NTB Siap Jadi Tuan Rumah FORNAS 2025

MandalikaPost.com
Jumat, April 28, 2023 | 15.48 WIB

Pertemuan jajaran Kormi NTB bersama tim survey FORNAS di Mataram.


MANDALIKAPOST.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VIII pada tahun 2025.


"InsyAllah NTB siap lahir dan batin menjadi tuan rumah FORNAS VIII,"kata Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia  (KORMI) NTB Nauvar F. Farinduan saat menerima  tim survey dan verifikasi FORNAS VIII tahun 2025.


Kesiapan NTB sebagai tuan rumah pelaksanaan FORNAS VIII lanjut Farin karena  NTB   berpengalaman menggelar even olahraga nasional dan internasional sehingga NTB optimis  FORNAS VIII bisa diselengarakan di pulau seribu masjid.


"Proyeksi optimis anggaran dari daerah sekitar 15 milyar. Itupun perlu sentuhan anggaran dari pusat. Termasuk dari pemerintah kabupaten, kota di NTB, "katanya.


Pemerintah Provinsi NTB hingga saat ini terus berupaya untuk membenahi venue pelaksanaan FORNAS dengan tujuan agar para peserta dan tamu dapat menikmati pertandingan dengan aman dan nyaman.


Melalui momentum tersebut, ia berencana untuk memperkenalkan keanekaragaman pariwisata, kuliner, kesenian, hingga produk UMKM Provinsi NTB kepada para tamu yang berasal dari seluruh Indonesia. Momentum ini juga sebagai ajang memperkenalkan olahraga tradisional dari pelosok Negeri.


"Dengan adanya even ini. Ekonomi akan tumbuh dengan baik,"katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB Drs. Tri Budiprayitno, M.Si., mengatakan bahwa Provinsi  NTB siap sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VIII tahun 2025 mendatang. Masukan dan catatan tim survey dan verifikasi dari KORMINAS  menjadi perhatian pemerintah Provinsi NTB berkolaborasi dengan KORMI NTB. Dispora NTB   juga tengah berupaya mempersiapkan diri lebih matang dari sisi sarana, kesiapan organisasi, kesiapan manajerial, kekompakkan dari induk olahraga dibawah naungan KORMI NTB.


"Masih ada waktu 2 tahun untuk mempersiapkan diri. Dari sisi venue, NTB sudah siap. Kami sudah memiliki pengalaman mengelar even nasional dan internasional,"katanya seraya mengatakan bahwa dari sisi anggaran pelaksanaan FORNAS VIII, Pemprov NTB juga berihtiar untuk memberikan dukungan anggaran pelaksanaan kegiatan tersebut.


Sekretaris Jenderal KORMI Nasional Dr. Djainal Abidin Simanjuntak mengatakan bahwa kandidat pelaksanaan penyelengaraan FORNAS VIII yakni Provinsi NTB dan Provinsi Jawa Timur. Dari hasil tim survey, Pemprov  NTB harus mempersiapkan diri lebih baik lagi baik dari sisi venue dan sapras lainnya. Karena ada sekitar 86 Inorga (Induk Olahraga) dan 30 ribu tamu akan hadir di even nasional ini.


" NTB akan bersaing dengan Pemprov Jatim menjadi tuan rumah FORNAS VIII, "katanya.


Setelah tim survey dan verifikasi mendegarkan paparan Dispora NTB dan KORMI NTB di Restaurant Ujung Landasan, mereka kemudian meninjau lokasi venue yang akan dijadikan lokasi pertandingan. Rombongan bersama tim survey meninjau GOR Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat, GOR Turide Mataram, Venue Sekolah Budi Luhur, Venue di Pantai Loang Baloq, Venue Gelangang Olahraga Mataram, venue di pusat perbelanjaan Eficentrum Mall. 


Dari hasil pantuan tersebut, tim memberikan catatan bahwa beberapa venue tempat pelaksanaan kegiatan  perlu ada  renovasi dan perbaikan. 


"Kami akan memberikan rekomendasi bahwa pelaksanaan FORNAS VIII bisa diselengarakan di Provinsi NTB,"kata Sekjen KORMI Nasional Dr.Djainal Abidin Simanjuntak.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NTB Siap Jadi Tuan Rumah FORNAS 2025

Trending Now