Iklan BNS

ITDC Group Lanjutkan Persiapan Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022

Ariyati Astini
Selasa, Februari 15, 2022 | 19.08 WIB
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika ( Sircuit Pertamina Mandalika /ist)



LOMBOK TENGAH – Usai berakhirnya MotoGP Official Test, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang The Mandalika, dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari ITDC Group, fokus mempersiapkan event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. 

Persiapan yang dilakukan antara lain sisi sirkuit, fasilitas pendukung, akomodasi dan teknis penyelenggaraan. ITDC Group akan melakukan pembenahan dan penyempurnaan main track untuk memastikan kondisi lintasan sesuai standar safety yang ditetapkan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). 

Guna memastikan kondisi lintasan dalam kondisi bersih saat race pada Maret mendatang, ITDC Group juga akan melakukan pembersihan menggunakan kendaraan pembersih track “Track Jet Truck” yang memiliki penyemprot air bertekanan tinggi dilengkapi rotating brush untuk memasuki lintasan dan membersihkan area-area tertentu, dibantu dengan crew maintenance. Tidak menutup kemungkinan ITDC Group juga akan menambah kebutuhan alat untuk membersihkan lintasan sirkuit.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyatakan, Pihaknya telah berkoordinasi dengan FIM terkait kebutuhan sejumlah pembenahan dan penyempurnaan di main track sirkuit. Dan FIM telah menerima rencana kerja kami dalam peningkatan kualitas sirkuit tersebut. 

"Kami bersama kontraktor utama kami PT Pembangunan Perumahan Tbk serta Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), akan bekerja keras untuk memenuhi tenggat yang ditetapkan oleh FIM dan kami optimistis dapat selesai tepat waktu. Kami berharap komitmen kami untuk menjaga kondisi dan meningkatkan kualitas lintasan Pertamina Mandalika Circuit ini dapat memberikan race experience terbaik bagi para riders dan penonton saat balapan digelar nanti.”ujarnya


Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, telah melakukan diskusi dengan pihak Dorna Sport dan FIM terkait sejumlah catatan atas penyelenggaraan Official Test . " Kami berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan berdasarkan catatan tersebut dan memastikan persiapan baik dari sisi sirkuit, fasilitas pendukung, hingga kualitas penyelenggaraan event Pertamina Grand Prix of Indonesia dapat memenuhi syarat dan sesuai standar yang diharapkan”.

ITDC Segera Selesaikan Fasilitas Pendukung Lainnya Khususnya Fasilitas untuk Penonton, Terkait persiapan fasilitas pendukung, saat ini ITDC akan membenahi sejumlah fasilitas penting seperti Race Control dan bangunan-bangunan kantor untuk operasional Grand Prix agar nanti siap digunakan. ITDC juga tengah menyiapkan tribun penonton antara lain, Hospitality Suites VIP Village, tribun Grand-stand dan Royal Box. Royal Box atau kategori VIP Premiere Class merupakan kelas tertinggi untuk menonton yang akan dipersiapkan khusus untuk jajaran VIP seperti Presiden RI, Para Menteri, VIP Swasta dan Sponsor.

Sementara, VIP Village merupakan tempat eksklusif berkapasitas hingga 2.400 orang yang disediakan bagi penonton dari kategori Hospitality Suites. VIP Village ini memiliki sejumlah kelebihan antara lain parkir VIP eksklusif, ruangan ber-AC, open bar, F&B dan grandstand eksklusif.

Di tengah Sirkuit juga sedang ada pekerjaan pembuatan Grandstand yang ditargetkan selesai pada bulan Maret minggu kedua dengan total 50 ribu tempat duduk. Tempat duduk untuk tribun yang disiapkan ini diimpor langsung dari luar negeri yaitu dari Jepang, Perancis dan sisanya dari China. ITDC Group memastikan bahwa seluruh fasilitas pendukung sirkuit ini akan siap digunakan saat race MotoGP Maret mendatang.

Bersama Kementerian PUPR Kebut Infrastruktur Penunjang Transportasi Menuju Sirkuit . Saat ini, Kementerian PUPR tengah melakukan sejumlah pekerjaan pembangunan di depan Sirkuit yaitu beautifikasi dan pembangunan jalan ruas Kuta – Ruak hingga di depan SPBU Mandalika. Jalan dari Simpang Sunggung-Sirkuit juga mendapat perbaikan dan beautifikasi karena sebagian besar alur kedatangan, termasuk Pembalap, Logistik dan Penonton, akan menggunakan jalan bypass sampai simpang Sunggung untuk menuju ke Sirkuit.

“Selama tiga hari penyelenggaraan MotoGP akan sangat sibuk, baik itu flow of traffic ataupun flow of travel. Diperkirakan ada sekitar 180 ribu penonton dalam tiga hari, sehingga benar-benar perlu dipersiapkan infrastruktur penunjang transportasi maupun manajemen lalu lintas yang bagus sehingga alur penoton, pembalap, logistik tim beserta kru dapat berjalan dengan lancar,” terang Abdulbar M. Mansoer.

Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan Selama Event Berlangsung Terkait teknis penyelenggaraan, ITDC akan fokus untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dalam rangka mempersiapkan sistem travel bubble dan SOP protokol kesehatan saat event berlangsung guna menekan potensi penyebaran covid-19.

Selain itu ITDC juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan alur penonton guna mengantisipasi kehadiran penonton dalam jumlah besar yang berasal dari sejumlah titik di Pulau Lombok.

Official Test Selesai, Dorna Sport Apresiasi Pertamina Mandalika Sirkuit Pelaksanaan Official Test yang berlangsung pada Jumat hingga Minggu (11-13 Februari 2022) berjalan dengan baik. Dengan berjalannya waktu, para pembalap mulai mengenal karakteristik sirkuit dan setingan motor yang mereka kendarai sehingga dapat memaksimalkan kendaraan mereka saat melaju di lintasan. Tercatat, pada Jumat sore kecepatan para pembalap MotoGP semakin cepat dan lintasan ditutup dengan kecepatan mencapai 314km/jam atau berada dalam standar kecepatan MotoGP. Bahkan rekor baru fastest lap Pertamina Mandalika Circuit tercipta oleh pembalap Repsol Honda Pol Espargaro dengan catatan 1 menit 31,060 detik.

Terlepas dari masih ada beberapa catatan, kualitas Pertamina Mandalika Circuit mendapat apresiasi dari pihak Dorna Sport. Tim balap maupun pembalap sendiri. Pihak promotor MotoGP melalui akun mediasosial resminya menyebut Pertamina Mandalika Circuit masuk dalam kategori salah satu sirkuit terindah di dunia. Sementara para pembalap menyukai design track kita yang menantang dan berada di lokasi yang indah. Secara umum, seluruh tim balap dan pembalap sangat menyukai keindahan Lombok dan Indonesia serta sangat menikmati balapan di The Mandalika.

Abdulbar M. Mansoer menyatakan, Bersyukur pelaksanaan MotoGP Official Test minggu lalu dapat berjalan dengan lancar. "Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga MotoGP Official Test dapat berjalan dengan baik. Official Test ini menjadi bagian evaluasi dan pelajaran berharga bagi kami sebagai pengelola sirkuit baru dalam mempersiapkan berbagai aspek penyelenggaraan seri ke 2 MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika Circuit pada Maret mendatang.”pungkasnya

“Dengan seluruh langkah persiapan dan pembenahan yang kami lakukan ini, kami optimistis pelaksanaan race MotoGP Maret mendatang dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Mohon doa dan dukungannya agar kami dapat mewujudkan impian selama 25 tahun untuk menyaksikan sebuah event bersejarah balap motor tanah air yaitu MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit,” tutup Abdulbar.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ITDC Group Lanjutkan Persiapan Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022

Trending Now

Iklan