Iklan BNS

Bandara Jangan Ruwet Hingga Warung Makan, 5 Hal ini Ditekankan Presiden Jokowi Jelang MotoGP Mandalika

MandalikaPost.com
Kamis, Januari 13 | 23.58 WIB
Presiden RI Ir H Joko Widodo di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

MANDALIKAPOST.com - Kesiapan gelaran MotoGP Mandalika menjadi perhatian serius Presiden RI Joko Widodo.


Dalam kunjungannya ke Mandalika, Lombok, Kamis 13 Januari 2022, Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan MotoGP 2022 Mandalika betul-betul siap, dan MotoGP harus terlaksana dengan baik.


"Saya ingin pastikan pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika betul-betul harus terlaksana dengan baik, tanpa ada isu-isu yang tidak baik. Karena tinggal 1 bulan lagi persiapan Pra Musim 11 -13 Februari dan 2 bulan untuk MotoGP Series 18 - 20 Maret, sehingga betul-betul kita kejar - kejaran dengan waktu," ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kuta, Mandalika, Lombok Tengah.


Berikut ini 5 hal yang ditekankan Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Lombok jelang MotoGP Mandalika :


1. Bandara Jangan Ruwet


Presiden Jokowi meminta pelayanan di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) agar lebih mudah dan cepat, terutama saat menerima kedatangan penonton MotoGP.


Layanan yang cepat, namun tetap profesional dan menerapkan standar protokol kesehatan.


"Ingin saya katakan lagi, kesiapan layanan Bandar Udara Internasional Lombok sebagai pintu masuk pembalap official dan penonton. Pastikan penerimaan kita tidak ruwet, semuanya bisa serba cepat, tetapi kepastian harus aman dari Covid-19," tukas Presiden Jokowi.


Jokowi meminta agar kelancaran layanan selama di Bandara mulai dari Imigrasi, Beacukai dan Kesehatan, semua dilakukan secara profesional dengan kecepatan yang cepat.


2. Kesiapan Moda Transportasi 


Kesiapan moda transportasi dari Bandara menuju Mandalika harus dipastikan tersedia sesuai kebutuhan. 


"Moda transportasi dari Bandara atau dari Mataram menuju Mandalika harus betul-betul terhitung sesuai kebutuhan. Kita mengelola 63 ribu (penonton) tidak mudah. Itu belum dari luar, masyarakat kita yang ingin datang. MotoGP penggemarnya banyak, di Indonesia penggemarnya bahkan sangat banyak," kata Presiden Jokowi.


3. Percantik Wajah Mandalika


Pembenahan landscape dari bypass BIZAM - Mandalika, penataan jalan dan penghijauan yang diperkirakan akan selsai di akhir Februari mendatang menjadi atensi Presiden Jokowi.


Presdien Jokowi juga meminta penataan pemukiman dan homestay serta kios penjualan souvenir di kawasan lingkar Mandalika bisa dipercantik.


"Penataan pemukiman, homestay, warung souvenir dan makanan semua agar bisa diuprade. Sehingga wajah Mandalika betul-betul  berubah saat MotoGP (digelar)," katanya.


4. Fasilitas Sirkuit dan Kelistrikan


Presiden Jokowi menekankan agar pembangunan tribun penonton untuk MotoGP Mandalika 2022 bisa segera dilakukan.


"Pembangunan tribun penonton segera bisa dimulai. Segera mungkin lebih baik. Pengaspalan kembali sirkuit kalau memang dibutuhkan, harus segera dilakukan," katanya.


Jokowi juga meminta agar kesiapan kelistrikan di sikuit benar-benar andal saat gelaran MotoGP nanti.


"Cek betul kesiapan kebutuhan listrik," katanya.


5. Restoran dan Warung Makan


Kesiapan fasilitas penunjang sepert hotel maupun homestay, restauran dan warung makan harus benar-benar diperhatikan menjelang dan saat gelaran MotoGP mendatang.


"(Ini harus) hati hati. Kemarin waktu Superbike (WSBK) ada masalah yang berkaitan dengan makan, dengan warung makan dan dan restauran yang kurang. Ini tolong dipastikan," katanya. 


Presiden Jokowi meminta agar fasilitas penjualan souvenir UMKM juga tersedia dengan baik, yang melibatkan perajin dari NTB dan Provinsi lain. 


"Termasuk juga promosi destinasi wisata, destinasi mana saja yang bisa dikunjungi setelah dan sebelum MotoGP," katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bandara Jangan Ruwet Hingga Warung Makan, 5 Hal ini Ditekankan Presiden Jokowi Jelang MotoGP Mandalika

Trending Now

Iklan