Sosialisasi Empat Pilar, Ini Penegasan Rachmat Hidayat

MandalikaPost.com
Senin, Maret 06, 2023 | Maret 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-06T04:02:51Z
Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di aula Kantor DPD PDIP NTB di jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram.

MANDALIKAPOST.com - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) H Rachmat Hidayat menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan, di aula Kantor DPC PDIP Provinsi NTB, Jln Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin 6 Maret 2023.


Selain disampaikan langsung oleh H Rachmat Hidayat, sosialisasi yang dilakukan juga menghadirkan Dosen Universitas Budi Luhur Jakarta, Hakam Ali Niazi sebagai narasumber. Sosialisasi diikuti sekitar 50 peserta terdiri dari pengurus partai, kader, dan simpatisan PDIP di NTB.


Rachmat Hidayat mengajak, untuk mengamalkan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari
untuk mencegah disintegrasi bangsa.



“Dalam menghadapi tantangan, masyarakat harus memahami jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Keempat pilar tersebut harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kuncinya adalah pendidikan sehingga rakyat jadi pintar, sehat, dan sejahtera,” katanya.


Anggota DPR RI dari Daerah NTB itu menjelaskan, empat pilar meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus disosialisasikan agar masyarakat paham kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


“Melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut dapat membawa manfaat dan berfungsi menopang kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar dia.


Sosialisasi yang digelar dan menyasar kader PDIP Perjuangan dan simpatisan partai di NTB tersebut juga dapat memperkuat dan memperdalam pemahaman sebagai bangsa.


Menurut dia, empat pilar tersebut harus dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat sehingga membentuk karakter dan kepribadian luhur dan masyarakat memiliki wawasan kebangsaan yang utuh.


“Dengan kegiatan ini maka nasionalisme kita makin meningkat dan masyarakat kian memahami nilai-nilai keindonesiaan sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan maka disintegrasi bisa dicegah,” kata Rachmat.


Yang terpenting, tegas Rachmat, dengan memahami dan mengimplementasikan empat pilar ini akan tumbuh rasa kebersamaan dan kesetiakawanan sosial di tengah masyarakat. Dengan demikian masyarakat yang saat ini sudah cukup dalam hal perekonomian, bisa membantu sesama yang mungkin sedang berkekurangan dan membutuhkan bantuan.


"Hal ini juga yang terus dilakukan PDIP di NTB ini. Semua kader harus bisa menjadi teladan. Menolong orang yang susah, kaum kurang mampu, harus terus dilakukan, sebagai bentuk implemetasi empat pilar ini," tegasnya.


Sementara itu, Dosen Universitas Budi Luhur Jakarta, Hakam Ali Niazi mengatakan, sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat strategis dan harus dilakukan secara berkesinambungan.


Terlebih di tahun politik yang akan segera menjelang di tahun 2024.


Ia menilai, memupuk rasa kebersamaan dan keberagaman seperti yang di sampaikan H Rachmat Hidayat adalah upaya utama, agar pesta demokrasi ke depan bisa berjalan dengan lancar, demokratis, dan aman. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Empat Pilar, Ini Penegasan Rachmat Hidayat

Trending Now

Iklan