Iklan BNS

Tanaman di Bypass BIL-Mandalika Sering Hilang, LHK Lakukan Pengawasan Ketat

Ariyati Astini
Kamis, Januari 6 | 18.22 WIB


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK)Provinsi NTB Madani Mukarom



MATARAM- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Madani Mukarom mengaku resah. Pasalnya tanaman penghias yang ditanam di sepanjang jalan mulai dari BIZAM menuju ke Bypass BIL- Mandalika banyak yang rusak dan hilang meskipun sudah berkali- kali dilakukan penanaman kembali.


Dikatakan Madani, Setidaknya ada 1.200 pohon yang sudah ditanam dan hampir 60 persennya  dicabut dan hilang di Bypass sepanjang 17,3 Km tersebut. "Memang pohon di sana yang kita tanam yakni ketapang kencana dan tanaman tebebuya yang harganya cukup mahal, sebagian dicabut orang mulai dari BIZAM menuju jalur KEK Mandalika, hampir 60 persen tanamannya hilang" ujarnya usai mengikuti Rapat dengan Gubernur pada Kamis (6/1/2022) .


Menurut Madani, semua tanaman penghias  ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi  melalui Dinas LHK dengan perbankan yanga ada di NTB.


"Inikan kita libatkan Bank yang ada di NTB. Nah karena sering hilang kita bagi sama- sama satu kilo untuk perawatan tanaman, kita juga minta kepada Balai Jalan Nasional untuk memantau karena itu kewenangan Balai Jalan untuk mengawasi" terangnya


Mengingat pada Rabu depan Presiden Jokowi direncanakan akan berkunjung ke Lombok Khususnya KEK Mandalika untuk meninjau kesiapan menjelang MotoGP, sehingga tanaman dari bandara menuju KEK harus sudah ditaman kembali.


"Kita sudah suruh cek, minggu ini sudah harus selesai untuk persiapannya. Masalahnya keamanan harus diawasi dengan ketat sampai Presiden datang. Semua desa masing-masing kita libatkan. Kita harapkan warga tidak lagi mengambil dan merusak tanaman bunga di median jalan tersebut"pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tanaman di Bypass BIL-Mandalika Sering Hilang, LHK Lakukan Pengawasan Ketat

Trending Now

Iklan