang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kawal Pemulihan Pasca Bencana, Polres Lombok Barat Siagakan Puluhan Personil

Trending Now

Iklan