Iklan BNS

LKBN ANTARA Kembali Gelar Pelatihan UMKM di Kaki Gunung Rinjani

Rosyidin
Kamis, September 29, 2022 | 21.23 WIB
Humoria: Puluhan pelaku UMKM di Sembalun ikuti pelatihan UMKM secara Hybrid. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com - Perum LKBN ANTARA menggelar pelatihan keberlanjutan dengan tema "Strategi Pengolahan Produk dan Keuangan Bisnis Viral" bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di kaki Gunung Rinjani.

Giat itu diikuti sebanyak  21 orang pelaku UMKM yang ada di kaki Gunung Rinjani, peltihan dilaksanakan secara hybrid di ruang meeting room Hotel Pesona Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pelatihan kali ini beda dengan sebelumnya, dimana narasumber langsung dari Jakarta secara hybrid. Tentunya bertujuan sama agar UMKM terus maju," kata Iswahyuni, Sekretaris Perum LKBN ANTARA saat membuka pelatihan langsung dari Jakarta, Kamis (29/9/22).

Iswahyuni mengatakan, ini salah satu program dari tanggung jawab sosial dan lingkungan dari Perum LKBN ANTARA supaya berkelanjutan dengan pelatihan-pelatihan yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Sengaja kami pilih pelaku UMKM yang ada di Sembalun supaya berkelanjutan. Dan ini bentuk komitmen kami, untuk terus mendampingi masyarakat di Sembalun," terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan usaha dan produk para pelaku UMKM baik secara offline maupun online. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi UMKM untuk memiliki pelanggan tetap, sehingga usahanya terus berjalan.

"Tentunya dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM memiliki strategi pengolahan produk yang jitu berbasis keuangan bisnis viral. Artinya, pelaku UMKM bisa melihat kebutuhan pelanggan atau konsumen," ujarnya.

Antara saat ini hadir di bidang UMKM, lanjutnya merupakan dari hasil riset di wilayah Sembalun yang memiliki potensi ekonomi dan pariwisata cukup beragam.

"Salah satu wilayah yang ada di Provinsi NTB, memiliki potensi beragam yang harus dikembangkan melalui produk-produk UMKM yang ada. Selain bidang pendidikan dan lingkungan," ucapnya.

Para pelaku UMKM antusias mengikuti pemaparan strategi pengolahan produk dan keuangan bisnis viral, oleh narasumber. (Foto: Rosyidin/MP).

Sementara itu Hajrul Azmi, salah satu peserta pelatihan bersyukur dan berterima kasih kepada Perum LKBN ANTARA yang selama ini telah menyelenggarakan pelatihan UMKM di Sembalun.

"Luar biasa sekali, ilmu-ilmu yang belum kami dapatkan dari pelatihan lain banyak yang kami dapatkan dari pelatihan ini," ucapnya.

Kedepannya pelatihan seperti ini, jangan hanya lewat online. Menurutnya harus ketemu langsung dengan pemateri (Narasumber), agar bisa diskusi secara luas dan ilmunya bisa dicontoh langsung.

"Harapan kami, pelatihan bisa ditingkatkan lagi. baik itu manajemen marketing dan keuangan seperti apa, Karena itu yang menjadi kendala buat kami," harap Azmi.

Undiadi menambahkan, pelatihan seperti ini yang sangat dibutuhkan dalam rangka pengembangan produk pemasaran dan pengembangan UMKM yang sudah berusaha mereka tumbuhkan.

"Terimakasih kepada ANTARA, yang telah melaksanakan pelatihan yang kedua kalinya ditempat kami," kayanya.

Harapannya kedepan, semoga ada program lanjutan dari ANTARA untuk menindaklanjuti hasil pelatihan tersebut.

"Sehingga kedepan, kontribusi dari ANTARA terhadap UMKM terutama kami di Sembalun betul-betul kami rasakan. Dan produk-produk UMKM di Sembalun bisa difasilitasi oleh Perum LKBN ANTARA," tutupnya.

















Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LKBN ANTARA Kembali Gelar Pelatihan UMKM di Kaki Gunung Rinjani

Trending Now

Iklan