Iklan BNS

Difasilitasi BPPD NTB, Wisatawan Asing Nikmati Suasana Maulid Adat di Bayan

MandalikaPost.com
Rabu, Oktober 12, 2022 | 13.55 WIB
Wisatawan mancanegara menikmati evend budaya Mulud Adat di Desa Bayan, Lombok Utara.

MANDALIKAPOST.com - Puluhan wisatawan mancanegara yang berlibur di Gili Trawangan, merasa gembira bisa menyaksikan dan menikmati suasana perayaan Maulid Adat atau Mulud Adat, Selasa 11 Oktober 2022, di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Dari Gili Trawangan mereka difasilitasi Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, menuju Desa Bayan.


Tradisi budaya merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilakukan masyarakat adat Bayan, saat ini mulai dikemas sebagai event pariwisata NTB.


"BPPD NTB mengundang wisatawan mancanegara yang berada di Gili Trawangan untuk mengikuti even Mulud Adat di Desa Bayan. Even ini adalah agenda tahunan NTB dan pada tahun 2022 dipusatkan di Desa Adat Bayan Beleq," kata Ketua BPPD NTB, Ari Garmono.


Menurut Ari Garmono, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman baru dan berbeda bagi para wisatawan yang datang, seperti menyaksikan secara langsung atraksi dan tontonan kesenian tradisional oleh masyarakat lokal.


“Upaya tersebut juga dimaksudkan untuk menarik wisatawan asing agar tertarik beribur ke Pulau Lombok, memperlama masa tinggal dan eksplorasinya, dan ikut membantu mempromosikan kekayaan budaya dan alam yang ada di Pulau Lombok ke komunitas dan negara asal masing-masing,” ujar Ari.


Sebagai salah satu agenda yang tercatat dalam Calendar of Event di NTB, kegiatan Mulud Adat tidak hanya dilaksanakan di desa Bayan saja, tetapi di desa -desa adat lainnya di Lombok.


Tetapi khusus di Desa Bayan, event ini termasuk populer karena nature, keunikan serta akses menuju lokasi yang tidak jauh dari jalan utama.


Ari menambahkan, agenda lanjutan sebagai upaya untuk menarik wisatawan asing yang berkunjung ke Gili, akan terus diupayakan berbagai hal seperti branding desa wisata air terjun di Santong, serta penetapan Calender of Event (CoE) yang sudah terkurasi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Difasilitasi BPPD NTB, Wisatawan Asing Nikmati Suasana Maulid Adat di Bayan

Trending Now

Iklan