Iklan BNS

KPKNL akan Lelang Merchandise Pembalap MotoGP Mandalika, Ini Jadwal dan Cara Ikutnya

MandalikaPost.com
Jumat, Oktober 14, 2022 | 16.46 WIB
Kepala KPKNL Mataram, Kurniawan Catur Andrianto bersama jajaran MGPA saat memberikan keterangan pers Lelang Amal Merchandise Pembalap MotoGP Mandalika.

MANDALIKAPOST.com - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan melelang sepuluh buah official merchandise dari para pembalap yang berlaga di Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok 18 - 20 Maret 2022 lalu.


Seluruh merchandise yang akan dilelang sudah dibubuhi tandatangan para pembalap MotoGP.


Kepala KPKNL Mataram, Kurniawan Catur Andrianto mengatakan, kegiatan lelang akan dilaksanakan di paddock/garasi Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok pada tanggal 26 Oktober 2022


Kegiatan dilaksanakan sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Oeang ke-76 (30 Oktober 2022), serta menjelang pelaksanaan perhelatan FIM MOTUL Superbike World Championship (WSBK) Indonesian Series di Sirkuit Mandalika (11-13 November 2022). 


"Objek yang akan dilelang untuk amal kali ini berupa 10 merchandise yang terdiri dari 2 buah topi yang ditandatangani Marc Marquez, 1 buah topi dan sarung tangan yang ditandatangani Maverick Vinales, 3 buah kemeja dan 3 buah kaos yang masing-masing ditandatangani oleh Marc Marquez, Pol Espargaro, dan juara IndonesianGP 2022 Miguel Oliveira," kata Kurniawan, Jumat 14 Oktober 2022.


Item merchandise pembalap MotoGP Mandalika yang akan dilelang pada 26 Oktober 2022.

Ia menambahkan, untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional dalam lelang amal ini juga akan  dilelang produk-produk UMKM binaan Kementerian Keuangan dan Deskranasda Provinsi NTB. 


Hal ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM Lombok sekaligus mengenalkan kepada masyarakat bahwasanya selain berperan dalam menentukan kebijakan-kebijakan APBN yang banyak memberikan bantuan kepada UMKM, Kementerian Keuangan juga secara langsung  melakukan pembinaan-pembinaan kepada UMKM melalui unit-unit vertikalnya di berbagai daerah. 


Menurut Kurniawan, hasil lelang sepenuhnya akan diserahkan kepada MGPA yang merupakan cucu usaha dari PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.


"Selanjutnya hasil lelang akan  digunakan untuk program sosial," ujarnya.


Kurniawan menambahkan, kegiatan lelang amal ini diharapkan menjadi kegiatan berkesinambungan untuk event-event Motosport di Sirkuit Mandalika Lombok.


“Sebagaimana kita ketahui, bahwa seluruh kegiatan yang menyangkut Sirkuit Mandalika mendapat perhatian luas dan menjadi hotspot pemberitaan, tidak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia. Kegiatan lelang amal ini diharapkan dapat menginspirasi para rider dalam event-event internasional di Sirkuit Mandalika untuk turut berperan serta menyumbangkan merchandise mereka yang ditandatangani untuk kegiatan lelang-lelang amal berikutnya," ujarnya.


Ia berharap kegiatan ini berkelanjutan dan menjadi ciri khas dalam setiap pelaksanaan event balapan internasional di Mandalika. 


"Ini akan menjadi diferensiasi bagi Sirkuit Mandalika dibanding seluruh sirkuit di dunia, dimana dalam pelaksanaan event di Mandalika tidak hanya dikenal ramah masyarakatnya, namun juga mengampanyekan semangat kepedulian sosial sebagai manifestasi jiwa Pancasila bangsa Indonesia," kata Kepala KPKNL Mataram, Kurniawan Catur Andrianto.


Jadwal dan Cara Ikut Lelang


Lelang amal ini akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2022. Terhadap 10 merchandise MotoGP, 6 buah diantaranya akan dilakukan lelang melalui website www.lelang.go.id (e-auction).


Peserta harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu, kemudian menyetorkan uang jaminan untuk tiap-tiap objek yang diminati maksimal satu hari kalender sebelum hari pelaksanaan lelang.


Selanjutnya pada tanggal 26 Oktober 2022 pukul 08.00-10.00 WIB/09.00-11.00 WITA peserta dapat melakukan penawaran melalui website secara open bidding dengan memasukkan harga penawarannya. 


Peserta juga dapat melihat penawaran tertinggi yang dilakukan para peserta, sehingga diharapkan akan terjadi persaingan antar peserta lelang saat itu untuk memperoleh harga tertinggi.


Penawaran akan dihentikan pada pukul 10.00  WIB/11.00 WITA dan secara otomatis penawar tertinggi akan ditetapkan sebagai pemenang oleh sistem. 



Sedangkan 4 buah merchandise MotoGP lainnya berupa 2 buah kemeja dan 2 buah kaos  akan dilelang bersama-sama dengan produk UMKM Lombok.


Peserta yang berminat mengikuti dapat melakukan penawaran melalui Zoom Meeting dengan mendaftar di bit.ly/reg_lelangmotogp22 atau yang hadir secara langsung (khusus undangan).


Sedangkan, untuk objek lelang UMKM yang dijadikan amal adalah selisih antara nilai limit dengan harga lelang terbentuk. 


Penjual tetap akan memperoleh uang penjualan  seharga nilai limit berapapun harga lelang yang terbentuk. Selisih harga akan disumbangkan untuk  amal melalui lembaga amal yang kompeten.


Selain itu juga akan dilelang produk-produk desainer  Lombok (Allea Gallery, dkk) yang akan mengawali acara lewat pertunjukan fashion show dengan konsep Mandalika Street Catwalk.


Mandalika Street Catwalk akan menampilkan peragawan-peragawati dari kolaborasi para  pegawai Kementerian Keuangan serta beberapa model professional diantaranya Puteri Pariwisata NTB 2021, Miss IMI NTB 2022, finalis Puteri Indonesia NTB dan Miss Grand Indonesia  Congeniality 2018.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPKNL akan Lelang Merchandise Pembalap MotoGP Mandalika, Ini Jadwal dan Cara Ikutnya

Trending Now

Iklan