Iklan BNS

NTB Targetkan 2 Juta Kunjungan Wisata di Tahun 2023

Panca Nugraha
Minggu, Desember 25, 2022 | 19.42 WIB
Kadispar NTB, Yusron Hadi saat menyerahkan hadiah dalam Lomba Pacuan Kuda di Lapangan Pacuan Sasake, Lombok Tengah.

MANDALIKAPOST.com - Provinsi NTB menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan ke daerah sepanjang tahun 2023 mendatang. Sejumlah event internasional motosport seperti WSBK, MXGP dan MotoGP menjadi andalan selain kunjungan wisatawan reguler domestik.


"2023 kita targetkan 2 juta kunjungan wisatawan baik ke Lombok maupun Sumbawa. Angka ini realistis karena akan ada cukup banyak event sepanjang 2023 nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, Minggu 25 Desember 2022, di lapangan pacuan kuda Sasake, Lombok Tengah.


Yusron menjelaskan, optimistme muncul karena dampak pandemi sudah berangsur normal dan perjalanan domestik dan internasional sudah lebih leluasa.


Selain itu, NTB sebagai destinasi wisata juga sudah mulai membranding sport tourism. Sejumlah event motosport seperti WSBK dan MotoGP Mandalika, serta MXGP Samota dan Lombok akan digelar kembali 2023 nanti.


"Dengan potensi itu NTB optimis, kita bisa hadirkan 2 juta wisatawan di tahun 2023. Tidak banyak daerah yang berani menargetkan angka kunjungan wisata, karena umumnya masih mencari cara bagaimana mendatangkan wisatawan pasca pandemi ini," katanya.


Menurut dia, sepanjang 2022 angka kunjungan wisata di NTB tercatat lebih dari 1 juta. Angka pasti akan didapatkan Dinas Pariwisata di akhir Desember 2023 nanti.


"Untuk data terakhir angka kunjungan kita tahun 2022 ini 1 juta lebih. Tapi data pastinya menyusul, karena ada penambahan kunjungan cukup banyak untuk liburan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.


Yusron mengatakan, lomba pacuan kuda di Lapangan Pacuan Sasake, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah juga didorong menjadi atraksi sport tourism yang bisa mengundang wisatawan.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NTB Targetkan 2 Juta Kunjungan Wisata di Tahun 2023

Trending Now

Iklan