Wagub Ummi Rohmi Tinjau dan Evaluasi Bakti Stunting di Desa Taman Ayu

MandalikaPost.com
Senin, Agustus 07, 2023 | Agustus 07, 2023 WIB Last Updated 2023-08-07T13:29:33Z

Wagub Ummi Rohmi Tinjau dan Evaluasi Bakti Stunting di Desa Taman Ayu.


MANDALIKAPOST.com - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., didampingi Kepala Bappenda Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, S.P., bersama sejumlah Kepala OPD lainnya, Senin (7/8/2023), meninjau pelaksanaan kegiatan Bakti Stunting di Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. 


Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi NTB yang aktif melibatkan seluruh perangkat daerah untuk mengatasi masalah stunting yang telah menjadi perhatian serius dalam pembangunan kesehatan masyarakat.


Kunjungan kerja ini bertujuan untuk melihat secara langsung perkembangan program Bakti Stunting yang dikoordinir dan diintervensi langsung oleh Bappenda Provinsi NTB. 


Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bappenda Provinsi NTB menyampaikan laporan perkembangan positif penanganan anak stunting di Desa Taman Ayu. 


"Alhamdulillah, dari sejak 7 Juni 2023, sebagian besar dari 50 anak stunting yang telah Bappenda intervensi semuanya menunjukkan perkembangan yang signifikan. Sisanya, hanya beberapa anak yang memang tidak menunjukkan perkembangan dikarenakan dalam kondisi sakit seperti diare dan demam," ungkap Hj. Eva.


Ia juga melaporkan bahwa tidak hanya melakukan pemberian telur kepada anak yang terindikasi stunting, melainkan setiap pendistribusian telur juga disertakan dengan makanan-makanan pendamping lainnya.


"Tidak hanya telur, kami juga memberikan panganan bergizi lainnya, seperti biskuit, susu, bubur kacang hijau dan yang semisalnya seperti yang kami siapkan pada hari ini. Ada telur rebus, kacang dan ubi rebus," sebut Hj. Eva.


Sementara itu, Wakil Gubernur NTB menyatakan komitmennya untuk terus mendukung dan memperkuat program-program serupa guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat NTB secara keseluruhan.


Ummi Rohmi, sapaan akrab beliau, juga mengajak seluruh masyarakat di wilayah tersebut untuk lebih memperhatikan perkembangan anak-anak mereka secara intensif,  terutama pentingnya oeran orang tua dalam mendampingi dan mengawasi pertumbuhan serta perkembangan anak-anak. Selain itu, Ummi Rohmi juga mengingatkan agar para orang tua lebih berhati-hati dalam memberikan makanan kepada anak-anaknya.


"Makanan bergizi itu tidak mahal, yang penting bapak/ibu bisa terus belajar mencari panganan lokal yang bergizi, seperti pepaya, pisang, bayam, kelor dan sumber-sumber protein hewani yang mudah didapat. Yang penting bapak/ibu bisa mengutamakan kepentingan tumbuh kembang anaknya, sehingga kita yakin kita bersama bisa menuntaskan stunting di desa ini," harap Ummi Rohmi. 


Dalam kesempatan tersebut, Ummi Rohmi juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi aktif dalam program pencegahan stunting, sehingga masalah ini dapat diminimalisir dan kualitas kesehatan generasi muda NTB terus meningkat. 


"Dengan keterlibatan seluruh pihak, diharapkan stunting di NTB secara keseluruhan dapat terus menurun dan tercipta generasi muda yang lebih sehat dan berkualitas," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wagub Ummi Rohmi Tinjau dan Evaluasi Bakti Stunting di Desa Taman Ayu

Trending Now