Komisi VIII DPR RI Pantau Pemberangkatan Haji di Embarkasi Lombok

MandalikaPost.com
Rabu, Juni 07, 2023 | Juni 07, 2023 WIB Last Updated 2023-06-07T12:46:32Z

Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir H Nanang Samodra.


MANDALIKAPOST.com - Jajaran Komisi VIII DPR mengawasi dan mengevaluasi pemberangkatan jemaah haji kloter pertama dari embarkasi Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Rabu dini hari, 7 Juni 2023.


Ketua Tim Kunjungan Spesifik (Kunsfik) Komisi VIII DPR RI, Ir H Nanang Samodra menerangkan, setiap musim haji, legislator Senayan akan disebar ke setiap daerah untuk mengikuti acara pemberangkatan atau pelepasan jemaah haji.


"Kali ini saya mendapatkan tugas ke Lombok, mungkin karena dapil (daerah pemilihan) saya juga di sini. Saya diminta melakukan pendampingan pemberangkatan jemaah haji kloter pertama embarkasi Lombok," kata politikus Partai Demokrat itu.


Nanang mengecek sejumlah kesiapan pelaksanaan ibadah haji di Lombok. Hasilnya, ada satu jemaah yang ditunda keberangkatannya karena alasan kesehatan. Namun, kuota yang kosong itu langsung digantikan oleh calon jemaah haji lain.


Nanang mengatakan, Komisi VIII menemukan masih ada masyarakat yang tidak bisa berangkat haji meski gilirannya. Musababnya, mereka tidak bisa melunasi biaya haji.


"Itu juga menjadi bahan evaluasi, kenapa bisa terjadi seperti itu? Padahal ini kan antrenya panjang bertahun-tahun," kata Nanang.


Menurut Nanang, fasilitas Asrama Haji Lombok sudah memadai. Asrama tersebut bersih dan petugas di embarkasi sigap membantu jemaah haji seperti lansia.


"Tadi saya lihat tangganya ramah untuk lansia, terutama pengguna kursi roda, sudah ada meskipun agak kecil," tutur Nanang.


Nanang menambahkan, sayangnya asrama haji NTB belum ramah bagi calon jemaah haji tunanetra. Sebab, belum ada ubin pemandu yang memandu mereka saat berjalan.


Nanang berharap seluruh jemaah haji yang berangkat tahun 2023 ini dapat diberikan kesehatan saat pemberangkatan hingga sepulangnya nanti ke tanah air.


"Mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komisi VIII DPR RI Pantau Pemberangkatan Haji di Embarkasi Lombok

Trending Now