PLTU FTP2 Sambelia Capai Backfeeding, PLN Kawal Iklim Investasi di NTB

MandalikaPost.com
Selasa, April 19, 2022 | 14.04 WIB

MANDALIKAPOST.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara berhasil melaksanakan proses backfeeding atau energize sistem 150 kV PLTU Lombok FTP - 2 (2x50MW). Keberhasilan ini menjadi milestone penting proses penyelesaian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lombok FTP-2 (2x50 MW) di kecamatan Sembelia Lombok Timur. 


General Manager UIP Nusa Tenggara, Wahidin menyampaikan bahwa proses backfeeding ini menandakan bawah PLTU telah menerima tegangan pertama dari sistem transmisi 150 kV sistem Lombok melalui Gardu Induk FTP2 150 kV Bay Generator Transformer unit 1, Gardu Induk Lombok FTP-2 (Sambelia) dilakukan dengan memanfaatkan tegangan tinggi yang ditransmisikan dari sistem tegangan tinggi pulau Lombok, kemudian di salurkan sampai dengan dengan sistem medium voltage (MV) 11 kV, 6.3 kV dan low voltage (LV) 400 Volt sisi pembangkit PLTU Lombok FTP-2 (2x50MW).


“capaian ini menjadi sangat penting dan krusial untuk menyelesaikan proses pengujian fungsi dari masing – masing alat (individual test) seperti elektrikal mekanikal, wiring dan proteksi, dan sebelum kami melaksanakan uji fungsi peralatan secara bersamaan” ungkap Wahidin.


Wahidin juga melanjutkan secara teknis, tahapan berikutnya setelah capaian proses saat ini adalah untuk mempersiapkan proses hydrotest, atau yang merupakan pengujian intalasi pemipaan pada sisi boiler, guna memastikan proses konstruksi yang dilakukan sesuai standar teknis yang ditetapkan.


“kami bersama tim sedang dan terus menggenjot proses penyelesaian pekerjaan pembangunan PLTU ini, dengan tantangan teknis dan nonteknisnya, kami masih optimis menyelesaiakannya first syncron tepat waktu” sambung Wahidin.


PLTU FTP2 Sembelia yang memiliki kapasitas 2x50 MW berlokasi di Desa Padakguar, Kecamatan Sembelia, Kabupaten Lombok Timur direncanakan akan menjadi salah satu pembangkit backbone atau pembangkit utama untuk menopang beban daya pada sistem kelistrik pulau Lombok. Keandalan sistem kelistrikan, dan ketercukupan daya energi listrik merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang iklim investasi di daerah. 


Provinsi NTB menargetkan realisasi investasi pada tahun 2022 sebesar 15 Triliun, dan potensi pengembangan wilayah pada sektor pariwisata dengan adanya event international pada Kawasan prirotas Mandalika khususnya dan pariwisata NTB pada umumnya, menjadikan kebutuhan energi Listrik menjadi sangat fundamental. 


“kedepan energi listrik yang dihasilkan oleh PLTU FTP2 Semebelia akan dikitim melalui sistem tegagnan tinggi (SUTT) ring pulau Lombok, melalui Gardu Induk – Gardu Induk yang telah dibangun, sehingga pemanfaatan energi listrik kedepan akan mampu menopang dan mendorong kegiatan ekonomi daerah” sambungnya


“untuk target singkron sistem tegangan PLTU ini kami targetkan pada bulan oktober, sehingga pemanfaatan energi listrik dari pembangkit yang ada di semebelia ini dapat di nikmati khususnya untuk menyambut gelaran WSBK tahun 2022” tutup Wahidin. 



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PLTU FTP2 Sambelia Capai Backfeeding, PLN Kawal Iklim Investasi di NTB

Trending Now