Dirut PLN : NTB Epicentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru

MandalikaPost.com
Sabtu, Maret 19, 2022 | 18.48 WIB
Dirut PLN, Darmawan Prasodjo.

MANDALIKAPOST.com - PLN terus membangun infrastruktur kelistikan untuk memaksimalkan keandalan listrik di wilayah Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi NTB dinilai sebagai epicentrum pertumbuhan ekonomi baru nasional, terutama di sektor kepariwisataan.


"Sistem kelistrikan terus kita perkuat. Kita paham NTB (saat ini) jadi epicentrum titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, salah satunya perhelatan internasional MotoGP Mandalika," kata Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, Sabtu 19 Maret 2022, di sela peresmian proyek SKTT 150 kv GIS Peaker- Switching Mataram, di Gerimak, Kota Mataram.


Selain itu juga diresmikan GI 150 kV Switching Mataram, SUTT 150 kv Switching Mataram - Mataram

GI 150 kV Mataram.


Darmawan menjelaskan, penguatan sistem kelistrikan di NTB sudah diinisiasi PLN sejak 3 tahun lalu. Pertimbagannya adalah potensi NTB sebagai daerah pertumbuhan ekonomi baru.


"Ini sudah diinisiasi 3 tahun yang lalu, dan  kulmininasinya hari ini. Kita resmikan swicthing mataram, saluran kabel tegangan tinggi 150 kv, dan ada juga saluran udara 150 Kv, serta switching GI dan GI Mataram sendiri," jelasnya.


Ia menjelaskan, melihat potensi NTB sebagai epicentrum pertumbuhan ekonomi baru, maka infrastruktur yang tadinya radial satu garis, kini ditingkatkan looping dengan ring melingkar. Sehingga saat ini ketersediaan listrik bisa lebih balance, terjaga, dan transmisi kelistrikan lebih andal.


"Jadi memang saat ini kapasitas tersedia sudah melebihi kebutuhan atau demand. Tetapi kita terus tingkatkan untuk mengantisipasi lonjakan event pariwisata, perhelatan internasional, dan juga pertumbuhan investasi baru di NTB ini," tukasnya.


Sementara untuk perhelatan MotoGP Mandalika, papar Darmawan, PLNjuga sudah meningkatkan sistem kelistrikan. Fasilitas Genset dan UPS anti kedip juga sudah disediakan dengan penyulang yang semakin mantap.


"Dengan penguatan infrastruktur kelistrikan ini, kami mendukung MotoGP Mandalika sebagai pertanda pertumbuhan ekonomi baru di NTB ini," katanya.


Darmawan menyampaikan, PLN terus berkomunikasi dengan ITDC dan Dorna, serta memastikan apapun kebutuhan MotoGP Mandalika telah disiapkan dan diperkuat.


"Untuk MotoGP Mandalika semua sudah siap. InshaAllah gelaran besok aman dan lancar dari sisi kelistrikan," tegasnya.


*PLN Berikhtiar untuk Nol Karbon*


Dalam kesempatan yang sama, Dirut PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, secara nasonal saat ini PLN terus berupaya mendukung nol karbon.


"PLN sudah melaunching karbon netral 2020, sebagai ikhtiar menuju nol karbon," katanya.


Dijelaskan, saat ini emisi karbon dari aktivitas kelistrikan mencapai 240 juta ton pertahun. Jika tanpa ada intervensi dan pendekatannya hanya bisnis, maka ini akan meningkat dan melonjak menjadi 290 juta ton pertahun.


Namun PLN terus mendorong penerapan transimisi energi berbasis energi terbarukan.


"Target kita nol karbon 2060 dengan transisi energi berbasi pada energi bersih maka bisa nol karbon pada 2060," katanya.


Dalam jangka pendek ini, PLN mulai mengubah sejumlah pembangkit berbahan bakar BBM ke energi baru terbarukan seperti gas dan bateray.


Dalam kegiatan di Mataram tersebut, Darmawan Prasodjo juga didampingi GM PLN UIP Nusa Tenggara, Sudjarwo, GM PLN UIW Nusa Tenggara Barat, Direktur Mega Project dan Energi Baru. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirut PLN : NTB Epicentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru

Trending Now