Iklan BNS

MXGP Samota Dinilai Ramah Anak dan Mendukung Pemberdayaan Perempuan

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 26, 2022 | 20.01 WIB

(Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB, Dra T Wismaningsih (Kemeja Biru) bersama jajaran saat berada di Sirkuit Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

MANDALIKAPOST.com - Gelaran event MXGP Indonesia Samota 24-26 Juni 2022 berlangsung sukses di Sirkuit Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Penyelenggaraan event internasional tersebut, juga dinilai ramah anak dan mendukung pemberdayaan perempuan di daerah ini.


"MXGP Samota ramah anak. Kami juga tidak menemukan adanya keterlibatan anak-anak dalam aktivitas kerja, selama 3 hari event berjalan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi NTB, Dra T Wismaningsih, Minggu 26 Juni 2022 di Sirkuit Samota Sumbawa.


Wisma menjelaskan, event MXGP Indonesia Samota 2022 di Sumbawa menjadi atensi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, lantaran pada event MotoGP Mandalika Lombok sebelumnya sempat ditemukan keterlibatan anak-anak bekerja.


"Waktu MotoGP Mandalika di Lombok Tengah, itu masih ditemukan anak-anak bekerja seperti penjual asongan dan sebagainya. Sehingga event MXGP Samota menjadi atensi Kementerian," katanya.


Oleh karena itu, sepanjang event berjalan 24-26 Juni, DP3AP2KB Provinsi NTB juga menurunkan tim untuk memantau event ini.


"Tapi hasil pemantauan tim kami, sepanjang event berjalan tidak ditemukan kasusnya. Ini cukup membanggakan," katanya.


Menurut Wisma, sepanjang gelaran tiga hari, MXGP Samota juga menggerakkan ekonomi masyarakat di sektor UMKM. Setidaknya 250 pelaku UMKM difasilitasi lapak di kawasan UMKM sirkuit Samota sepanjang event berjalan.


"Hal ini secara tak langsung juga mendukung pemberdayaan perempuan. Sebab sebagian besar pelaku UMKM kita adalah perempuan," katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MXGP Samota Dinilai Ramah Anak dan Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Trending Now

Iklan