Iklan BNS

Keindahan Taman Bunga Merah jadi Magnet Kunjungan di Sembalun

Rosyidin
Senin, Mei 09, 2022 | 14.18 WIB

 

Pengunjung menikmati pesona keindahan taman bunga merah di Sembalun, Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - Objek wisata di wilayah Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). memiliki banyak destinasi wisata yang mempesona mulai diserbu warga setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah atau pada libur Lebaran 2022.


Berdasarkan pantauan media ini, sejak H+1 pasca Lebaran arus lalu lintas menuju puncak Sembalun terlihat ramai tapi tidak ada kemacetan kendaraan yang terjadi. Pengunjung mulai berdatangan sekitar pukul 10.30 Wita siang ini hingga pukul 17.00 Wita.


Terlihat para pengunjung datang bersama keluarga dan kerabatnya menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil untuk menikmati keindahan pemandangan alam Sembalun. Mereka berkunjung, baik untuk sekedar menikmati kopi khas Sembalun, berswafoto, petik setrowbery dan naik bukit.


Beberapa objek destinasi wisata di wilayah itu adalah, Rest Area Taman Wisata Pusuk Sembalun, petik strowbery, swafoto di taman bunga merah ditengah sawah, bukit Selong, Wisatani Garden dan masih banyak lagi yang lainnya.


Selain itu, warga juga memilih liburan dengan naik Bukit Dandaun, Bukit Pergasingan, bukit Selama, bukit Manggis dan tak terkecuali gunung Rinjani untuk camping bersama keluarga maupun sahabatnya.


Bukan hanya itu, beberapa wisatawan juga terlihat berdatangan sebelum H-3 lebaran. Ada sebagian yang datang untuk menginap di beberapa homestay yang ada di Desa Sembalun untuk menghabiskan liburan Lebaran.

Bahkan dalam tiga selama libur lebaran ini pengunjung tidak dapat kamar homestay maupun hotel karena semua penginapan di Wilayah tersebut full.


Ketua kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Sembalun Lawang, Setiawan Jody mengatakan. Sejak H+1 Lebaran para wisatawan dari berbagai daerah yang ada di NTB mulai berdatangan.


Diprediksi sejak hari Selasa 3 Mei 2022 hingga Minggu terahir libur lebaran 1443 Hijrah ini menembus angka tidak kurang dari 20 ribu orang.


"Per hari tidak kurang dari ribuan wisatawan berkunjung ke Sembalun, meskipun hanya sekedar singgah bwrswafoto, petik strowbery, minum kopi dan makan minum di kedai-kedai yang ada. Apa lagi yang naik ke bukit Dandaun, Bukit anak Dara, bukit Pergasingan, bukit Sempana dan Nanggi," jelasnya.


Menurut Jody sapaan akrabnya, animo warga yang liburan ke Sembalun saat ini akibat dari kebijakan pemerintah dalam dua tahun ini membatasi masyarakat untuk berwisata di destinasi wisata yang ada di Sembalun, maupun distinasi-destinasi wisata di wilayah NTB karena Covid-19.


"Maka saya tidak heran dengan lonjakan warga yang berkunjung ke Sembalun saat ini, karena sudah di perbolehkan berkunjung ke tempat-tempat wisata," ujar Jody.


"Selain itu, warga yang datang ke Sembalun itu bukan hanya semata-semata berwisata. Tapi juga ingin silaturahmi dengan keluarga dan sahabatnya. Itulah uniknya Sembalun, berwisata sambil silaturahmi," imbuhnya.


Hal senada juga dikatakan oleh Purnawirawan pengelola kedai Sawah dan sport foto taman bunga Merah. Ratata-rata pengunjung setelah lebaran ini menembus angka lima ribu lebih per-hari terutama ke tempatnya, apa lagi di obyek wisata lain di Sembalun.


"Itu yang sekedar ngopi, makan, petik strowbery dan masuk di area swafoto bunga Merah di tempat saya," kata Purnawirawan.


Lain halnya kalau di hari-hari biasa, bukan d terutama hari Sabtu dan Minggu rata-rata pengunjung sekitar seribuan orang yang berkunjung ke Sembalun.


Untuk itu Ia dan masyarakat Sembalun khusus yang bergerak dibidang pariwisata sangat bersyukur dengan kebijakan pemerintah saat ini. Dimana melonggarkan warga berkunjung ke sana family dan liburan ketempat wisata yang ada di seputaran Lombok.


“Alhamdulillah pengunjung ramai sekali pasca lebaran ini, karena selama dua tahun warga tidak dibebaskan liburan akibat Covid-19 kali ya. Sehingga animo warga liburan ke Sembalun terutama ke tempat kami meningkat derastis nyaris tidak terbendung," pungkasnya.


Wilayah Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini, memiliki banyak pesona yang excotis bisa menjadi magnet menarik kunjungan wisatawan untuk datang.



Ada beberapa obyek wisata hingga saat ini masih menjadi favorit tempat swafoto para wisatawan. Yakni, Rest Area Taman Wisata Pusuk Sembalun, Bukit Selong, Bale Adat Sembalun Lawang, petik strowbery, Gelemping dan Pemedengan desa Sajang.


Sementara itu, Atrika salah satu pengunjung dari Masbagek Lombok Timur mengaku sering sekali berkunjung ke Sembalun. Apa lagi saat ini ada sport swafoto baru di Sembalun.


"Sering sekali saya datang Ke Sembalun, sebelumnya saya pernah naik Rinjani dan beberpa bukit di Sembalun", katanya.


Apa lagi liburan kali ini, jauh hari sebelumnya sudah direncanakan bersama keluarga. Karena Sembalun menurutnya hingga saat ini masih menjadi favorit untuk dikunjungi oleh para wistawan lokal maupun domestik.


"Menurut saya sih, Sembalun itu unik selalu menawarkan sensasi yang berbeda setiap kita berkunjung. Itulah kenapa menjadi favorit bagai wisatawan karena keunikannya," ujar Atrika.


"Terlebih saat ini ada sport baru yang menjadi daya taraik ditawarkan ke pengunjung oleh para pengelola wisata yang ada di Sembalun. Yakni, sport swafoto taman bunga Merah di tengah sawah yang tiada duanya," tukasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keindahan Taman Bunga Merah jadi Magnet Kunjungan di Sembalun

Trending Now

Iklan