Wisuda ke-6, Undikma Mataram Buktikan Lulusan Berkualitas Mampu Terserap Lapangan Kerja

MandalikaPost.com
Senin, September 18, 2023 | 15.56 WIB Last Updated 2023-09-18T07:56:31Z

 

Wisuda ke-6, Undikma Mataram Buktikan Lulusan Berkualitas Mampu Terserap Lapangan Kerja.

MANDALIKAPOST.com - Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram menggelar kegiatan Wisuda Magister, Sarjana dan Diploma  ke – 6 pada tanggal 18 September 2023 bertempat di Hotel Lombok Raya Mataram.


Jumlah wisudawan sebanyak 430 dengan rincian Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)  sebanyak 68  orang. Fakultas Sains Teknik  dan Terapan (FSTT) sebanyak 98 orang. Selanjutnya Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) sebanyak 177 orang.  Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) sebanyak 48 orang, Fakultas Kedokteran Hewan sebanyak 39 orang.



Ketua Panitia Wisuda, Ni Ketut Alit Suarti mengungkapkan bahwa dari keseluruhan jumlah wisudawan, periah IPK  tertinggi yaitu Azzra Hafifa, NIM 61119009, Program Studi Pendidikan Dokter Hewan,  IPK 3,92 Predikat Kelulusan Sangat Terpuji.



"Untuk bisa wisuda, setiap mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik dan non akademik sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Akademik Universitas Pendidikan Mandalika," kata Alit.


Selain itu mahasiswa  harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan status aktif, dan memiliki Penomoran Ijazah Nasional (PIN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.


"Semua mahassiwa yang telah memenuhi persyaratan telah di yudisium oleh fakultas masing-masing pada tanggal 11 – 12 September 2023 dan hari ini mereka di wisuda," ujar Alit.



Acara wisuda dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.M.T., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqon, M.Pd.,Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H. Lalu Rusmiady, S.H.,M.M., Ketua APTISI Wilayah VIII B Dr. H.L. Abdul Muhyi Abidin, Rektor dan seluruh Anggota Senat serta wisudawan beserta keluarga.



Rektor UNDIKMA Prof. Kusno, DEA.,Ph.D dalam Pidato Wisuda menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan menekankan pentingnya para wisudawan untuk segera mengambil peluang yang tersebar pada berbagai sektor.


"Kita tidak bisa Kembali dan mengubah awal, tetapi dapat memulai lagi dan mengubah akhirnya, maka pergunakan setiap kesempatan yang ada," tukasnya.



Kepala LLDIKTI  Wilayah VIII  Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.M.T.,mengingatkan kepada wisudawan agar mampu menjadi insan mandiri yang Tangguh dan secara ekonomi tidak tergantung lagi kepada orang tua.


"Kami tunggu inovasi dan kolaborasi para alumni UNDIKMA dalam dunia kerja," ungkapnya.



Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqon, M.Pd mewakili Gubernur NTB menyampaikan terima kasih karena alumni UNDIkMA telah berkontribusi besar terhadap kemajuan Pendidikan di NTB.


"Alumni UNDIKMA sudah menyebar dimana-mana, dan mendedikasikan diri untuk Pendidikan di NTB, untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor dan seluruh Sivitas Akademika Universitas Pendidikan Mandalika," katanya.



Salah satu hal menarik saat Dr. Aidy Furqon menyampaikan sambutan adalah tawaran beliau kepada lima orang wisudawan untuk langsung kerja pada kantor lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB. Sontak seluruh hadirin bergemuruh, memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas karena tawaran tersebut.



Sementara itu Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H. Lalu Rusmiady, S.H.,M.M. mengingatkan saat ini pemerintah  meminta agar PTS terus meningkatkan kualitas.


"Saya minta kepada Rektor dan seluruh Sivitas Akademika UNDIKMA agar terus beradaptasi dengan setiap perkembangan dan kebijakan peningkatan kualitas Pendidikan seperti yang diharapkan oleh pemerintah dan bersesuaian dengan kebutuhan dunia kerja," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wisuda ke-6, Undikma Mataram Buktikan Lulusan Berkualitas Mampu Terserap Lapangan Kerja

Trending Now