Kemensos menyalurkan bantuan untuk 370 anak di kaki Gunung Rinjani Lombok

Rosyidin
Senin, Agustus 01, 2022 | 21.07 WIB

PERAYAAN: Kepala Sentra Handayani, Romal Sinaga Menyerahkan Bantuan Kemensos Kepada Camat Sembalun Serkapudin S.Sos, Secara Simbolis di Sembalun. (Foto/Rosyidin/MP)

MANDALIKAPOST.com-Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk 370 anak di kaki Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Sentra Handayani Jakarta Romal Sinaga, kepada Camat Sembalun Serkapudin S.Sos, di halaman  kantor Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Senin 1 Agustus 2022, dan disaksikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, secara telekonferensi.

"Kalian berhak berhasil, kalian berhak untuk sukses. Karena itu anak-anakku, kalian harus berhasil, harus sukses. Kalian bisa menjadi apa saja. Kalian tidak perlu merasa rendah diri. Kejar cita-cita kalian, jangan pernah merasa putus asa," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini, memotivasi anak-anak Sembalun melalui layar telekonferensi.

Sementara itu, Kepala Sentra Handayani Jakarta Romal Sinaga, mengatakan penyerahan bantuan Atensi tersebut merupakan rangkaian perayaan HAN yang dilaksanakan oleh Kemensos di seluruh pelosok negeri sejak 24 Juli hingga 1 Agustus 2022, salah satunya di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Peksos Goes to School (PGTS) di tiga sekolah, yakni SDN 01, SMPN 01, dan SMAN 01 Sembalun di wilayah setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung oleh Kemensos melalui Sentra Handayani di Jakarta. Dalam kegiatan itu, sebanyak 100 pelajar ikuti materi-materi edukasi keremajaan, bermain permainan tradisional hingga penggalian potensi.

"Selain PGTS, dilaksanakan juga kegiatan Peksos Goes to Community (PGTC) bagi 150 anak di tiga desa yakni, Desa Sembalun, Sajang, dan Bilok Petung", jelas Romal Sinaga, saat ditemui di Sembalun.

Dalam kegiatan PGTC, lanjut Romal, pekerja sosial bersama penyuluh sosial, perawat dan psikolog hadir bagi anak-anak dengan mengajak bermain permainan tradisional bakiak, gasing, bernyanyi, mewarnai dan mendengarkan dongeng (Literasi)

"Tak lupa orang tua anak-anak yang menjadi peserta kegiatan PGTC mendapatkan parenting skill seperti belajar memberikan kata-kata yang baik serta memberikan hak yang seharusnya anak dapatkan," ujarnya.

Ia mengatakan seluruh anak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan HAN 2022 memperoleh bantuan Atensi berupa pemenuhan nutrisi, doorprize, tas, dan lainnya.

Selain itu, kata Romal lebih lanjut 120 anak lainnya di tiga desa juga mendapatkan bantuan asistensi Atensi berupa pemenuhan nutrisi seperti susu, biskuit, kacang hijau, pakaian harian, seragam sekolah, kasur dan sprei dan lainnya sesuai dengan hasil asesmen kebutuhan masing-masing anak.

"Total bantuan yang disalurkan untuk 370 anak di Kecamatan Sembalun, oleh Kemensos melalui Sentra Handayani, yaitu sebesar Rp220 juta," ucap Romal.

PERYAAN: Kepala Sentra Tetpadu Pengudi Luhur Bekasi, Supardi Menyerahkan Bantuan Atensi dan Kursi Roda Secara Simbolis. (Foto/Rosyidin/MP).

Semoga dengan perayaan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini, bisa terus menambah semangat anak-anak Indonesia menjadi anak yang cerdas, berani dan ceria", imbuhnya.

Nayla, salah satu anak di Kecamatan Sembalun, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini. "Terima kasih Bu Menteri, kami anak-anak di Sembalun sudah diberikan bantuan. Semoga Ibu Sehat selalu," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Dania, anak yang beruntung mendapatkan hadiah sepeda. "Terima kasih Pak Presiden, terima kasih Bu Menteri atas sepedanya," ujarnya.

Untuk diketahui, puncak perayaan HAN di Sembalun. Dihadiri oleh Forkopimcam Sembalun dan sejumelah tamu undangan lainnya. Termasuk juga dimeriahkan oleh tari-tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak SDN 1 Sembalun. Mereka menarikan tarian Nusantara yang dibawakan dengan indah dan hitmad sehingga menambah keceriaan anak-anak dan seluruh undangan yang hadir pada saat itu.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemensos menyalurkan bantuan untuk 370 anak di kaki Gunung Rinjani Lombok

Trending Now