Bank NTB Syariah 10 K Samota dan MXGP jadi Trigger Ekonomi Sumbawa

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 09, 2023 | 16.08 WIB Last Updated 2023-06-09T08:10:39Z
Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bersama Dirut Bank NTB Syariah H Kukuh Rahardjo dalam jumpa pers Samota 10 K di Hotel Santika Mataram.

MANDALIKAPOST.com - Event nasional marathon, Bank NTB Syariah 10 K sebagai rangkaian pra event MXGP Samota, bakal digelar kali kedua pada 18 Juni 2023 di kawasan Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Berkaca pada sukses event perdana tahun 2022 lalu, Bank NTB Syariah 10 K Samota dan MXGP dinilai menjadi salah satu trigger pertumbuhan ekonomi, sektor usaha kecil menengah, dan juga minat investasi di daerah Sumbawa.


Dirut Bank NTB Syariah, H Kukuh Rahardjo mengatakan, penyelenggaraan marathon Samota 10 K memang dihajatkan sebagai promosi potensi sport tourism di Samota, sekaligus menggerakan ekonomi masyarakat.


"Event Bank NTB Syariah 10K Samota juga menjadi trigger ekonomi. Kita bisa ketahui dari sukses event perdana tahun lalu," kata Kukuh Rahardjo, dalam jumpa pers di Hotel Santika Mataram, Jumat 9 Juni 2023.


Salah satu indikatornya, menurut Kukuh, adalah terjadinya kenaikan porto folio kinerja perbankan di Sumbawa. Dimana Bank NTB Syariah mengalami kenaikan kinerja Year on Year (YoY) berkisar 15 persen. Sementara perbankan umum rerata nasional hanya 8 persen untuk regional Sumbawa.


"Kami lihat kenaikan YoY di kinerja kami sebesar 15 persen untuk regional Sumbawa. Artinya secara agregat Bank NTB Syariah menjadi corong yang ingtagible (tak nampak, red) bagi pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunta lewat event tahunan 10 K Samota ini," katanya.


Menurut Kukuh, dibandingkan beberapa daerah lain di pulau Sumbawa, Kabupaten Sumbawa punya daya tarik tersendiri. Selain itu kelengkapan aksesbilitas juga memiliki Bandara dan Pelabuhan Laut yang menjadi daya dukung pariwisata.


Ia menambahkan, berkat Samota 10 K dan MXGP Samota tahun 2022 lalu, cukup banyak perubahan yang kasat mata di kawasan Samota Sumbawa.


"Seperti dikatakan pak Gubernur Zulkieflimansyah, dulu Samota sepi, tapi sekarang sudah ramai. Dulu nggak ada car free day di Sumbawa sekarang ada. Bisnis pengembang perumahan juga bertumbuh di kawasan. Hal ini membuat Bank NTB Syariah optimistis," katanya.


Mengulang sukses Samota 10 K, tahun ini Bank NTB Syariah kembali menggelar Samota 10 K 2023, pada 18 Juni mendatang.


Kukuh meyakini, event kali ini juga akan lebih sukses dan meriah. Salah satu indikatornya adalah animo peserta yang meningkat dibanding tahun lalu.


"Sampai hari ini jumlah pendaftar sudah lebih daei 2000 peserta. Sementara tahun lalu hanya 1.600 peserta, kami yakin jumlah pendaftar akan terus meningkat. Kita optimis Samota 10 K mengulang suksesnya," katanya.


Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, Samota 10 K dan MXGP Samota tahun lalu berdampak bukan saja pada aspek ekonomi masyarakat, tetapi juga promosi kawasan Samota ke dunia internasional.


"Kalau datang dan melihat Samota tahun lalu dan Samota tahun ini jauh berbeda. Dulu Samota sepi nggak ada kegiatan, tapi sekarang rame sekali. Ada pertumbuhan disana pasca Samota 10 K dan MXGP tahun lalu," kata Gubernur Zulkieflimansyah.


Ia mengatakan, event Samota 10 K dan MXGP bukan semata event olahraga atau motosport semata, tetapi juga menggerakan pertumbuhan ekonomi dan investasi.


Pertumbuhan investasi juga nampak saat ini di kawasan Samota Bisa dilhat dari pembangunan perumahan di sisi kanan dan kiri kawasan.


"Perumahan dibangun selalu habis terjual. Investasi mulai tumbuh. Hal ini terjadi karena ada kepastian investasi, ada MXGP ada Samota 10 K yang menjadi trigger," katanya.


Gubernur Zul mengatakan, kawasan Samota masuk dalam kawasan ekonomi strategis nasional. Hanya saja untuk memulai mengundang investasi, diperlukan effort dari Pemda dan masyarakat. Gelaran Samota 10 K dan MXGP Samota menjadi salah satu upayanya.


"Dulu sirkuit Samota itu lahan masyarakat, tapi sekarang sudah menjadi lahan Pemda Sumbawa, luasnya 70 sampai 100 hektare. Kita optimistis Samota perlahan terus berkembang, dan investasi mulai masuk," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bank NTB Syariah 10 K Samota dan MXGP jadi Trigger Ekonomi Sumbawa

Trending Now