PPAKN NTB Segera Gelar Kontes Ayam Laga Perdana di Lombok, Saksikan Keseruannya !!

MandalikaPost.com
Jumat, Februari 04, 2022 | 17.57 WIB
Jajaran PPAKN NTB bersama Gubernur Dr H Zulkieflimansyah, dalam sebuah kesempatan bertemu. (FOTO: Dok. Istimewa)

MANDALIKAPOST.com - Komunitas Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) Perwakilan Provinsi NTB akan menggelar Kontes Ayam Laga pada 19-20 Februari, di Lombok Epicentrum Mall, Kota Mataram.


Tak sekadar melestarikan budaya, tanpa unsur perjudian, Kontes Ayam Laga yang pertama kali digelar di Lombok, NTB ini juga dinilai bisa menjadi event tontonan untuk mendukung sektor kepariwisataan di daerah ini.


Ketua PPAKN NTB, Hendri Damanik menjelaskan, kontes ayam laga yang diinisiasi PPAKN ini bertujuan melestarikan tradisi budaya, sekaligus mengurangi stigma buruk tentang ayam laga.


Karena itu, kontes ayam seperti ini dilaksanakan 100 persen tanpa perjudian.


BACA JUGA : PPKAN NTB akan Adakan Kontes Ayam Aduan, Ini Kata Gubernur Zulkieflimansyah


Kontes sendiri akan diatur seperti olahraga tinju. Di mana setiap laga diturunkan dalam masing-masing ronde berdurasi 20 menit.


"Kontes akan digelar 19-20 Februari di Lombok Epicentrum Mall. Jadi seperti tinju, ada ronde-rondenya, ada juri, dan kaki ayam pun diberi alat pelindung. Dan yang pasti, kontes ini 100 persen tidak ada unsur perjudiannya," kata Hendri Damanik, Jumat 4 Februari kepada Mandalika Post di Mataram.



Ia menjelaskan, Kontes Ayam Laga akan dibagi dalam empat kelas. Terdiri dari Kelas Premium, Kelas Superior, Kelas Bima, dan Kelas Mandalika.


Untuk Kelas Premium dan Kelas Superior diatur sebanyak 3 ronde, dan Kelas Bima serta Kelas Mandalika sebanyak 5 ronde.


Hadiah tak tanggung-tanggung. Selain piala dan piagam, Kontes Ayam Laga ini menyediakan hadiah utama mulai dari alat elektronik, emas batangan, hingga sepeda motor sport.


"Hadiah utama untuk Kelas Mandalika disiapkan Motor Sport," katanya.


Menurutnya, sejauh ini animo masyarakat cukup besar. Bahkan, sejumlah peserta dari luar daerah NTB, seperti Sumatera, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan sudah mulai mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini.


Kontes Ayam Laga di Lombok Epicentrum Mall 19-20 Februari mendatang juga akan dilaksanakan dengan prokes yang ketat.


Peluang Event Pariwisata


Hendri mengatakan, Kontes Ayam Laga punya potensi cukup besar untuk dijadikan event pariwisata. Di beberapa daerah, Kontes serupa yang dilaksanakan PPKAN malah sudah masuk sebagai kalender pariwisata daerah.


"Peluangnya sangat bagus, kalau dilihat dari animo ya. Misalnya di Makkassar, itu event ini sudah masuk kelender event oleh Dinas Pariwisata di sana. Kami berharap di NTB, kontes ayam ini juga bisa menjadi salah satu event minat khusus yang mendukung kunjungan wisatawan," paparnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPAKN NTB Segera Gelar Kontes Ayam Laga Perdana di Lombok, Saksikan Keseruannya !!

Trending Now