Gubernur Zulkieflimansyah Sambangi Warga Terdampak Abrasi di Pesisir Mataram

MandalikaPost.com
Senin, Desember 26, 2022 | 07.30 WIB

 Gubernur Zulkieflimansyah Sambangi Warga Terdampak Abrasi di Pesisir Mataram.


MANDALIKAPOST.com - Hujan deras disertai angin kencang di penghujung Desember 2022 yang melanda hampir semua wilayah di Pulau Lombok, tak hanya mengakibatkan longsor, banjir dan pepohonan tumbang di sejumlah wilayah. Cuaca ekstrem ini juga mengakibatkan abrasi dan gelombang besar yang merusak lapak usaha, rumah makan dan rumah tinggal sebagian warga pesisir pantai di Kota Mataram.


Kondisi parah terjadi di Pantai Mapak Indah, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela. Belasan rumah makan dan lapak usaha kuliner yang dibangun dekat pantai porak poranda disapu gelombang dan angin kencang. Tembok Pura Segare di Kawasan Pantai Ampenan pun ikut roboh diterjang gelombang pasang. 


Hamparan pantai di Gading, Mapak, Loang Baloq, Tanjung Karang, Kampung Bugis, Ampenan dan sekitarnya tak lagi indah karena dipenuhi tumpukan berbagai jenis sampah yang dikirim balik oleh laut  ke daratan.


 Gubernur Zulkieflimansyah Sambangi Warga Terdampak Abrasi di Pesisir Mataram.

Di tengah hujan lebat dan angin kencang, pada Minggu 25 Desember 2022 malam, sekira pukul 22.00 Wita, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah turun lapangan. 


Ia menyambanhi warga Mapak Indah,  yang baru dilanda musibah. Selain bertemu dan menyemangati warga, Gubernur Zul menyerahkan bantuan untuk sedikit meringankan derita mereka. 


 Gubernur Zulkieflimansyah Sambangi Warga Terdampak Abrasi di Pesisir Mataram.


Kedatangan Gubernur Zul langsung disambut, ia dikerubuti warga. Di bawah rintik hujan, mereka berebut mengadukan keluh kesahnya. Gubernur Zul pun memastikan warga yang rumahnya roboh sementara waktu ini ada tempat untuk tidur dan memiliki ketersediaan makanan serta keperluan lainnya.


Gubernur Zul kemudian menuju pantai Mapak untuk melihat dampak kerusakan yang disebabkan abrasi dan cuaca buruk. Hujan lebat dan angin kencang tak menyurutkan langkah orang nomor satu di NTB itu membelah gelapnya malam, demi melihat kondisi masyarakat.


 Gubernur Zulkieflimansyah Sambangi Warga Terdampak Abrasi di Pesisir Mataram.


Pengecekan dampak abrasi tak pungkas di Mapak. Ditemani Inspektur NTB Ibnu Salim, Gubernur Zul bergegas mengayunkan langkah menuju Pondok Perasi, Pure Segare. Sebelum meninjau Pondok Perasi dan Mapak, pendiri Universitas Teknologi Sumbawa itu terlebih dahulu melihat dampak gelombang pasang di lingkungan Kampung Bugis, Ampenan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Zulkieflimansyah Sambangi Warga Terdampak Abrasi di Pesisir Mataram

Trending Now