Pj Gubernur NTB Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke 78

MandalikaPost.com
Kamis, Oktober 05, 2023 | 21.45 WIB

Peringatan HUT TNI ke 78


MANDALIKAPOST.com - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Drs HL Gita Ariadi MSi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke 78, Lapangan Trisula Yonif 742 Satya Wira Yudha, Kamis (5/10).  


Miq Gite memberikan apresiasi mendalam terhadap peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia menegaskan kehadiran serta kontribusi TNI di tengah masyarakat NTB telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga NTB.


"Saya mewakili seluruh masyarakat NTB mengucapkan selamat HUT ke-78 TNI. Semoga keberadaan dan kiprah TNI kedepan semakin profesional, maju dan semakin dicintai masyarakat," kata Miq Gite di Lapangan Trisula Yonif 742 Satya Wira Yudha, Kamis (5/10).  


Selain itu, ia menyoroti peran TNI dalam menghadapi sejumlah event internasional yang akan digelar di NTB, seperti MotoGP dan pesta demokrasi tahun 2024 yang akan datang.


Ia mengakui kesigapan, kekuatan, kewaspadaan, dan komitmen TNI yang ditunjukkan dalam HUT ke-78 TNI ini memberikan keyakinan bahwa tugas mulia ini akan sukses dilaksanakan mulai dari penyelenggaraan MotoGP hingga pengawalan tahapan Pemilu.


HUT TNI tahun ini bertema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju“, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.


Dalam upacara peringatan yang dipimpin Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I P., M.I.P., M.Han mengatakan, tema ini diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya di tahun 2024 depan. 


Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi untuk menjamin bangsa.


TNI berkomitmen untuk keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.


Rangkaian HUT TNI ke 78 selain menggelar ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan juga mengadakan bhakti sosial dengan menyerahkan kunci renovasi rumah tidak layak huni secara simbolis Danrem serta membagikan sembako kepada masyarakat sekitar tempat tinggal M. Yasin di Dusun Bagu, Gerung Utara, Lobar. Adapula 

donor darah, pelayanan kesehatan gratis, sunatan massal, bantuan anak disabilitas dan orang tua dengan memberikan kursi roda,  kerja sama dengan Kementerian Sosial dan distribusi air bersih di kecamatan Keruak dan Jerowaru, Lotim. 


Pada perayaan yang digelar oleh Komando Resor Militer (Korem) 162/Wira Bhakti NTB ini ditampilkan beberapa atraksi memukau seperti Sparko (Spartan Komando) yang ditampilkan oleh para anggota TNI Angkatan Darat (AD) Korem 162 Wira Bhakti.


Kemudian aktraksi bela diri Karate yang diperagakan oleh Lanal TNI Angkatan Laut (AL) Mataram. Adapula atraksi Paramotor yang dilakukan oleh anggota TNI Angkatan Udara (AU) Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) membawa banner HUT TNI 78.


Pada pelaksanaan upacara HUT TNI ini diikuti sebanyak 850 personel gabungan terdiri dari Angkatan Darat Korem 162/Wira Bhakti, Angkatan Laut (AL) Lanal Mataram, Angkatan Udara (AU) Lanud ZAM, pejabat negara dan lembaga negara di NTB, Forkopimda dan anggota Pramuka binaan Korem 162 Wira Bhakti.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj Gubernur NTB Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke 78

Trending Now