BPJS Kesehatan Permudah Masyarakat dengan Layanan MCS

MandalikaPost.com
Rabu, April 26, 2023 | 20.24 WIB
Masyarakat antusias memanfaatkan layanan MCS dari BPJS Kesehatan Cabang Mataram yang digelar di Kantor Lurah Dasan Cermen, Kota Mataram beberapa waktu lalu. (FOTO : Dok. BPJS Kesehatan Mataram) 

MANDALIKAPOST.com - BPJS Kesehatan Cabang Mataram mengaktifkan layanan Mobile Customer Service (MCS) untuk mempermudah akses masyarakat yang membutuhkan pelayanan.


Aktivitas yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Mataram dengan memberikan layanan MCS di Kantor Lurah Dasan Cermen, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, disambut baik masyarakat yang antusias memanfaaatkan layanan MCS.


Sejumlah warga mengaku hadir ke lokasi tersebut karena dengan adanya layanan MCS ini mereka sangat terbantu. Tidak perlu keluar ongkos transportasi lagi jika harus mengurus di Kantor BPJS Kesehatan yang jaraknya lumayan jauh dari Dasan Cermen.


"Kami sangat dimudahkan dengan layanan MCS dari BPJS Kesehatan ini, karena jarak jadi lebih dekat dibanding harus ke kantor cabang," kata Humaidi, salah seorang warga yang ikut memanfaatkan layanan MCS.


Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan merupakan pelayanan keliling
yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk kemudahan peserta dalam melakukan
pendaftaran Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam rangka meningkatkan kemudahan peserta dalam memperoleh informasi dan melakukan proses pendaftaran serta perubahan data.


MCS merupakan pelayanan menggunakan mobil keliling yang memiliki fungsi dan digunakan BPJS Kesehatan memberikan layanan dan kemudahan kepada peserta dalam pemberian informasi pelayanan kesehatan, pendaftaran peserta, serta pemindahan fasilitas Kesehatan.


Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Mataram, Angga Firdauzie mengatakan, layanan MCS merupakan layanan jemput bola dari BPJS Kesehatan Cabang Mataram yang mulai digencarkan kembali.


Pelayanan dengan konsep jemput bola ini yaitu dengan mendatangi lokasi-lokasi yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan, sehingga dapat memudahkan peserta untuk mendapatkan pelayanan.


"Untuk pelayanan MCS, peserta tidak perlu datang lagi ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup melalui petugas yang akan berkeliling ke desa-desa atau tempat yang dirasa perlu untuk didatangi menggunakan kendaraan MCS," kata Angga Firdauzie.


MCS sendiri dilengkapi dengan fasilitas seperti pelayanan administrasi kepesertaan, pemberian informasi dan juga pengaduan peserta.


Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih memudahkan masyarakat atau peserta JKN yang akan melakukan pendaftaran, perubahan data maupun informasi mengenai Program JKN.


"Dengan adanya layanan MCS ini, diharapkan nantinya jumlah kepesertaan dapat meningkat, sekaligus dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap program JKN," katanya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPJS Kesehatan Permudah Masyarakat dengan Layanan MCS

Trending Now