Polda NTB Turunkan Tim Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

MandalikaPost.com
Senin, Desember 06, 2021 | 15.12 WIB

Tim Polda NTB mengevakuasi wanita dan anak-anak menggunakan perahu karet, saat banjir melanda kawasan BTN Bhayangkara, Gunungsari, Lombok Barat. (FOTO: Ditreskrim Umum Polda NTB)

MANDALIKAPOST.com - Jajaran Polda NTB menurunkan tim membantu proses evakuasi warga terdampak banjir, Senin 6 Desember 2021, di Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.


Curah hujan ekstrim terjadi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat 6 Desember 2021, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.


Proses evakuasi lansia saat banjir terjadi di Gunungsari, Lombok Barat.

Dibeberapa lokasi ketinggian air mencapai 2 meter, bahkan hampir mencapai atap rumah warga.


Menurut keterangan warga sekitar, air mulai masuk ke perumahan warga pada pagi hari sekitar pukul 7.00 WITA.


Mengetahui hal itu Polda NTB mengerahkan seluruh kekuatannya untuk membantu warga yang terdampak Banjir di Gunung Sari dan di Batulayar.


Irwasda Polda NTB Kombes Pol Djoko Hari Utomo dilokasi banjir mengatakan, mulai pagi hari pihaknya langsung terjun kelapangan untuk membantu warga.


"Atas perintah Kapolda, segenap personel Polda NTB dan Polres Kota Mataram dan Lobar, mulai pagi hari langsung menuju ketitik-titik banjir yang ada di Gunung Sari dan di Batulayar, terutama dilokasi yang tergolong parah," jelasnya saat meninjau lokasi banjir di Desa Meninting, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.


Dijelaskan, lokasi banjir yang cukup parah diakibatkan hujan deras mulai Minggu kemarin, berada di Kecamatan Gunung Sari dan Kecamatan Batu Layar.


Untuk di Kecamatan Gunungsari, terparah ada di BTN Bhayangkara Residen, Desa Ranjok. Ditempat itu ketinggian air mencapai 2 meter dan hampir mencapai atap rumah warga.


"di Ranjok tadi banjir hampir mencapai atap rumah warga, kemudian ditempat lain juga terlihat air mencapai 1 meter lebih, disamping itu air yang cukup deras mengalir kehilir cukup deras dibeberapa lokasi," jelasnya.


Untuk itu, anggota Polda NTB dan Polresta serta Polres Lobar, menyebar keseluruh titik banjir yang ada di Kecamatan Gunungsari dan kecamatan Batulayar.


Smua personel dikerahkan, mulai dari Brimob, Dit Polairud, Ditsamapta, Ditsabhara, Ditbinmas, Biro Log, Polwan, Ditlantas, termasuk juga personel yang ada di Polresta Mataram, dan Lobar semua turun.


Sampai dengan berita ini diterbitkan jumlah koraban belum teridentifikasi dengan jelas, karena masih dilakukan pendataan dan pemantuan.


"sampai sekarang korban belum ada kami terima informasi, mudah mudahan pada musibah ini tidak ada korban jiwa," ucapnya.


Selain membantu mengevakuasi warga, penanganan yang dilakukan Polda NTB untuk korban Banjir di Gunung Sari dan  Batulayar, pihaknya membuat dapur-dapur umum serta menyiapkan logistik untuk melayani konsumsi warga, yang mengungsi maupun petugas yang melakukan evakuasi.


Sementara itu pihaknya telah memerintahkan semua anggotanya baik yang ada di Polres maupun Polsek yang lain untuk tetap siaga, sekiranya ada kejadian serupa ditempat lain.


"Kami sudah mengimbau seluruh anggota baik yang ada di Polres maupun Polsek untuk bersiaga sekiranya miusibah serupa terjadi ditempat lain," katanya.


Stasiun Klimatologi BMKG Mataram menyebutkan, beberapa kejadian curah hujan tinggi dan esktrem terjadi di sekitar wilayah NTB pada tanggal 6 Desember 2021.


BACA JUGA : Curah Hujan Ekstrim Picu Banjir di Sejumlah Wilayah di Lombok


Hujan mengguyur secara merata di seluruh wilayah NTB dengan beberapa wilayah mengalami curah hujan tinggi hingga ekstrem.


Anggota Polda NTB menyelamatkan sepeda motor warga terdampak banjir di Gunungsari, Lombok Barat.

Data BMKG menyebutkan, Wilayah Cakranegara, Gunungsari, Majeluk, Labuapi , dan Pemenang Timur di bagian barat Lombok serta wilayah Sanggar di Pulau Sumbawa mengalami curah hujan lebih dari 100 mm per hari yang dapat menjadi salah satu penyebab bencana hidrometeorologis.


Sejumlah lokasi terdampak banjir cukup parah antara lain perumahan BTN Bhayangkara di Gunungsari Lombok Barat, Perumahan Pondok Indah, Sesela, Gunungsari Lombok Barat.


Anggota Polda NTB menggendong anak warga terdampak banjir di Gunungsari, Lombok Barat.

Bersama Basarnas Mataram dan BPBD NTB, jajaran Polda NTB melakukan proses evakuasi warga terdampak.


Anggota Polda NTB menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Gunungsari, Lombok Barat. 

Tiga lokasi prioritas evakuasi di wilayah Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat antara lain di perumahan Pondok Indah, BTN Bhayangkara dan Ponpes Nabi Nubu.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polda NTB Turunkan Tim Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Trending Now