Iklan BNS

Transportasi Lancar, Dishub NTB Kerja Optimal Sukseskan MXGP Samota

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 26, 2022 | 17.58 WIB

Pengaturan parkir di lokasi MXGP Samota Sumbawa.


MANDALIKAPOST.com - Ribuan kendaraan tercatat masuk ke wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang event MXGP Indonesia Samota 2022 digelar 24-26 Juni 2022.


Kelancaran arus transportasi dalam event berkelas internasional ini mendapat apresiasi para penonton MXGP, terutama yang datang dari luar NTB.


"Sangat lancar ya. Kita jalur darat dari Surabaya, sampai Sumbawa aman dan lancar. Di lokasi (Sirkuit) pun lokasi parkirnya representatif," kata Hendra Wibawa (32), pecinta Motocross asal Surabaya, Jawa Timur.


Kadishub NTB, Lalu Moh Faozal.

Hendra bersama 5 rekannya sesama pegawai bank swasta, sengaja menempuh perjalanan darat dari Surabaya agar bisa melintasi destinasi wisata di Bali dan Lombok, sebelum menonton putaran final MXGP Samota, Minggu 26 Juni 2022.


Ia mengaku puas dengan MXGP Samota di Sumbawa, NTB.


Meski peningkatan jumlah kendaraan masuk ke pulau Sumbawa mencapai 300 persen, namun pantauan di lapangan, arus transportasi di Sumbawa pada hari puncak MXGP Samota berjalan lancar.


Manajeman Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) yang diterapkan berjalan baik. Sementara di lokasi MXGP Samota, kantung-kantung parkir kendaraan juga tertata rapi. Beberapa kantung untuk kendaraan roda 4, dan beberapa lainnya untuk kendaraan roda 2.


Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Moh Faozal mengatakan, kelancaran transportasi event MXGP Samota tak lepas dari sinergitas bersama pihak TNI-Polri, serta stakeholders terkait seperti pihak ASDP Kayangan - Poto Tano, dan Pemda Sumbawa.


"Kita bersinergi dan bekerja dengan optimal. Alhamdullillah arus transportasi terutama di puncak event MXGP ini aman dan lancar," kata Faozal, Minggu 26 Juni 2022.


Menurutnya, hal ini juga tak lepas dari kesadaran masyarakat terutama para penonton MXGP Samota yang bersedia mematuhi aturan-aturan MRLL yang diterapkan.


"Masyarakat juga banyak yang memilih menuju lokasi sirkuit menggunakan sepeda motor, hal ini membuat potensi kemacetan bisa ditekan seminimal mungkin," kata Faozal.


Selain itu, Dinas Perhubungan NTB juga sudah menyiapkan 30 unit shutle bus dari Terminal Sumur Payung Sumbawa dan Pelabuhan Badas yang bisa digunakan penonton menuju sirkuit Samota.


Faozal mengapresiasi semua pihak yang sudah turut mendukung kelancaran arus transportasi sepanjang MXGP Samota terselenggara 24-26 Juni 2022.


"Jumlah peningkatan kendaraan di Sumbawa akibat MXGP Samota mencapai 300 persen lebih, tetapi traffic lancar dan aman. Kami apresiasi semua pihak yang mendukung, terutama masyarakat dan para penonton yang sudah mematuhi imbauan dan aturan MRLL selama jalannya event," kata dia.


Ia berharap sukses penyelenggaran MXGP Samota 2022 bisa menjadi contoh baik bagi penyelenggaraan event-event berkelas internasional di NTB selanjutnya. Baik yang digelar di Lombok maupun di Sumbawa.   

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Transportasi Lancar, Dishub NTB Kerja Optimal Sukseskan MXGP Samota

Trending Now

Iklan